Makanan yang Dilarang di Awal Kehamilan

Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat dan tanpa ada kendala, bunda hamil perlu menghindari segala macam makanan yang dilarang di awal kehamilan. Anda pasti menyadari bahwa kehamilan yang mulai Anda jalani ini banyak merubah keadaan, yang tadinya tegar bugar menjadi lemas, yang tadinya tak pernah mual menjadi sering mual dan lain lain.

Untuk menghadapi perubahan keadaan tubuh saat hamil sudah seharusnya Anda melakukan beberapa perubahan di dalam beraktivitas, mengkonsumsi makanan dan minuman. Ketika kehamilan telah datang, jangan sembarangan melakukan aktivitas berat karena bisa membuat kesehatan janin terganggu, apalagi aktivitas yang sering ada penekanan pada daerah perut.

Selain berkativitas, pemilihan makanan dan minuman pun harus selektif, tidak boleh sembarangan. Mengapa harus begitu ? karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Jika ibu hamil tidak bisa menahan diri dalam mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu bisa jadi janin mengalami gangguan pertumbuhannya bahkan bisa terjadi keguguran.

Agar Ada tidak salah mengkonsumsi makanan, pada artikel ini akan dijabarkan mengenai pantangan makanan saat hamil terutama saat usia kehamilan muda trimester pertama.
Makanan yang Dilarang di Awal Kehamilan
source of pixabay

Makanan yang Dilarang di Awal Kehamilan


Orang tua mana yang tidak senang jika anaknya sehat ? pasti semua senang. Untuk itu, sejak buah hati masih ada di dalam kandungan hendaknya ibu hamil benar - benar mengusahakan sesuatu yang terbaik bagi anaknya. Salah satu langkah yang harus ditempuh adalah dengan memilih makanan yang bergizi tinggi dan tidak membahayakan janin. Makanan apa saja yang bisa membahayakan keselamatan janin itu ?

Ikan laut yang mengandung merkuri


Sebenarnya ikan laut merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi, namun ibu hamil harus selektif karena ada beberapa jenis ikan laut yang mengandung zat berbahaya yaitu merkuri. Jenis ikan laut yang tergolong makanan pantangan bagi ibu hamil antara lain adalah ikan tengiri, ikan hiu dan ikan pesut.

Ikan laut lainnya sebetulnya juga ada yang mengandung merkuri namun hanya dalam jumlah kecil sehingga tidak membahayakan janin. Beberapa jenis ikan laut justru dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil karena banyak mengandung omega 3, misalnya ikan salmon, udang, ikan teri dan ikan trout. Penting untuk diketahui bahwa menu makanan hasil olahan ikan laut harus dimasak hingga benar - benar matang untuk membunuh bakteri berbahaya yang masih melekat pada daging ikan.

Telur setengah matang


Telur bisa jadi sebagai makanan yang dilarang di awal kehamilan apabila tidak dimasak hingga benar - benar matang. Sebagian orang ada yang lebih suka mengkonsumsi telur goreng setengah matang karena terasa lebih gurih. Jika Anda termasuk orang yang suka telur goreng setengah matang maka hentikan kebiasaan itu selama kehamilan berlangsung karena telur yang tidak dimasak sampai benar - benar matang besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya.

Susu tidak di pasteurisasi


Konsumsi susu saat hamil sangat diperlukan untuk mensuply kalsium saat hamil. Kalsium diperlukan ibu hamil untuk menjaga kekuatan tulang dan diperlukan oleh janin untuk membantu petumbuhan tulang dan gigi. Meski demikian Anda harus selektif, jangan sembarangan memilih susu kehamilan. Pastikan Anda memilih susu ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi. Intinya semua produk susu kehamilan itu baik asalkan sudah di di pasteurisasi karena dengan proses pasteurisasi bakteri berbahaya sudah terbunuh.

Buah tak dicuci


Sebagaimana susu, buah buahan juga termasuk sumber nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Akan tetapi jika tidak dicuci bisa membahayakan keselamatan janin karena kemungkinan besar terkontaminasi bakteri berbahaya. Jika Anda membeli buah yang kelihatannya bersih dan steril, Anda harus tetap mencucinya terlebih dahulu untuk memastikan buah tersebut benar - benar terbebas dari mikroorganisme berbahaya.

Selain itu ada jenis buah tertentu perlu dihindari dulu selama hamil muda seperti durian, nanas dan pepaya muda. Nanas dan durian sebenarnya tidak termasuk makanan yang dilarang di awal kehamilan, namun harus dibatasi karena bisa jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa memicu terjadinya kram perut. Sedangkan pepaya yang perlu dihindari sebenarnya adalah gatahnya bukan daging buahnya.

Minuman yang dilarang di Awal Kehamilan


Selain beberapa jenis makanan di atas ibu hamil juga perlu menghindari beberapa jenis minuman yang bisa membahayakan keselamatan janin. Minuman tersebut antara lain adalah sebagai berikut

Minum Kopi


Minum kopi memang sangat nikmat, terutama bagi mereka para pecinta kopi. Akan tetapi jika saat ini Anda sedang hamil, sementara kurangi dulu minum kopinya. Mengapa demikian ? karena kopi banyak mengandung kafein yang bisa membuat pertumbuhan janin terhambat jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Jika Anda benar - benar tidak bisa meninggalkan minum kopi sebaiknya batasi minum kopi maksimal satu gelas saja.

Minum jamu


Minum jamu tradisional memang terbukti cukup bisa meningkatkan stamina, namun beda urusannya ketika Anda sedang hamil. Walaupun jamu itu terbuat dari bahan alami, namun Anda perlu hati - hati karena janin yang ada di rahim  Anda masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Dikhawatirkan jika ibu hamil sering minum jamu bisa mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan janin, maka sebaiknya selama hamil tak usah minum jamu dulu.

Minuman beralkohol


Minuman yang mengandung alkohol termasuk minuman yang dilarang di awal kehamilan. Sebenarnya minuman beralkohol itu tak hanya dilarang untuk ibu hamil muda, melainkan selama kehamilan berjalan. Alkohol yang masuk ke tubuh ibu hamil sangat besar pengaruhnya pada janin dalam hal kesehatan dan tumbuh kembangnya. Dalam beberapa kasus dijumpai ibu hamil yang mengalami keguguran dikarenakan tak mau berhenti minum alkohol selama kehamilannya.

Setelah mengetahui makanan yang dilarang di awal kehamilan di atas selanjutnya silakan dihindari sejauh - jauhnya dan cukupi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dianjurkan untuk ibu hamil. Demikian informasi yang dapat kami tulis semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top