Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Melahirkan

Makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan - Setelah persalinan berhasil Anda jalani, Anda tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Makanan bergizi tinggi adalah jenis makanan yang paling dianjurkan untuk wanita pasca melahirkan agar kondisi badan segera pulih. Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa jenis makanan terutama pada saat masa nifas (40 hari pasca persalinan).

Jenis makanan yang perlu dipantang pasca persalinan kalau dilanggar, bisa mengakibatkan dampak buruk bagi ibu dan bayi. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan sebaiknya Anda hindari dulu beberapa jenis makanan ini karena jika Anda sampai sakit, sang buah hati pun ikut menanggung efek buruknya sebab asupan nutrisi bayi masih sangat bergantung pada ibu yaitu hanya melalui ASI.

Pada kesempatan kali ini, kami akan sampaikan kepada Anda mengenai beberapa jenis makanan yang perlu dipantang pasca melahirkan agar kesehatan tetap terjaga. Silakan simak penjelasan berikut ini.
Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Melahirkan
source of pixabay

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Melahirkan


Pada intinya makanan yang perlu dihindari setelah melahirkan adalah semua jenis makanan yang bisa menyebabkan kesehatan ibu terganggu dan berefek buruk pada bayi. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Makanan Pedas


Setelah melahirkan Anda sebaiknya menghindari makanan pedas, karena jika ibu mengkonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan sistem pencernaan bayi menjadi terganggu. Makanan pedas yang perlu dipantang adalah semua jenis makanan pedas, entah itu dari cabai, merica sambal dan lain sejenisnya. Apabila ibu nekat mengkonsumsi makanan pedas, bayi mengalami gangguan pencernaan karena ASI yang dihasilkan oleh ibu berasa pedas.

2. Makanan Berminyak


Makanan berminyak juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan karena makanan berminyak itu mengandung lemak yang bisa menghambat sembuhnya luka ibu dan bayi, yaitu luka pada kem4lu4n ibu dan luka potongan pusar bayi. Memang sampai sekarang masih banyak ahli kesehatan yang membantah pernyataan ini, namun pada kenyataannya memang demikian adanya. Oleh sebab itu, setelah melahirkan sebaiknya ibu hamil mengurangi makanan berminyak.

3. Makanan Asam


Makanan asam juga perlu dipantang setelah melahirkan karena makanan ini bisa membuat bayi mengalami diare dan perut kembung. Selain itu, makanan asam juga berefek kurang baik pada penyembuhan rahim , bahkan bisa membuat rahim ibu sakit dan bengkak. Jangan abaikan pantangan ini agar kesehatan Anda dan buah hati tetap terjaga dengan baik.

4. Ikan Asin dan Telur


Makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah melahirkan berikutnya adalah telur dan ikan asin. Jika dilihat dari kandungan gizi, kedua makanan ini memang cukup banyak mengandung protein sehingga bisa mempercepat pemulihan tenaga. Namun, tingginya protein pada kedua jenis makanan ini berefek kurang baik pada luka ibu dan bayi, yaitu membuat luka terasa gatal dan tak kunjung bisa sembuh.

5. Kopi


Kopi memang termasuk salah satu jenis minuman yang nikmat, namun berefek kurang baik bagi bayi. Memang kafein dalam kopi itu bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi ibu, namun bagi bayi kurang baik yaitu membuat bayi mudah lelah dan selalu gelisah. Untuk itu, jika Anda tergolong pecinta kopi, sebaiknya jangan konsumsi dulu sejak hamil sampai pasca melahirkan. Minum kopi saat masih hamil juga tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan masalah kehamilan.
baca : makanan penyebab keguguran

6. Minuman Beralkohol


Makanan dan minuman yang mengandung alkohol sebaiknya Anda hindari setelah melahirkan, pasalnya makanan dan minuman beralkohol bisa mengakibatkan banyak masalah kesehatan jika sampai masuk ke dalam tubuh bayi. Memang bayi tidak mengkonsumsinya secara langsung, tapi jika ibu hamil mengkonsumsi otomatis ASI nya juga mengandung alkohol.

Itulah info seputar makanan yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan. Usahakan untuk menghindari semua jenis makanan tersebut agar Anda dan sang buah hati tetap sehat. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top