Manfaat Protein Bagi Ibu Hamil dan Sumbernya

Manfaat nutrisi bagi ibu hamil - Selama menjalani kehamilan ibu hamil memerlukan banyak asupan nutrisi, salah satunya adalah protein. Anda tidak boleh mengabaikan asupan protein selama hamil karena jika ibu hamil sampai kekurangan protein bisa mengalami berbagai macam gangguan kehamilan. Agar Anda tidak sampai kekurangan protein, alangkah baiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang sumber protein untuk ibu hamil.

Anda tidak perlu beranjak dari tempat duduk untuk mencari informasi mengenai makanan yang banyak mengandung protein karena artikel ini akan membahas secara gamblang mengenai sumber protein yang bagus untuk ibu hamil dan informasi terkait mengenai manfaat protein bagi ibu hamil. Baca terus artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan info secara lengkap.

Sumber Protein untuk Ibu Hamil


Pilihan makanan yang tepat selama kehamilan memang penting karena sangat menentukan baik dan buruknya perkembangan janin. Mengapa demikian ? karena janin dalam kandungan belum bisa mencari makanan sendiri, janin masih sangat tergantung dengan ibu. Banyak mengkonsumsi makanan bukan jaminan kebutuhan nutrisi tercukupi, justru yang terpenting adalah konsumsi makanan yang berkualitas meskipun dalam jumlah kecil. Lalu, apa saja makanan yang mengandung banyak protein itu ? inilah jawabannya.
Manfaat Protein Bagi Ibu Hamil
 source of pixabay

Telur


Siapa yang tak kenal dengan makanan satu ini ? pasti semua tahu. Telur adalah makanan sumber protein yang sangat mudah didapat mulai dari daerah pedesaan hingga daerah perkotaan. Protein hewani yang terkandung dalam telur sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, baik untuk wanita biasa maupun wanita yang sedang hamil.

Walaupun bentuknya kecil tapi satu butir telur mampu menyumbangkan protein cukup besar yaitu mencapai 7 gram. Kandungan protein dalam telur memang tergolong cukup besar namun bagi Anda yang sedang hamil harus bisa memasaknya dengan tepat karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat - zat tertentu. Lalu bagaimana cara memasak telur yang benar untuk ibu hamil ? Temukan jawabannya pada..
Telur buat ibu hamil bermanfaat atau berbahaya ?

Kacang Kedelai


Manfaat protein untuk ibu hamil sudah tak diragukan lagi, maka ibu hamil harus pandai - pandai memilih jenis makanan sumber protein. Apakah Anda bingung menentukan makanan yang baik untuk Anda konsumsi selama hamil ? Jika iya, kami sarankan untuk mengkonsumsi kacang kedelai sebagai makanan sumber protein nabati.

Sekilas kita lihat di lingkungan sekitar kita, jarang kita jumpai orang yang suka mengkonsumsi kacang kedelai langsung. Mereka lebih banyak mengkonsumsi kacang kedelai yang sudah diolah menjadi bahan lauk seperti tempe, tahu dan susu kedelai. Apakah hasil olahan kedelai juga banyak mengandung protein ? jawabnya iya, protein yang terkandung di dalamnya akan tetap bermanfaat untuk tubuh meskipun sudah melewati beberapa proses pengolahan.

Brokoli


Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang manfaatnya bagi ibu hamil sudah sangat mashur. Banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, termasuk protein. Bagaimana cara mendapatkan kemanfaatan dari brokoli ? gampang, yaitu dengan mengkonsumsi hasil olahannya baik berupa sayur sop, oseng - oseng maupun direbus sebagai lalapan.

Keju


Keju adalah salah satu produk olahan susu yang kaya manfaat. Selain banyak mengandung kalsium, keju juga banyak menyimpan protein yang dibutuhkan oleh tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil. Akan tetapi ibu hamil harus hati - hati dalam mengkonsumsi keju karena keju sangat rawan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Sebenarnya tak hanya keju yang perlu dipilih dengan cermat oleh ibu hamil, tapi semua jenis produk olahan susu perlu dipilih dengan cermat. Bagaimana cara memilih produk susu kehamilan yang baik ? Silakan baca informasi lengkapnya pada..
susu ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi

Kacang Almond


Jenis kacang ini memang jarang dijual di pasaran karena harganya lumayan mahal, tak seperti kacang kedelai yang sangat mudah didapat dengan harga relatif murah. Kacang almond mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk ibu hamil dan janin. Untuk mendapatkan manfaat dari kacang almond Anda bisa menjadikannya sebagai cemilan sehat selama kehamilan berjalan.

Gandum


Gandum mampu menyumbangkan banyak manfaat untuk ibu hamil karena memiliki kandungan karbohidrat dan protein cukup tinggi. Protein yang terkandung di dalamnya mencapai 9% sehingga sangat cocok Anda konsumsi selama kehamilan berlangsung. Dengan mengkonsumsi gandum, ibu hamil bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu manfaat karbohidrat dan manfaat protein.

Apa manfaat protein untuk ibu hamil itu ?


Sebenarnya di atas kami telah menjelaskan secara garis besar mengenai manfaat protein untuk ibu hamil, yaitu untuk membantu tumbuh kembang janin dan menjaga kesehatan ibu. Untuk dapat memahaminya silakan Anda lanjutkan membaca sampai selesai..

Sumber Kalori


Dalam diri manusia, zat yang paling berperan sebagai sumber kalori adalah karbohidrat, namun jangan salah ! sebenarnya sumber kalori yang dibutuhkan manusia itu  bukan hanya karbohidrat tapi protein berperan. Jika kebutuhan kalori ibu hamil tercukupi dengan baik, tubuh akan terasa lebih sehat, tegar dan bugar.

Pembentuk Jaringan


Manfaat protein untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu pembentukan jaringan janin mulai dari jaringan kulit, otak, otot dan lainnya. Pada mulanya janin terbentuk dari segumpal darah kemudian terus berkembang membentuk jaringan kuat sebagai tahap demi tahap hingga sempurna terbentuk anggota badannya. Di setiap perkembangan janin memerlukan protein untuk membantu kelancarannya.

Pembentuk Darah


Pembentukan sel darah, baik darah merah maupun darah putih juga memerlukan protein. Ibu hamil memerlukan banyak darah merah untuk menghindari anemia, jika ibu hamil sampai mengalami anemia banyak keluhan kehamilan yang mungkin terjadi seperti lemes, pusing, lelah dan bahkan sering pingsan. Sedangkan sel darah putih juga penting bagi tubuh kita untuk melawan berbagai macam jenis penyakit.

Pembentuk Air Ketuban


Protein juga bermanfaat untuk ibu hamil dalam rangka membantu pembentukan air ketuban. Fungsi air ketuban bagi janin sangat banyak, antara lain :
  • Melindungi janin dari berbagai hal yang membahayakan
  • Menjaga kehangatan ruangan janin
  • Membuat janin bebas bergerak
  • Melancarkan sistem pencernaan janin
  • dan lain - lain

Penguat Tulang


Nutrisi yang diperlukan untuk menguatkan tulang bukan hanya kalsium dan vitamin D, tetapi juga perlu protein yang cukup. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan berkalsium dan berprotein tinggi untuk menjaga kekuatan tulang serta untuk membantu proses pembentukan jaringan tulang janin. Mengapa protein diperlukan untuk menguatkan tulang ? karena protein sangat berperan dalam penyerapan kalsium dan zat besi.

Penjelasan manfaat protein untuk ibu hamil dan sumber makanan berprotein yang telah kami tulis di atas hanyalah sekelumit penjelasan ringkas saja. Silakan baca artikel kami yang lain untuk mendapatkan informasi sesuai dengan yang Anda butuhkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top