Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu dengan Nutrisi Lengkap

Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi tentang minuman ibu hamil pengganti susu sebab dari sekian banyak ibu hamil, ada yang tidak mau minum susu dengan alasan mual dan muntahnya semakin parah jika minum susu. Susu kehamilan yang banyak dijual di pasaran kebanyakan sudah diberi campuran bahan pencegah mual, akan tetapi sebagian ibu hamil tetap saja merasa mual ketika meminumnya.

Ketika sedang hamil, Anda harus berusaha untuk memenuhi semua zat yang dibutuhkan oleh janin, pasalnya janin yang masih ada dalam kandungan tidak bisa mencari makanan sendiri, kehidupannya masih bergantung pada ibu. Susu adalah salah satu jenis minuman yang mempunyai kandungan nutrisi sangat komplit, mulai dari kalsium, protein, vitamin dan lain - lain.

Sungguh disayangkan jika ibu hamil sampai mengabaikan jenis minuman yang satu ini hanya gara - gara masalah yang sepele. Apakah mual dan muntah bisa dianggap hal sepele ? tentu tidak, karena mual dan muntah yang terjadi cukup parah bisa membuat kesehatan dan kebugaran ibu hamil menurun. Dalam kasus tertentu, ada ibu hamil yang sampai harus mendapatkan perawatan khusus karena saking parahnya mual.
Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu
source of pixabay
Jika Ibu hamil terkendala dalam minum susu karena mual atau masalah lainnya maka diperlukan solusi, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman ibu hamil pengganti susu. Pada intinya ibu hamil itu harus mencukupi kebutuhan nutrisi, sehingga minum susu bukan suatu yang mutlak harus dikerjakan.

Untuk mendapatkan nutrisi sempurna sebagaimana yang terkandung dalam susu, Anda harus mencoba untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman yang mengandung kalsium, protein dan vitamin. Berikut akan kami tuliskan beberapa contoh makanan dan minuman dengan kandungan nutrisi lengkap sehingga bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk menggantikan susu.

Minuman Ibu Hamil Pengganti Susu


Ada banyak minuman di sekeliling kita yang mengandung banyak kalsium, protein dan vitamin. Kalsium diperlukan oleh janin untuk membantu dalam proses pembentukan tulang dan gigi serta bermanfaat bagi  ibu hamil untuk menguatkan tulang dan mencegah tulang krospos. Sedangkan protein dan vitamin memiliki peran penting dalam membantu tumbuh kembang janin. Inilah beberapa contoh minuman yang baik untuk ibu hamil

Jus Alpukat


Alpukat adalah jenis buah yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan janin seperti asam folat dan kalsium. Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini, Anda bisa membuatnya sebagai jus alpukat kemudian diminum pada saat haus. Pada saat membuat jus alpukat sebaiknya jangan dicampur dengan susu karena bau susu dalam jus bisa saja membuat mual. Tentang manfaat alpukat, kami telah menulisnya pada artikel berjudul MANFAAT ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL

Yoghurt


Yogurt juga bisa dijadikan sebagai minuman ibu hamil pengganti susu karena banyak mengandung kalsium dan nutrisi bermanfaat lainnya. Anda cukup minum satu gelas yogurt per hari untuk mendapatkan aneka macam manfaatnya. Intinya, jika perut Anda tidak mau kemasukan susu silakan cari minuman yang mengandung banyak kalsium dan protein serta aman bagi janin.

Susu Kedelai


Kedelai adalah makanan dari jenis kacang - kacangan sangat populer di negara kita. Aneka macam bahan makanan banyak yang terbuat dari bahan dasar kedelai seperti tempe dan tahu yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Susu kedelai adalah salah satu minuman berbahan dasar kedelai yang kaya akan nutrisi sehingga sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Anda perlu minum susu kedelai paling tidak 4 gelas per hari untuk mendapatkan kemanfaatannya. Apa saja sih manfaat susu kedelai untuk ibu hamil itu ??
Silakan baca : manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Makanan Ibu Hamil Pengganti Susu


Selain minuman pengganti susu yang telah kami jelaskan di atas Anda juga perlu banyak mengkonsumsi makanan pengganti susu agar kehamilan tetap terjaga kesehatannya. Makanan pengganti susu pada dasarnya juga sama dengan minuman pengganti susu, yaitu segala macam makanan yang banyak mengandung kalsium, vitamin dan protein. Apa saja contohnya ? Simak penjelasan berikut..

Kacang almond


Beberapa hari yang lalu kami telah menuliskan informasi terkait tentang makanan yang banyak mengandung kalsium. Di situ kami tuliskan bahwa salah satu contoh makanan yang berkalsium tinggi adalah kacang almond. Jika dilihat dari sisi harga, memang kacang ini harganya jauh lebih mahal daripada jenis kacang yang lain namun kandungan nutrisinya sangat lengkap sehingga sangat cocok sebagai alternatif pengganti susu. Nutrisi yang ada pada kacang almond antara lain adalah kalsium, protein, magnesium, kalium, vitamin E dan antioksidan.

Hasil Olahan Kedelai


Sebagaimana telah kami jelaskan di atas bahwa kedelai itu mengandung nutrisi yang banyak diperlukan oleh janin. Selain mengandung kalsium, kacang kedelai juga mengandung asam amino yang berkhasiat untuk melawan sel kanker. Maka dari itu, segala macam makanan olahan kedelai seperti tahu, tempe dan lainnya cukup baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Itulah contoh makanan dan minuman ibu hamil pengganti susu yang bisa kami tulis. Tentu Anda bisa kembangkan sendiri contoh di atas, intinya semua jenis makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium dan protein berarti bisa dijadikan sebagai pengganti susu.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top