Minuman Segar untuk Ibu Hamil Pencegah Dehidrasi

Minuman segar untuk ibu hamil - Ketika kehamilan telah ada pada perut bunda, segala hal yang berkaitan dengan perawatan kehamilan harus benar - benar dilakukan agar kehamilan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama masa kehamilan berlangsung memiliki peran yang cukup besar dalam menjaga kesehatan ibu dan janin.

Maka dari itu bunda hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan dan minuman, ibu hamil harus benar - benar selektif di dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Makanan yang paling dianjurkan bagi ibu hamil adalah semua jenis makanan bergizi tinggi yang tidak membahayakan kesehatan janin. Walaupun kandungan gizinya tinggi tapi kalau berbahaya bagi janin makanan tersebut sebaiknya dihindari.
Baca : makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil
Sedangkan jenis minuman yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil adalah segala jenis minuman sehat, menyegarkan dan tidak membahayakan janin. Selama kehamilan berlangsung bunda akan merasa lebih cepat haus jika dibanding sebelum hamil, ini adalah hal wajar. Sebuah langkah tepat jika ibu hamil memilih minuman segar untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya.
Minuman Segar untuk Ibu Hamil Pencegah Dehidrasi
source of pixabay

Minuman Segar untuk Ibu Hamil


Pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan kepada Anda mengenai beberapa jenis minuman segar yang bisa diminum ibu hamil guna menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi (kekurangan cairan). Sebenarnya bukan hanya minuman segar saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil tapi minuman sehat juga lebih dibutuhkan. Maka contoh di bawah ini adalah minuman segar sekaligus sehat untuk ibu hamil

Air putih


Banyak minum air putih sangat dianjurkan untuk ib hamil guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Setiap hari Anda dianjurkan untuk minum air putih minimal delapan gelas. Untuk mendapatkan sensasi segar pada saat minum air putih, Anda bisa menaruhnya di kulkas agar rasanya segar dingin. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa minum air es / air dingin saat hamil itu tidak boleh karena bisa membuat janin tumbuh terlalu besar.

Benarkah kabar tersebut ? Sampai sekarang belum ada fakta yang menguatkan pernyataan tersebut. Adapun yang dapat membuat pertumbuhan janin berlebihan itu jika saat hamil bunda banyak mengkonsumsi gula. Jadi bukan es yang mempengaruhi pertumbuhan janin tapi gula pada aneka minuman es itu yang mempengaruhi.

Smoothies


Smoothie adalah minuman yang terbuat dari campuran buah dan susu. Oleh sebab itu moothie termasuk jenis minuman segar untuk ibu hamil yang kaya akan manfaat karena banyak mengandung serat, protein dan kalsium. Untuk menambah sensasi segar pada Smoothie Anda bisa memilih jenis buah sesuka hati seperti strowberry, pisang, mangga dan aneka jenis buah lainnya. Smoothie yang akan Anda konsumsi sebaiknya dibuat sendiri saja untuk memastikan terbuat dari bahan yang sehat.

Jus Buah


Jus buah perlu dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan kandungannya. Tak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, jus buah juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan memenuhi kebutuhan vitamin selama hamil. Anda bisa memilih jenis buah sesuai selera untuk mendapatkan jus buah yang segar dan mantap.

Jus buah yang banyak mengandung manfaat bagi janin salah satunya adalah jus alpukat karena kandungan nutrisi dalam alpukat sangat lengkap. Salah satu zat yang terkadung di dalam buah alpukat dan sangat diperlukan janin adalah asam folat. Asam folat diperlukan oleh janin untuk membantu pembentukan jaringan syaraf dan mencegah terjadinya cacat lahir.
baca : jus buah yangbaik untuk ibu hamil

Jus sayuran


Tak hanya jus buah yang baik untuk ibu hamil, jus sayuran pun juga termasuk minuman segar dan sehat untuk ibu hamil. Silakan Anda pilih jenis sayuran sesuai dengan selera seperti bayam, wortel, tomat, labu dan lainnya untuk membuat jus sayuran. Dalam pembuatan jus, sebaiknya jangan terlalu banyak diberi gula untuk menghindari kelebihan berat badan ibu dan janin.

Air kelapa


Kesegaran yang tiada tara saat minum air kelapa tidak hanya kesegaran semu, melainkan segar yang benar - benar segar menggelegar. Air kepala muda sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menghindari dehidrasi. Selain menyegarkan dan mencegah dehidrasi air kelapa muda juga sangat baik untuk mengatur tekanan darah dan mengatasi darah tinggi.

Jus lemon


Lemon mengandung vitamin C yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk ibu hamil. Selain menyegarkan jus lemon juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dalam menangkal segala macam penyakit. Anda bisa menambahkan daun mint pada jus lemon ini untuk menambah kesegarannya dan menambah sedikit gula agar lebih mantap.

Itulah minuman segar untuk ibu hamil yang yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda. Selamat mencoba dan semoga kehamilan Anda menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top