Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil dan Janin

Minuman sehat untuk ibu hamil - Apakah saat hamil Anda sering merasa haus ? jika iya, Anda tidak perlu khawatir karena itu merupakan hal yang wajar dan umum dialami oleh wanita yang sedang hamil. Keadaan ini terjadi karena tubuh ibu hamil lebih cepat menyerap air ketimbang sebelum hamil. Memang keadaan ini wajar, tapi bukan berarti Anda hanya diam dan tak melakukan tindakan apapun.

Perlu bunda ketahui bahwa ibu hamil yang kekurangan cairan tubuh bisa mengakibatkan berbagai macam keluhan kehamilan dan kurang baik bagi kesehatan ibu dan janin. Oleh sebab itu, bunda harus banyak minum air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh atau mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air.

Kalau hanya minum air putih terus, terkadang ada rasa bosan, maka ibu hamil perlu memilih mengkonsumsi minuman segar dan sehat untuk ibu dan janin. Apa saja minuman itu ? berikut akan kami tuliskan beberapa contohnya..
Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil dan Janin
source of pixabay

Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil


Minuman yang baik buat ibu hamil, pada intinya adalah segala jenis minuman yang banyak mengandung nutrisi, rasanya segar dan tidak membahayakan kandungan. Meskipun kaya nutrisi tapi kalau membahayakan janin ya jangan diminum karena janin dalam kandungan itu masih sangat sensitif terhadap zat - zat tertentu. Lalu apa saja minuman yang sehat dan segar bagi ibu hamil itu ?

1. Susu tanpa lemak


Susu tanpa lemak merupakan salah satu jenis minuman yang sangat cocok untuk ibu hamil. Pasalnya ibu hamil sangat memerlukan banyak kalsium untuk membantu pembentukan tulang janin dan mencegah pengeroposan tulang ibu. Dalam sehari paling tidak Anda membutuhkan 220gr susu tanpa lemak dengan kalsium tinggi untuk memenuhi sekitar 30% dari kebutuhan kalsium tubuh.

Minum susu saat hamil memang sangat dianjurkan oleh dokter karena kandungan nutrisinya sangat lengkap, namun pada saat hamil muda banyak bunda hamil yang merasa tambah mual ketika minum susu. Oleh sebab itu Anda harus tepat dalam memilih merk susu yang baik untuk ibu hamil dan jika terpaksa perut tidak mau kemasukan susu maka konsumsi minuman pengganti susu yang informasinya telah kami tulis pada artikel sebelum ini.
minuman ibu hami pengganti susu dengan nutrisi lengkap

2. Air kelapa


Air kelapa masuk dalam kategori minuman sehat untuk ibu hamil karena air kelapa muda adalah minuman alami yang cukup baik bagus manjur untuk mencegah dehidrasi (kekurangan cairan). Tak hanya itu, air kelapa muda juga bermanfaat untuk mengembalikan ion tubuh yang hilang setelah melakukan aktifitas yang banyak menguras keringat. 

Mengenai manfaat air kepala muda bagi ibu hamil Anda bisa membaca pada artikel yang telah kami tulis sebelum ini, di situ kami telah menuliskannya secara rinci. Ada lagi pertanyaan seputar air kelapa muda, yaitu "bolehkan ibu hamil minum es kelapa muda ?" Jawabnya silakan Anda baca pada tulisan sederhana kami dengan judul
bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda ? 

3. Air lemon


Air lemon mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat baik Anda konsumsi selama menjalani kehamilan. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam serangan penyakit. Di waktu usia kehamilan trimester pertama air lemon bisa Anda jadikan sebagai minuman penghilang rasa mual.

Bagaimana cara membuat minuman dari air lemon ? caranya cukup mudah, yaitu dengan memotong jeruk lemon menjadi  dua bagian lalu peras airnya pada gelas kecil, tambahkan air hangat, beri sedikit gula lalu aduk sebentar. Untuk mendapatkan rasa yang lebih mantap, Anda bisa menambahkan daun mint satu lembar saja.

4. Jus sayuran


Jus sayuran merupakan salah satu jenis minuman sehat untuk ibu hamil. Pilihlah sayuran yang bergizi tinggi dan bisa dibuat jus seperti wortel, tomat, bayam dan lainnya. Jus sayuran tidak hanya bisa digunakan untuk menghilangkan rasa haus tapi juga menyumbangkan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin.

5. Jus semangka


Semangka adalah salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan air sangat banyak hingga 90%. Anda bisa langsung mengkonsumsi buah semangka untuk menghilangkan dahaga atau membuatnya sebagai jus semangka. Dengan kandungan air yang cukup banyak, ibu hamil yang mau mengkonsumsi jus semangka akan terhindar dari dehidrasi dan gangguan pencernaan.

6. Jus Jeruk


Sebagaimana lemon, jeruk adalah jenis buah yang mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi dan banyak mengandung air. Ibu hamil yang rutin minum jus jeruk selain bisa terhindar dari dehidrasi juga bisa terhindar dari infeksi kehamilan. Mengapa demikian ? karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah jeruk berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu proses detoksifikasi tubuh.

7. Jus Alpukat


Minuman sehat untuk ibu hamil sangat lah banyak, salah satu diantaranya adalah jus buah alpukat. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil sangat banyak karena banyak mengandung nutrisi bermanfaat, salah satunya adalah asam folat. Asam folat mempunyai peran penting dalam membantu pertumbuhan jaringan syaraf janin, jika janin sampai kekurangan asam folat maka lebih beresiko mengalami cacat lahir.

Tak hanya asam folat, buah alpukat juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan janin seperti vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Vitamin C berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin E berkhasiat untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh dan vitamin K bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit ibu dan janin.

8. Jus Apel

Manfaat yang bisa didapat dari jus apel, antara lain adalah sebagai berikut :
  • Mencegah dan meringankan bengkak saat hamil yang bisa terjadi pada kaki dan lengan
  • Melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi
  • Menurunkan tekanan darah
  • Dan lain - lain
Itulah beberapa minuman sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan murah. Jika delapan minuman  yang kami tulis di atas tidak mampu untuk menghilangkan dahaga yang Anda alami, silakan minum air putih yang banyak. Dengan demikian, selama kehamilan berlangsung Anda akan terhindar dari dehidrasi dan tubuh tetap bugar.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top