Perawatan Rambut untuk Ibu Hamil yang Boleh Dilakukan

Perawatan rambut untuk ibu hamil- Walaupun sedang berbadan dua, bukan berarti ibu hamil tidak boleh melakukan perawatan tubuh. Justru, selama kehamilan berlangsung Anda harus tetap tampil cantik agar sang suami betah di rumah. Agar senantiasa tampil mempesona, bunda perlu melakukan segenap perawatan tubuh tak terkecuali bagian rambut.

Meski demikian, ibu hamil harus tetap hati - hati, jangan sembarangan dalam melakukan perawatan tubuh karena ada jenis perawatan yang kurang baik bagi kesehatan janin. Jenis perawatan dengan bahan kimia tentu tidak direkomendasikan untuk ibu hamil sebab janin bisa terpapar efek negatifnya. Pilihlah cara sederhana dan alami untuk mempercantik diri selama kehamilan berlangsung.

Rambut adalah mahkota dari setiap manusia, tanpa rambut manusia kelihatan kurang begitu sedap dipandang, apalagi bagi kaum hawa. Rambut yang dibiarkan tanpa perawatan membuat penampilan menjadi kurang percaya diri bahkan bisa menimbulkan ketidak nyamanan. Bayangkan saja rambut yang kumal, untuk menyisir saja perlu perjuangan tersendiri.
Perawatan Rambut untuk Ibu Hamil
source of pixabay

Perawatan Rambut untuk Ibu Hamil


Oleh karena perawatan rambut itu sangat diperlukan, maka ibu hamil tidak boleh mengabaikannya, bila perlu lakukan perawatan salon bagi ibu hamil. Cobalah untuk melakukan perawatan rambut dengan benar dan jangan gunakan berbagai macam bahan kimia yang mengancam kesehatan janin. Lalu bagaimana caranya ? caranya adalah dengan keramas secara rutin pakai shampoo dan tidak menggunakan produk yang berbau tajam karena bisa menambah rasa mual.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai perawatan rambut untuk ibu hamil yang boleh dilakukan itu apa saja. Semoga dengan penjelasan singkat ini bisa menjadi obat dari keingin tahuan Anda.

Keramas dengan Shampo


Cara merawat rambut yang paling umum dilakukan oleh manusia adalah keramas dengan menggunakan shampo. Dengan keramas secara rutin akan tercipta keindahan rambut yang sehat dan kuat. Orang yang jarang keramas akan mendapati rambutnya menjadi kumal dan susah disisir. Jangankan wanita, lelaki saja jika jarang keramas rambutnya menjadi gimbal dan sulit dirapikan.

Masalahnya sekarang ini Anda sedang mengandung calon buah hati yang masih sangat sensitif terhadap zat kimia, apakah shampo bisa mempengaruhi kesehatan janin ? Perlu kami sampaikan bahwa shampo yang dibuat dengan formula keras dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan janin, maka ibu hamil dam memilih produk shampo dianjurkan memilih shampo dengan formula yang ringan saja.

Shampo yang dibuat untuk mengatasi ketombe umumnya mempunyai formula yang cukup keras sehingga ibu hamil perlu hati - hati dalam menggunakannya. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan jenis shampo yang akan Anda gunakan aman untuk janin.

Mewarnai Rambut


Mewarnai rambut sebenarnya boleh - boleh saja asalkan tidak menggunakan bahan yang mengandung bahan kimia. Seperti orang zaman dulu, mereka mewarnai rambutnya dengan sari daun tertentu yang masih alami dan dibuat tanpa bahan kimia. Namun di zaman sekarang ini, hampir tidak ditemui lagi bahan pewarna rambut yang tidak mengandung bahan kimia.

Perawatan rambut untuk ibu hamil dengan cara diwarnai itu memang tidak dilarang secara mutlak, namun bunda tak boleh sembarangan. Demi menjaga kesehatan janin sebaiknya ibu hamil menghindari perawatan rambut yang banyak menggunakan bahan kimia entah untuk mewarnai rambut, meluruskan rambut ataupun lainnya.

Produk Berbau Menyengat


Selama kehamilan berlangsung sebaiknya Anda mengurangi penggunaan produk perawatan rambut dengan bau terlalu menyengat, terutama ketika usia kehamilan trimester pertama. Menghindari aroma menyengat perlu dilakukan saat usia kehamilan muda mengingat di usia itu indra penciuman ibu hamil menjadi sangat sensitif. Aroma yang terlalu wangi terkadang malah membuat ibu hamil menjadi semakin tambah mual. Untuk itu dalam perawatan rambut, ibu hamil sebaiknya memilih produk yang tidak berbau terlalu wangi.

Bolehkah ibu hamil creambath ?


Bagaimana jika ibu hamil ingin creambath ? boleh atau tidak ? boleh saja asalkan tidak menggunakan bahan yang terlalu banyak mengandung bahan kimia dan atau baunya terlalu wangi. Jika Anda melakukan creambath rambut di salon, silakan minta creambath dengan bahan alami saja seperti dengan buah alpukat dan minyak zaitun.

Perubahan fisik ibu hamil memang cukup jelas terlihat, namun bukan berarti ibu hamil melupakan dandan dan perawatan tubuh. Bisa dibayangkan, apa jadinya kalau ibu hamil tak mau merawat diri, kalau suami gak kuat bisa minggat nantinya.
baca : tips hamil sehat dan cantik
Itulah perawatan rambut untuk ibu hamil yang diperbolehkan. Semoga dengan informasi ini bisa menambah wawasan mengenai segala hal yang terkait dengan perawatan kehamilan..

1 komentar:

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top