Perut Nyeri saat Hamil 8 Bulan Wajarkah ?

Perut nyeri saat hamil usia 8 bulan memang banyak dikeluhkan. Yang membuat ibu hamil bertanya - tanya adalah wajarkah kejadian itu ? berbahaya atau tidak ?. Untuk menjawab keraguan itu kali ini blog tandalagihamil akan mengulas mengenai keluhan tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa pada saat usia kehamilan telah memasuki 8 bulan, keluhan yang dirasakan bunda tidak semakin berkurang tapi semakin banyak.

Jika sebelumnya, bunda hanya merasakan lelah, mual, pusing dan susah tidur namun setelah usia kehamilan memasuki 8 bulan ada tambahan keluhan lagi seperti nyeri di bagian perut dan sesak napas. Anda tak perlu takut dengan keluhan ini karena hampir semua ibu hamil mengalaminya. Untuk mengatasi semua keluhan yang muncul Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat - obatan tanpa resep dokter.

Wajarkah Perut Nyeri Saat Hamil 8 Bulan ?


Sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas bahwa nyeri pada bagian perut saat usia kehamilan memasuki 8 bulan adalah wajar dan tidak termasuk masalah yang serius. Sebaiknya Anda tetap tenang dalam menjalani keluhan itu dan jangan terburu - buru minum obat. Jika terpaksa harus minum obat sebaiknya harus dengan resep dokter.
Perut Nyeri saat Hamil 8 Bulan
source of pixabay
Selain keluhan sakit di bagian perut bawah, di akhir kehamilan terkadang bunda juga menjumpai keluhan pusing tak tertahankan. Jika keadaan tersebut dibiarkan, aktivitas terasa sangat terganggu sehingga perlu segera mendapat penanganan. Bagaimana langkah tepat untuk mengatasi keluhan tersebut ? yaitu dengan mengkonsumsi obat atas resep dokter.

Jika keluhan yang Anda jumpai masih bisa ditahan, sebaiknya jangan konsumsi obat kimia karena kondisi janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Akan tetapi jika Anda sudah tak tahan dalam menghadapinya silakan datang ke dokter kandungan terdekat dan minta obat atas resepnya, jangan minum obat tanpa resep dokter.

Keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil saat usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga memang semakin banyak, namun jangan membuat bunda hamil panik dan melakukan hal yang ceroboh. Ingat ! meski janin sudah besar, namun keadaannya masih sangat lemah dan sensitif. Jangan sampai hanya gara - gara sembrono dalam melakukan aktivitas dan mengkonsumsi makanan tertentu akhirnya janin terganggu kesehatannya.

Perut nyeri saat hamil 8 bulan umumnya terjadi di bagian bawah dan terasa sangat sakit, nyeri dan ngilu. Keluhan ini terjadi karena posisi janin di usia 8 bulan sudah merubah posisinya, yaitu kepala menjadi berada di bagian bawah. Kepala janin yang berada di bagian bawah ini membuat perut bawah bunda tertekan sehingga terasa nyeri dan ngilu. Selain mengakibatkan rasa nyeri pada perut, tekanan kepala janin juga membuat frekuensi buang air kecil ibu hamil menjadi lebih sering daripada sebelumnya.

Pada usai kehamilan 8 bulan, bentuk perut ibu hamil sudah terlihat sangat buncit sehingga ibu hamil agak sedikit susah dalam melakukan berbagai macam aktivitas seperti berjalan, duduk dan berdiri. Selain itu, bunda hamil juga merasakan keadaan yang lebih mudah lelah dibandingkan usia kehamilan sebelumnya.

Selain perut nyeri, saat hamil 8 bulan bunda juga merasakan nyeri di bagian punggung serta mengalami pembengkakan pada beberapa anggota tubuh seperti kaki dan lengan. Hal ini wajar dan umum dijumpai oleh ibu hamil, jadi Anda tidak perlu khawatir karena tanpa harus minum obat pun keadaan akan membaik dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.
baca : cara mengatasi sakit punggung saat hamil trimester ketiga
Setelah kehamilan memasuki usai 8 bulan , ibu hamil merasakan persendian balik panggul mengalami pelonggaran. Sekali lagi Anda tak perlu takut karena ini adalah persiapan tubuh untuk menjalani persalinan. Longgarnya persendian di balik panggul ini membuat rasa ngilu dan nyeri di bagian panggul bunda.

Semua keluhan yang telah kami tulis di atas bisa dikatakan sebagai keluhan wajar yang banyak dialami ibu hamil ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga. Walaupun wajar tapi kalau Anda merasa keluhan tersebut sangat berat sebaiknya segera datang ke dokter dan konsultasikan keluhan itu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tips Sehat Saat Hamil 8 Bulan


Di akhir artikel ini kami akan tuliskan beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat usai kehamilan Anda telah memasuki 8 bulan agar kehamilan bisa dijalani dengan aman, nyaman dan sehat. Beberapa tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

⇨ Terapkan pola hidup sehat
⇨ Hindari makanan penyebab keguguran
⇨ Melakukan gerakan senam kegel
⇨ Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi
⇨ Ajak janin untuk berkomunikasi dengan diajak ngomong
⇨ Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat persalinan nanti
⇨ Persiapan keperluan bayi

Perut nyeri saat hamil 8 bulan dan keluhan lain wajar dialami oleh ibu hamil maka jangan takut. Jalani kehamilan dengan nyaman, sehat dan aman meskipun banyak rintangan menghadang agar kelak janin lahir dengan baik.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top