Waktu Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil

Untuk menjaga kebugaran tubuh bunda perlu mempertimbangkan kapan waktu tidur yang baik untuk ibu hamil. Hal ini sangat penting karena dalam menjalani kehamilan bunda sering kali menjumpai keadaan dimana tubuh terasa malas, lemas, pusing dan lain lain. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi semua keluhan itu ada lah dengan meningkatkan kualitas istirahat.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa istirahat yang paling bagus adalah tidur, maka bunda perlu mengatur waktu agar istirahat tidur yang dilakukan benar - benar berkualitas. Tidur yang dilakukan tanpa memperhatikan waktu justru membuat tubuh menjadi semakin gak karuan, bukan kebugaran yang didapat tapi malah tambah lemes.

Untuk menambah wawasan bunda mengenai istirahat tidur yang baik di saat sedang hamil, kali ini kami akan menyampaikan beberapa point penting mengenai waktu tidur yang dianjurkan, waktu tidur yang dilarang dan bagaimana posisi tidur yang baik saat hamil. Langsung saja mari kita bahas satu per satu
Waktu Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil
source of pixabay

Waktu Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil


Ada beberapa waktu yang dianjurkan bagi ibu hamil untuk istirahat tidur karena dirasa bisa membantu dalam menyegarkan kondisi tubuh. Waktu tidur ini sebaiknya digunakan dengan sebaik - baiknya untuk mendapatkan istirahat berkualitas sehingga kepenatan pikiran dan capeknya badan bisa segera hilang.

Tidur Siang


Di waktu siang bunda hamil dianjurkan untuk tidur sebentar guna mengembalikan kebugaran tubuh yang hilang setelah melakukan berbagai macam aktivitas. Tidur siang yang baik adalah setelah waktu zuhur, yaitu di di atas jam 12 siang. Jangan terlalu lama tidur siang karena bisa membuat susah tidur di malam hari.

Tidur Malam tidak Terlalu Larut


Malam adalah waktu tidur yang paling baik untuk ibu hamil karena waktu malam memang telah dibuat oleh Sang Maha Pencipta sebagai waktu yang paling efektif untuk istirahat tidur. Apabila ibu hamil sulit untuk tidur di waktu malam silakan menerapkan cara mengatasi susah tidur yang informasinya telah kami tulis pada artikel sebelum ini.

Waktu Tidur yang Tidak Baik untuk Ibu Hamil


Saat bunda sedang menjalani kehamilan maka diperlukan perawatan kehamilan dengan benar, baik dalam melakukan aktivitas, mengkonsumsi makanan dan menetukan waktu istirahat yang tepat. Khusus untuk istirahat tidur, bunda tidak boleh sembarangan karena ada waktu yang kurang baik untuk tidur, waktu tersebut adalah di pagi hari.

Tidur di Pagi Hari


Mayoritas ahli kesehatan menyebutkan bahwa tidur di pagi hari itu kurang baik bagi kesehatan, baik bagi ibu hamil maupun selain ibu hamil. Mengapa demikian ? karena tidur di pagi hari bisa menyebabkan efek buruk pada kesehatan janin dan kesehatan ibu. Belum lagi kalau tidur paginya terlalu lama, bisa membuat susah tidur di waktu malam. Penjelasan lengkap mengenai bahaya tidur di waktu pagi bisa Anda baca pada
Bahaya ibu hamil tidur pagi hari

Tidur Terlalu Larut Malam


Sebagaimana  yang telah kami jelaskan di atas bahwa malam adalah waktu yang paling tepat untuk tidur, apa jadinya jika ibu hamil sering tidur larut malam ? pasti kebugaran tubuhnya menurun. Selain itu tidur terlalu malam  bisa membuat ibu hamil mengalami anemia, akibatnya tubuh terasa lemas bahkan menjadi mudah pingsan. Oleh karena itu pastikan tidur pada waktu yang baik untuk ibu hamil yang telah kami jelaskan di atas.

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil


Selain memilih waktu yang baik, ibu hamil juga perlu memperhatikan posisi tidurnya, jangan sembarangan memilih posisi tidur karena ada beberapa posisi tidur yang kurang baik bagi janin. Pada intinya posisi tidur yang baik itu adalah posisi tidur yang bisa membuat tidur ibu hamil menjadi nyaman. Adapun posisi tidur yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah tidur miring

Tidur Miring ke Kiri


hingga sekarang tak ada yang membantah anjuran untuk tidur miring ke kiri bagi ibu hamil mulai dari usia kehamilan muda hingga menjelang persalinan. Tidur dengan posisi miring membantu ibu hamil untuk mendapatkan kenyamanan dalam beristirahat sehingga tidurnya berkualitas. Selain itu, tidur dengan posisi ini bisa membantu melancarkan aliran darah dari ibu ke plasenta.

Posisi tidur dengan terlentang dan tengkurap terkadang lebih di pilih oleh ibu hamil padahal kedua posisi tersebut kurang nyaman. Tidur terlentang di usia kehamilan tua bisa mengakibatkan sakit punggung dan tulang belakang, sedangkan tidur tengkurap bisa menekan perut sehingga kurang begitu baik bagi janin walaupun sebenarnya janin telah dilindungi oleh cairan ketuban.

Itulah waktu tidur yang baik untuk ibu hamil dan informasi terkait dengannya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan kehamilan yang nyaman dan sehat hingga tiba saatnya persalinan nanti.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top