Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Ibu Hamil dan Janin

Bahaya obat nyamuk bakar bagi ibu hamil - Di saat malam sudah mulai tiba, nyamuk nyamuk kecil mulai beterbangan untuk mencari mangsa. Tak mau menyumbangkan darah secara cuma cuma, manusia pun mempunyai setumpuk cara untuk melumpuhkan nyamuk mulai dari sengatan listrik, lotion anti nyamuk, semprot nyamuk dan menyalakan obat nyamuk bakar.

Ketika asap obat nyamuk mulai dihirup oleh si nyamuk, satu demi satu dari mereka mulai berjatuhan dan tak lagi mampu bertahan hidup. Sungguh senjata yang sangat luar biasa ! Namun tahukah Anda bahwa dibalik segudang manfaat obat nyamuk bakar ternyata mengandung efek yang kurang baik bagi kesehatan ? 

Ada beberapa zat aktif dalam asap obat nyamuk yang tidak baik bagi kesehatan manusia, tak terkecuali ibu hamil. Seberapa bahaya sih efek obat nyamuk bakar bagi kesehatan ibu hamil ?

Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Ibu Hamil
image from pixabay.com

Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Ibu Hamil


Efek dari asap obat nyamuk bakar yang dihirup oleh manusia memang tidak langsung terlihat, jarang dijumpai orang keracunan gara - gara menghirup obat nyamuk. Walaupun demikian, Anda harus waspada dalam menggunakan obat nyamuk yang satu ini, karena asap obat nyamuk tersebut mengandung beberapa zat yang kurang baik bagi kesehatan bahkan.

DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat) adalah salah satu zat yang terkandung di dalam asap obat nyamuk. Zat ini cukup membahayakan kesehatan karena merupakan racun kelas tinggi dan penggunaannya telah dilarang oleh ahli kesehatan dunia. Tak hanya DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat), asap obat nyamuk juga mengandung zat lain seperti propoxur, cyphenothrin, transflutrin, praletrhin, d-allethrin dan bioallethrin. Semua zat tersebut merupakan zat aktif yang membahayakan kesehatan manusia jika masuk ke dalam tubuh manusia alam jangka panjang.

baca juga : bolehkah ibu hamil makan jengkol mentah ?

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa umumnya masyarakat menggunakan obat nyamuk bakar dalam ruangan tertutup dengan tujuan agar nyamuk segera mati, padahal dengan menutup ruangan, asap tersebut akan semakin banyak menumpuk. Menurut hasil penelitian ahli, asap obat nyamuk bakar yang dihirup oleh manusia bisa mengakibatkan gangguan paru - paru sama dengan gangguan paru - paru yang disebabkan oleh asap rokok 100 batang.

Kandungan DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat) dalam asap obat nyamuk bakar selain bisa mengganggu pernapasan dan kerusakan paru - paru juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lain seperti kerusakan syaraf dan memicu pertumbuhan sel kanker. Salain itu, asap obat nyamuk yang dihirup dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah pada sistem reproduksi dan masalah hati.

Bahaya obat nyamuk bakar bagi ibu hamil tentu lebih berat daripada orang biasa, terutama bagi kesehatan janin, karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat kimia. Sering kali dijumpai bayi lahir langsung mengalami gangguan paru - paru dikarenakan saat ibunya sedang hamil sering menggunakan obat nyamuk bakar untuk mengusir nyamuk.

Untuk itu, jika Anda terpaksa harus menggunakan obat nyamuk silakan pakai obat nyamuk lotion saja. Bagaimana jika obat nyamuk oles tidak mempan ? bolehkah menggunakan obat nyamuk bakar ? Silakan lanjut membaca :)

Tips Mengurangi Resiko Obat Nyamuk Bakar


Jika Anda terpaksa harus menggunakan obat nyamuk bakar untuk mengusir nyamuk, pastikan Anda lakukan beberapa tips di bawah ini. Perlu kami sampaikan bahwa tips ini hanya untuk mengurangi resiko, bukan untuk menghilangkannya. Kami tetap menyarankan agar hamil tidak menggunakan obat nyamuk bakar selama kehamilan berlangsung.

Ventilasi Cukup


Apabila terpaksa harus menggunakan obat nyamuk bakar pastikan Anda dalam ruangan yang mempunyai cukup ventilasi, jangan malah menutup ruangan dengan harapan nyamuk segera mati. Ruangan yang tak cukup ventilasi memungkinkan adanya penumpukan asap yang semakin berdampak buruk pada kesehatan terutama pernapasan.

baca juga : bolehkah ibu hamil makan semangka kuning ?

Jangan Terlalu Dekat


Hanya karena terganggu oleh gigitan nyamuk jangan sampai kita mendapatkan masalah kesehatan yang berat. Pastikan Anda letakkan obat nyamuk bakar jauh dari tempat beraktivitas minimal 2 meter. Jangan malah menyandingkan obat nyamuk di dekat tempat tidur Anda. Untuk mengurangi resiko, Anda bisa membakar obat nyamuk di waktu sore sehingga pada saat Anda tidur asap sudah tiada, nyamuk pun sudah mati.

Entah apapun alasannya bahaya obat nyamuk bakar bagi ibu hamil dan janin sangat besar maka selama kehamilan berlangsung sebaiknya hindari penggunaan obat nyamuk bakar. Tips di atas hanya diperuntukkan selain ibu hamil.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top