Bolehkah Ibu Hamil Minum Tolak Angin Cair ?

Bolehkah ibu hamil minum tolak angin cair ? pertanyaan ini sering kali terdengar dari beberapa wanita hamil yang sedang mengalami masuk angin. Kehamilan memang sebuah anugerah dari Tuhan yang sangat menggembirakan hati, namun jangan kira kehamilan tidak dibarengi dengan perjuangan. Pada masa kehamilan trimester pertama sering kali dijumpai ibu hamil yang mengeluhkan beberapa keluhan seperti kepala pusing, perut kembung, mual, muntah dan lain - lain.

Dalam memperlakukan kehamilan jangan sembarangan karena taruhannya adalah nyawa janin. Perlu diingat bahwa janin dalam kandungan itu masih sangat sensitif terhadap zat - zat tertentu sehingga ibu hamil harus hati - hati. Jika sembarangan dalam melakukan aktivitas dan mengkonsumsi makanan bisa jadi keselamatan janin terancam.

Ketika masuk angin menyerang, obat herbal yang dirasa cukup aman menurut sebagian orang adalah tolak angin. Apakah benar ibu hamil aman jika minum tolak angin untuk mengatasi masuk anginnya ? Silakan simak penjelasan berikut ini untuk mendapat informasi lebih jelasnya.
Bolehkah Ibu Hamil Minum Tolak Angin
source of pixabay

Ibu Hamil Minum Tolak Angin, Amankah ?


Masuk angin itu apa sih ?
Masuk angin adalah sebuah anggapan dari masyarakat umum dimana gas berkumpul dalam tubuh secara tak merata sehingga badan terasa tak enak. Hingga saat ini belum ada bukti medis yang menguatkan bahwa masuk angin adalah terkumpulnya gas dalam tubuh yang tak merata. Jika dilihat sekilas gejala awal masuk angin itu mirip dengan influenza.

Banyak orang yang percaya untuk menghilangkan masuk angin perlu dilakukan kerokan agar angin bisa hilang dari dalam tubuh. Walaupun tak direkomendasikan oleh medis, namun mereka telah mempunyai keyakinan kuat bahwa kerokan adalah tips mujarab untuk menghilangkan angin dari dalam tubuh.
baca juga : cara mengatasi mual dan pusing saat hamil

Bagaimana Jika Ibu Hamil Masuk Angin


Masuk angin bisa menyerang pada siapa saja tanpa mengenal usia, tak terkecuali ibu hamil. Walaupun hanya merupakan penyakit ringan namun jika keluhan ini dibiarkan bisa jadi ibu hamil menjadi gelisah dan tak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari - hari. Diantara mereka ada yang berusaha menghilangkan masuk angin dengan mengkonsumsi obat - obatan tradisional dan ada juga yang nekat untuk menenggak tolak angin.

Lalu, bolehkan ibu hamil minum tolak angin ?


Pada saat ini tolak angin memang merupakan produk obat herbal untuk mengatasi masuk angin yang sudah cukup terkenal. Dengan slogan "wes ewes ewes bablas angine" membuat keyakinan masyarakat semakin lekat bahwa tolak angin adalah obat masuk angin mujarab yang aman untuk dikonsumsi. Meski demikian, jika saat ini Anda sedang hamil ada baiknya teliti dulu obat yang akan Anda konsumsi.

Tolak angin sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat sebagai obat masuk angin. Tolak angin dibuat dari tanaman herbal yang telah diracik sedemikian rupa tanpa menyertakan kandungan patinya sehingga warna tolak angin cair itu tidak keruh. Bagi orang biasa tolak angin sangat cocok untuk mencegah dan mengatasi masuk angin terutama pada saat berkendara atau begadang malam.

Akan tetapi bagi ibu hamil, tolak angin ini tidak direkomendasikan. Coba baca pada kemasan tolak angin bagian belakang, di situ jelas tertulis bahwa tolak angin tidak direkomendasikan untuk ibu hamil. Karena dari pihak tolak angin sudah memberi peringatan seperti itu sebaiknya bunda tidak usah nekat, cari saja obat masuk angin lain yang lebih aman.
baca juga : sakit perut saat hamil, penyebab dan cara mengatasinya

Tips Alami untuk Meringankan Masuk Angin


Ibu hamil bisa menerapkan tips berikut ini untuk menghilangkan masuk angin yang saat ini sedang dialami.

Minum Wedang Jahe


Wedang jahe telah lama dikenal oleh masyarakat sebagai minuman penghangat tubuh yang sangat efektif untuk meringankan masuk angin. Cobalah untuk minum wedang jahe satu gelas kecil pada saat sedang masuk angin. Selain bisa untuk mengatasi masuk angin wedang jahe ini aman bagi ibu hamil asalkan tidak diminum dalam jumlah berlebihan.

Gunakan Minyak Telon / Minyak Kayu Putih


Ibu hamil yang mengalami masuk angin umumnya perut menjadi kembung dan sulit untuk kentut. Jika keadaan ini dibiarkan, lama - lama bunda menjadi tak nyaman bahkan sakit. Untuk itu, bunda bisa menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon untuk mengolesi bagian tubuh secara merata wabil-khusus daerah perut agar tubuh terasa hangat dan angin minggat.

Demikian informasi yang dapat kami tulis mengenai boleh dan tidaknya ibu hamil minum tolak angin cair. Semoga sedikit informasi yang kami tulis ini bermanfaat bagi kita semua.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top