Gejala Gejala Hamil 1 Minggu Itu Apa Saja ?

Gejala hamil 1 minggu pertama sering kali ditanyakan oleh pasangan suami istri terutama mereka yang belum pernah hamil. Mengetahui gejala kehamilan sejak dini adalah hal yang tidak bisa dianggap sepele, pasalnya dengan mengetahui tanda kehamilan sejak dini kehamilan akan segera mendapatkan perlakukan dengan semestinya.

Banyak pasangan suami istri yang baru menyadari kehamilannya setelah telat datang bulan, padahal telat datang bulan itu tidak selamanya sebagai tanda hamil. Telat datang bulan yang menimpa seorang wanita bisa saja disebabkan karena stress, kecapekan dan hormon tubuh yang lagi kacau. Oleh karena itu, untuk mengetahui kehamilan Anda bisa melihat tanda dan gejala kehamilan yang akan kita bahas pada artikel ini.

Sebenarnya tanda kehamilan itu sudah mulai muncul sejak satu atau dua minggu setelah terjadi pembuahan, akan tetapi banyak di antara mereka yang tidak menyadarinya. Pengetahuan tentang gejala kehamilan sejak dini sangatlah penting karena kehamilan perlu mendapatkan perlakukan khusus sejak awal agar tidak sampai terjadi hal buruk.
Gejala Gejala Hamil 1 Minggu

Gejala Hamil 1 Minggu


Ketika sel telur telah berhasil dibuahi oleh sel $perm@ di dalam rahim wanita, gejala kehamilan akan segera muncul. Gejala dan tanda kehamilan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mual disertai Muntah


Mual dan muntah (morning sickness) akan segera muncul pada ibu hamil. Mual dan muntah ini terjadi karena meningkatnya hormon esterogen dan progesteron seiring dengan terjadinya proses pembuahan. Pada umumnya ibu hamil mengalami morning sicknes di pagi hari, namun ada sebagian ibu hamil yang mengeluhkan morning sickness tidak hanya di pagi hari, bahkan setiap waktu.
baca : hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?

2. Keluar Bercak Darah


Gejala hamil 1 minggu berikutnya adalah muncul bercak darah akibat proses implantation bleeding. Implantation bleeding adalah menempelnya calon janin pada dinding rahim. Bercak darah yang keluar akibat proses implantasi ini tidak terlalu banyak dan berlangsung tak lama. Jika bercak darah keluar terlalu banyak dan terus terusan sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk memastikan apakah bercak darah itu sebagai tanda hamil atau karena masalah kesehatan yang berbahaya.

3. Kram Perut


Proses impalantasi selain memunculkan bercak darah dari jalan lahir juga membuat perut ibu hamil mengalami kram. Kram perut tanda hamil ini terasa seperti kram perut jelang haid. Jika kram perut yang Anda alami terlalu sakit dan tak kunjung sembuh, bisa jadi disebabkan oleh faktor lain. Konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

4. Letih dan Lelah


Tanda hamil berikutnya adalah tubuh terasa letih, lelah dan malas untuk melakukan aktivitas. Keadaan ini disebabkan karena peningkatan hormon kehamilan yang membuat badan terasa loyo walaupun tidak habis melakukan  aktivitas berat. Rasa malas yang muncul di awal kehamilan ini biasanya dibarengi dengan menurunnya nafsu makan serta keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang kecut kecut.

5. Indra Penciuman Lebih Sensitif


Gejala hamil 1 minggu selanjutnya adalah indra penciuman menjadi lebih sensitive, terutama terhadap bau yang menyengat. Hal ini akan membuat mual ibu hamil terasa semakin parah. Aroma minyak wangi yang dulunya sangat disuka, setelah kehamilan muncul bisa saja menjadi parfum yang paling dibenci karena memperparah rasa mual.

6. Ngidam Makanan Tertentu


Ngidam makanan tertentu bisa saja muncul sebagai tanda kehamilan awal. Entah disebabkan karena apa yang pasti banyak ibu hamil mengidamkan makanan tertentu di dalam masa kehamilannya. Ada mitos yang berkembang jika makanan yang diidamkan oleh ibu hamil tidak dituruti, nanti anak yang dilahirkan suka ngeces [:air liurnya sering menetes dari mulut]

Setelah gejala 1 minggu tersebut muncul pada diri Anda, coba uji kehamilan dengan menggunakan testpack. Jika testpack menunjukkan dua garis, SELAMAT atas kehamilan Anda, semoga kehamilan berjalan lancar tanpa ada keluhan berarti. Namun jika testpack tidak menunjukkan positif hamil, jangan berkecil hati karena masih banyak kesempatan..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top