Hamil 8 Bulan Susah Tidur, Gimana Solusinya ?

Hamil 8 bulan susah tidur membuat ibu hamil merasa tak nyaman dalam menjalani kehamilannya. Tak hanya membuat tubuh gelisah, susah tidur waktu malam memang membuat bunda hamil menjadi lelah, pusing dan berat. Diperlukan beberapa cara untuk mengatasi masalah sulit tidur agar istirahat malam ibu hamil sempurna.

Dalam menjalani kehamilan, bunda tak pernah luput dari berbagai macam keluhan mulai dari pusing, mual, sakit perut, sakit punggung, sakit pinggang, kaki bengkak dan sulit tidur di waktu malam. Walaupun kehamilan telah berjalan lama, namun keluhan tetap saja muncul untuk mengiringi kehamilan Anda.

Sulit tidur malam adalah salah satu keluhan kehamilan yang tidak bisa dianggap enteng karena bisa mengganggu kesehatan. Keadaan ini banyak dikeluhkan oleh ibu hamil pada saat kehamilannya telah menginjak usia trimester ketiga (6 bulan). Sebenarnya apa sih yang membuat bunda menjadi sulit tidur ?
Hamil 8 Bulan Susah Tidur
source of pixabay

Penyebab Ibu Hamil Susah Tidur


Hamil 8 bulan susah tidur umumnya dipengaruhi oleh keluhan lain seperti sakit pinggang, pegal - pegal dan sejenisnya yang membuat ibu hamil gelisah dan sulit tidur. Tidur siang terlalu lama terkadang membuat bunda menjadi sulit tidur malam, maka aturlah waktu istirahat dengan baik agar istirahat Anda berkualitas.

Kurang istirahat tentu sangat mempengaruhi kesehatan bunda dan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang kurang tidur malam bisa saja menjadi lemes dan lelah. Jangankan ibu hamil, orang biasa saja akan merasakan kelelahan yang luar biasa saat habis begadang malam.

Jika bunda kurang tidur malam, ada baiknya untuk mencukupi kebutuhan istirahat dengan tidur siang secukupnya. Istirahat siang sebaiknya dilakukan setelah jam 12, jangan tidur pagi karena tidur pagi menimbulkan efek kurang baik bagi kesehatan.
Baca :bahaya ibu hamil tidur pagi hari

Tips Atasi Susah Tidur saat Hamil 8 Bulan


Agar istirahat malam Anda berjalan dengan nyaman, silakan lakukan tips sederhana yang kami tulis di bawah ini. Dengan menerapkan tips ini semoga saja tidur malam Anda nyenyak.

1. Tenangkan Pikiran


Salah satu penyebab sulit tidur malam adalah pikiran stress dan tak tenang. Sebelum tidur atur pikiran setenang mungkin, jika banyak masalah yang belum selesai dipikir besok pagi saja. Salah satu cara yang bisa diterapkan untuk lebih menenangkan pikiran adalah dengan menarik nafas panjang, tahan sebentar lalu keluarkan pelan - pelan melalui mulut.

Cobalah untuk membayangkan hal menyenangkan dalam hidup, jangan hiasi pikiran Anda dengan beban berat. Jangan sampai lupa sebelum tidur baca doa dulu agar pikiran menjadi semakin sumeleh. Dengan demikian, susah tidur yang Anda alami akan bisa teratasi dengan sendirinya.

2. Putar Musik Klasik


Untuk membantu mendapatkan ketenangan pikiran Anda bisa memutar musik klasik sebagai pengahantar tidur. Iringan musik yang tenang bisa membuat Anda semakin cepat terlelap. Jika Anda termasuk umat Islam, silakan iringi tidur Anda dengan lantunan ayat suci Al-qur'an karena lantunan ayat Al-qur'an sangat efektif untuk menenangkan jiwa.

3. Posisi Tidur Nyaman


Untuk mengatasi hamil 8 bulan susah tidur, silakan tidur dengan posisi yang paling nyaman. Menurut penuturan beberapa ibu hamil, tidur yang paling nyaman untuk ibu hamil adalah tidur miring dengan diganjal bantal pada bagian pinggang. Walalupun banyak orang yang mengatakan seperti itu, belum tentu posisi ini membuat Anda nyaman, maka carilah posisi yang nyaman menurut Anda dan jangan tidur dengan posisi yang berbahaya.

4. Pijatan Lembut


Sulit tidur yang dialami ibu hamil terkadang diakibatkan karena badan terasa pegal, letih dan lelah. Untuk itu, sebagai penghantar tidur Anda bisa minta tolong kepada sang suami untuk memberikan pijatan lembut di bagian tubuh yang terasa pegal. Dalam melakukan pemijatan sebaiknya jangan dilakukan terlalu keras karena bunda hamil mempunyai syaraf yang sangat sensitif terhadap kandungan.

Apabila sulit tidur yang Anda alami disebabkan oleh beberapa keluhan seperti sakit perut, sakit pingang, sakit tulang belakang, sakit punggung dan lain lain yang tak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Walaupun beberapa keluhan tersebut umum dialami ibu hamil tapi kalau membuat istirahat terganggu bisa jadi mengganggu kesehatan janin.

Demikian artikel terkait dengan hamil 8 bulan susah tidur, semoga artikel yang kami tulis di atas bisa menyumbangkan informasi bermanfaat bagi Anda. Bagikan info ini jika menurut Anda bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top