Kepala Pusing Saat Hamil Muda Apa Obatnya ?

Kepala pusing saat hamil muda memang cukup mengganggu aktivitas sehari - hari, pasalnya. Keadaan ini tak bisa dianggap sepele karena sebagian dari mereka ada yang sampai harus mendapatkan penanganan medis demi menyembuhkan sakit kepalanya. Walaupun sakit kepala yang dialami cukup parah, ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat karena bisa membahayakan keselamatan janin.

Jika terpaksa harus minum obat penghilang pusing, pastikan obat tersebut telah diresepkan oleh dokter. Sebenarnya sakit kepala saat hamil itu penyebabnya apa sih ? Banyak hal yang mengakibatkan ibu hamil sakit kepala, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Terjadinya perubahan hormon
  • Meningkatnya volume darah
  • Konsumsi makanan tertentu
  • Kelelahan
  • Kurang tidur
  • Dehidrasi
  • Stress
  • dan lain - lain
Kepala Pusing Saat Hamil Muda
source of pixabay
Pada umumnya kepala pusing saat hamil muda akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia kehamilan, karena hormon akan semakin stabil dengan bertambahnya usia hamil dan tubuh telah beradaptasi dengan kehamilan. Walaupun dapat hilang dengan sendirinya namun banyak ibu hamil yang tak tahan menghadapi keluhan ini sehingga perlu obat.

Apa obat kepala pusing saat hamil muda yang paling aman ?


Obat sakit kepala untuk ibu hamil yang paling aman adalah melakukan tips sederhana penghilang sakit kepala, bukan obat kimia yang dijual di toko obat karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat kimia. Untuk itu, disini akan kami tuliskan beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala :)

Cari Tahu Penyebab Sakit Kepala


Coba perhatikan, kira kira rasa pusing yang Anda alami itu terjadi setelah Anda mengkonsumsi makanan apa ? Barang kali saja sakit kepala yang Anda alami itu karena mengkonsumsi  jenis makanan yang memicu sakit kepala. Jika Anda telah menemukan penyebab sakit kepala tersebut silakan hindari sejauh - jauhnya. Namun jika ternyata Anda tidak menemukannya silakan lakukan langkah kedua.

Hindari Makanan Penyebab Sakit Kepala


Untuk mencegah dan mengatasi kepala pusing saa hamil Anda harus menghindari segala macam jenis makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala seperti ikan asap, makanan yang difermentsi dan makanan yang mengandung MSG (monosodium glutamate). MSG sering kali dijumpai pada bumbu penyedap rasa, oleh karena itu kurangi penggunaannya.

Kompres Kepala


Untuk mengurangi rasa sakit pada kepala Anda bisa mengompres kepala dengan menggunakan air hangat dan atau air dingin. Jika sakit kepala sering kali muncul coba saja dikompres dengan air dingin, agar sakit kepala segera reda. Bila perlu gunakan aroma terapi agar Anda bisa rileks sehingga sakit kepala segera hilang.

Jangan sampai Kehausan atau Kelaparan


Rendahnya gula darah adalah salah satu pemicu kepala pusing saat hamil muda, maka dari itu jangan sampai Anda kelaparan dan kehausan karena bisa memperparah sakit kepala yang sedang Anda alami. Saat hamil muda biasanya bunda mengalami morning sickness sehingga malas makan, untuk itu bunda harus pandai pandai mengatur pola makanan agar mual dan muntah tidak terlalu mengganggu.

Baca : Cara mengatasi mual dan pusing saat hamil

Jangan Sampai Kelelahan


Terlalu lelah dan kurang istirahat bisa saja menimbulkan sakit kepala yang tak tertahankan. Cobalah untuk santai dalam melakukan aktivitas sehari hari dan jangan melupakan istirahat siang. Selain istirahat siang, bunda harus berusaha mendapatkan istirahat malam yang berkualitas, jangan sampai begadang karena sangat beresiko memperparah sakit kepala.

Baca : Cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil

Demikianlah informasi yang dapat kami tulis mengenai kepala pusing saat hamil muda. Semoga dengan mempraktekkan beberapa tips sederhana di atas keluhan yang Anda alami akan segera hilang.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top