Posisi Tidur yang Baik Saat Hamil 7 Bulan

Posisi tidur yang baik saat hamil 7 bulan perlu diketahui oleh setiap ibu hamil, pasalnya posisi tidur yang salah bisa menimbulkan berbagai macam efek negatif. Demi mendapatkan kehamilan yang aman, nyaman dan tidak banyak keluhan bunda hamil perlu mendapatkan istirahat tidur berkualitas , salah satu caranya adalah dengan menerapkan posisi tidur yang tepat.

Pada saat kehamilan telah memasuki usia trimester ketiga sering kali ibu hamil susah tidur malam. Untuk mengatasi susah tidur, pastikan untuk tidur dengan posisi yang baik. Dengan mendapatkan istirahat yang berkualitas serta didukung oleh asupan nutrisi yang sempurna, kesehatan janin dalam kandungan akan selalu terjaga.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan tentang beberapa model posisi tidur, mana yang baik untuk ibu hamil dan mana yang kurang baik. Lebih jelasnya silakan simak penjelasannya di bawah ini.
Posisi Tidur yang Baik Saat Hamil 7 Bulan
source of pixabay 

Posisi Tidur yang Baik Saat Hamil


Ketika kandungan masih pada usia trimester pertama, ibu hamil tak perlu takut dalam menentukan posisi tidur, karena pada usia itu perut bunda belum membuncit sehingga tidur dengan posisi seperti apa pun nyaman nyaman saja. Akan tetapi setelah kehamilan memasuki usia trimester kedua dan ketiga perut sudah mulai membuncit sehingga bunda harus tepat dalam memilih posisi tidur agar nyaman.  Posisi tidur yang baik saat hamil 7 bulan itu apa saja ?

Tidur Miring


Posisi tidur yang paling aman dan nyaman bagi ibu hamil adalah miring karena dengan posisi ini ibu hamil akan mendapatkan banyak keuntungan seperti mengoptimalkan fungsi ginjal, melancarkan peredaran darah dan tidak membahayakan keselamatan janin. Dengan lancarnya peredaran darah ibu, janin dalam kandungan juga akan mendapatkan banyak manfaat karena lancarnya asupan nutrisi janin sangat dipengaruhi oleh lancar dan tidaknya peredaran darah.

baca juga : ibu hamil susah tidur malam, bagaimana cara mengatasinya ?

Tidur miring yang baik itu miring ke kiri atau ke kanan ?
Tidur miring baik ke kanan atau pun ke kiri itu sama saja, semuanya aman dan nyaman bagi bunda hamil. Untuk itu, pilihlah posisi tidur miring untuk mendapatkan kenyamanan dalam beristirahat. Agar lebih terasa nyaman bunda bisa menggunakan bantal khusus untuk ibu hamil yang banyak dijual di pasaran, baik di pasar online maupun di pasaran offline.

Posisi Tidur yang Kurang Baik Saat Hamil


Posisi tidur yang dirasa cukup baik ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga hanyalah tidur miring, sedangkan posisi tidur yang lain kurang bisa membuat tidur ibu hamil terasa nyaman.

Tidur Tengkurap


Ketika usia kehamilan masih muda, tidur dengan posisi tengkurap mungkin tidak jadi masalah. Akan tetapi saat perut ibu hamil mulai membuncit, tidur dengan posisi tengkurap menjadi tidak nyaman lagi. Selain tidak terasa nyaman, tidur dengan posisi tengkurap juga kurang baik bagi kesehatan karena bisa membuat peredaran darah tak lancar yang berujung pada masalah kesehatan janin.

Tidur Terlentang


Posisi tidur terlentang saat hamil 7 bulan dirasa kurang menguntungkan karena dengan posisi ini bunda tidak bisa mendapatkan kenyamanan tidur. Selain itu, tidur terlentang bisa mengakibatkan sakit punggung, sakit tulang belakang, gangguan pencernaan dan keluhan kesehatan lain karena perut bunda yang semakin besar akan bertumpu pada tulang punggung, tulang belakang, usus, vena cava inverior dan bagian belakang tubuh lainnya.

Untuk itu, agar mendapatkan istirahat tidur yang sempurna pastikan menerapkan posisi tidur yang paling nyaman. Lalu bagaimana jika saat mau tidur sudah memilih posisi yang nyaman lalu di tengah tengah tidur posisi menjadi berubah ? jawabnya "tidak apa apa" bunda gak usah takut karena berubahnya posisi tidur tidak mengganggu kenyamanan tidur bunda.

Demikianlah informasi terkait dengan posisi tidur saat hamil 7 bulan. Semoga informasi singkat ini bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top