Sakit Kaki Saat Hamil Atasi dengan Tips Ini

Ketika ibu hamil telah menginjak usia kehamilan 5 bulan ke atas, banyak diantara mereka yang mulai mengeluhkan sakit kaki. Saat hamil telah berhasil dijalani hingga usia kehamilan trimester ketiga, sakit kaki yang umum dialami adalah Preeklampsia. Preeklampsia itu sendiri adalah pembengkakan anggota tubuh tertentu seperti bagian lengan, betis dan kaki.

Preeklampsia bisa saja dialami oleh ibu hamil di segala usia, baik saat usia kehamilan trimester pertama, kedua maupun ketiga. Bengkak kaki yang dialami oleh ibu hamil ini disebabkan oleh beberapa faktor, maka ketahui dulu apa yang menjadi penyebabnya kemudian lakukan tips untuk mengatasi yang akan kami tulis pada artikel ini.

Apa saja penyebab Preeklampsia itu ? silakan simak penjelasannya berikut ini :)

Penyebab Sakit Kaki Saat Hamil


Dengan mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab Preeklampsia bunda akan lebih mudah dalam melakukan pencegahan terhadap Preeklampsia. Pada umumnya ibu hamil mengabaikan beberapa hal yang menyebabkan bengkak kaki sehingga tanpa disadari tahu tahu kaki menjadi bengkak. Penyebab Preeklampsia antara lain adalah sebagai berikut :

Sakit Kaki Saat Hamil
source of pixabay

Beban Kaki Terlalu Berat


Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, janin dalam kandungan menjadi semakin besar sehingga berat badan ibu hamil menjadi semakin meningkat. Berat badan ibu hamil yang meningkat tajam membuat beban kaki semakin berat, akibatnya kaki mengalami pembengkakan. Inilah faktor penyebab kaki bengkak pada ibu hamil yang tak bisa dihindari karena mau tidak mau ibu hamil pasti mengalami peningkatan berat badan.

Penumpukan Cairan


Penyebab sakit kaki saat hamil (Preeklampsia) adalah menumpuknya cairan pada kaki. Hal ini disebabkan karena ibu hamil mengalami peningkatan cairan tubuh hingga 30 persen dibanding sebelum hamil. Meski demikian, ibu hamil tidak diperkenankan untuk mengurangi konsumsi air karena jika sampai mengalami kekurangan cairan bisa menimbulkan gangguan kesehatan baik pada ibu maupun anak.

Peredaran Darah Tak Lancar


Bengkak kaki yang dialami oleh ibu hamil bisa juga diakibatkan karena peredaran darah tak lancar akibat pembuluh darah balik kaki tersumbat. Tersumbatnya pembuluh darah penyebab bengkak kaki ini bisa jadi sebagai pertanda tekanan darah tinggi (hipertensi) yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil.

Kurang Gerak


Ibu hamil yang tidak banyak gerak akan mengakibatkan aliran darah tak lancar, salah satu efek yang ditimbulkan adalah terjadinya pembengkakan pada kaki. Untuk itu bunda hamil dianjurkan untuk berolahraga ringan agar peredaran darah lancar. Adapun jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil bisa Anda baca pada artikel berjudul OLAHRAGA YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL

Tips Mengatasi Sakit Kaki Saat Hamil


Setelah bunda mengetahui tentang apa saja yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil, tiba saatnya bunda melakukan beberapa hal yang bisa meringankan kaki bengkak tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk mengatasi kaki bengkak.

1. Tidak Berdiri Terlalu Lama


Untuk mencegah dan meringankan kaki bengkak, sebaiknya bunda tidak berdiri terlalu lama karena berdiri terlalu lama membuat beban tubuh bertumpu pada kaki, peredaran darah tak lancar dan melemahnya otot kaki. Oleh sebab itu, di saat bunda melakukan aktivitas yang megharuskan untuk berdiri sebaiknya bunda tetap memberi jeda untuk duduk.

2. Tidak Menyilangkan Kaki Terlalu Lama


Duduk dengan kaki di silangkan memang cukup asyik, namun saat bunda sedang hamil sebaiknya kurangi duduk dengan menyilangkan kaki apalagi dalam waktu yang terlalu lama karena posisi duduk seperti itu bisa menghambat peredaran darah yang berakhir pada pembengkakan kaki. Lalu bagaimana posisi duduk yang baik saat hamil itu ? silakan baca POSISI DUDUK YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL

3. Olahraga Rutin


Di saat usia kehamilan baru memasuki trimester pertama, rasa malas dan lelah umumnya selalu mengiringi hari hari ibu hamil. Rasa malas tersebut jika dituruti tidak akan membuat badan terasa fit, justru badan terasa semakin lelah, letih dan peredaran darah tak lancar. Pada saat usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua bunda jangan malas untuk melakukan olahraga karena kurang gerak bisa menimbulkan beberapa keluhan kehamilan termasuk sakit kaki saat hamil.

4. Kurangi Penggunaan Sepatu Hak Tinggi


Selama kehamilan berlangsung sebaiknya bunda mengurangi penggunaan sepatu hak tinggi karena sangat rawan jatuh mengingat keadaan bunda sering kali mengalami pusing. Selain itu, memakai sepatu hak tinggi yang dilakukan terlalu lama bisa menghambat peredaran darah yang berakhir pada masalah kesehatan kaki.

5. Kompres Kaki dengan Air Dingin


Untuk meringankan kaki bengkak saat hamil bunda bisa mengkompres kaki dengan menggunakan air dingin. Caranya cukup muda, yaitu dengan mencampurkan air es dengan air biasa, celupkan handuk pada air tersebut, peras lalu kompreskan pada kaki sekitar 10 - 15 menit.

Demikianlah informasi mengenai penyebab sakit kaki saat hamil dan tips untuk menagatasinya. Semoga artikel singkat yang kami tulis ini mampu menyumbangkan kemanfaatan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top