Sakit Perut Ketika Hamil, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit perut ketika hamil- Pasangan suami istri yang telah lama menikah pasti mendambakan lahirnya sang buah hati sebagai buah cinta mereka. Ketika kehamilan benar - benar telah wujud, pasangan suami istri terkadang merasa takut, pasalnya banyak sang istri banyak menjumpai keadaan yang tak biasa dijumpai ketika belum hamil.

Saat usia kehamilan baru tiga bulan pertama, bunda hamil sering kali menjumpai keluhan seperti mual, muntah, kepala pusing, lemas, muncul bercak darah dan lain - lain. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan bukan berarti keluhan hilang sama sekali tetapi akan muncul beberapa keluhan lain seperti sakit punggung, sakit pinggang, sakit perut bagian bawah dan lain - lain.

Masih banyak ibu hamil yang merasa was - was dengan keluhan yang dialami terutama bagi mereka yang baru menjalani kehamilan pertama kali. Sebenarnya bunda tak perlu terlalu takut dengan keluhan kehamilan yang muncul asalkan keluhan tersebut terlihat wajar. Bunda dianjurkan untuk memeriksakan kehamilan secara rutin minimal sebulan sekali dengan tujuan melihat perkembangan janin dan apabila ada masalah kehamilan bisa terdeteksi sejak dini.
Sakit Perut Ketika Hamil
source of pixabay

Penyebab Sakit Perut Ketika Hamil


Sakit perut atau kram perut kerap kali dijumpai oleh ibu hamil mulai dari usia kehamilan masih muda. Sebenarnya sakit perut di bagian bawah saat kehamilan berlangsung itu tergolong normal. Janin yang semakin tumbuh dan berkembang setip hari akan membawa dampak perubahan pada bentuk perut ibu dan terkadang disertai kram ringan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bunda mengalami sakit perut, antara lain adalah sebagai berikut

Tekanan otot, persendian dan pembuluh darah


Seiring dengan bertambah besarnya janin dalam kandungan beberapa anggota badan tubuh akan mengalami peningkatan kinerja seperti pembuluh darah, sendi dan otot. Tekanan sendi, pembuluh darah dan otot perut bisa saja menimbulkan rasa sakit pada bagian perut ibu hamil. Kram perut yang diakibatkan karena hal ini normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Meregangnya ligamen


Sakit perut ketika hamil bisa juga diakibatkan karena meregangnya jaringan ikat (ligamen). Tuhan memang telah mengatur segala hal yang berkaitan dengan kehamilan dengan baik dan menakjubkan. Ketika janin mulai bertambah besar, perut ibu secara otomatis akan membesar namun tetap aman, paling hanya sedikit kram perut saja yang dirasakan.
baca juga : cara mengatasi sakit punggung saat hamil

Gangguan pencernaan


Peningkatan hormon progesteron membuat pencernaan makanan menjadi lambat sehingga bunda sering mengalami sembelit (susah buang air besar). Gangguan pencernaan inilah yang terkadang membuat sakit perut selama kehamilan. Sakit perut akibat gangguan pencernaan ini bisa dikatakan normal dan tak perlu untuk ditakutkan.

Efek setelah bercinta


Sehabis bercinta terkadang ibu hamil menjumpai kram perut dikarenakan saat 0r9asme rahim berdenyut hebat. Meski meninggalkan rasa sakit namun bercinta saat hamil aman dilakukan asalkan tidak dengan gaya yang menekan bagian perut bunda. Pada saat bercinta ibu hamil dianjurkan untuk tidak melakukan banyak gerak agar tidak terlalu capek.

Cara Meringankan Sakit Perut Ketika Hamil


Walaupun tergolong keluhan kehamilan yang normal, bukan berarti kram perut saat hamil tidak bisa diatasi. Untuk meringankan keluhan ini sebaiknya ibu hamil melakukan beberapa tips sederhana saja, tidak usah mengkonsumsi obat kimia. Jika terpaksa harus minum obat, pastikan telah mendapatkan resep  dari dokter. Adapun cara untuk meringankan sakit perut ketika hamil antara lain adalah sebagai berikut
  • Jangan melakukan gerakan secara tiba - tiba
  • Saat sakit perut datang, coba bungkukkan badan untuk mengurangi rasa sakit tersebut
  • Banyak minum air putih atau buah yang bayak mengandung air agar tidak dehidrasi karena dehidrasi saat hamil bisa memicu sakit perut 
  • Sakit perut yang diakibatkan karena gangguan pencernaan bisa diringankan dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat
  • Mandi air hangat atau mengompres perut dengan air hangat bisa meringankan  sakit perut akibat banyaknya gas di saluran pencernaan
  • Jika akan bercinta dengan sang suami sebaiknya dengan gaya yang tidak menekan bagian perut
  • Apabila setelah bercinta, perut terasa sakit cobalah untuk memijat punggung dengan pelan dan lembut
  • Terapkan posisi tidur yang baik saat hamil
  • Pada usia kehamilan trimester ketika sering kali terjadi kontraksi palsu, untuk meringankannya Anda bisa berbaring miring ke kiri atau melakukan gerakan ringan.
baca juga : sakit pinggang saat hamil muda, penyebab dan cara mengatasinya

Waspadai Sakit Perut ketika Hamil yang Berbahaya


Walaupun umumnya sakit perut dikala sedang hamil itu aman, namun bukan berarti semua sakit perut tergolong aman. Jika Anda menjumpai kejanggalan pada sakit perut yang Anda alami, sebaiknya segera saja periksakan ke dokter terdekat. Kram perut yang disertai demam, muntah muntah (bukan karena morning sickness) dan pendarahan hebat perlu Anda waspadai.

Demikian informasi tentang sakit perut ketika hamil yang bisa kami sampaikan, semoga kehamilan Anda berjalan dengan aman, lancar dan nyaman hingga waktu persalinan tiba.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top