Tanda Tanda Tidak Bisa Hamil (Kemandulan)

Tanda tidak bisa hamil / mandul - Anak adalah sebuah anugerah dari Sang Maha Pencipta yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa kebahagiaan rumah tangga akan menjadi lebih sempurna dengan kehadiran sang buah hati. Jika telah lama menikah namun tidak segera hamil, kekhawatiran pun sering muncul, jangan - jangan sang istri mengalami kemandulan.

Infertilitas atau kemandulan adalah suatu kondisi dimana seorang wanita tak dapat hamil walaupun telah bercinta berkali - kali tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Kemandulan ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada sang istri namun terkadang yang mengalami kemandulan adalah sang suami atau bahkan kedua - duanya. Untuk memastikan seseorang mengalami kemandulan atau tidak perlu dilakukan segenap pemeriksaan medis oleh dokter, tidak bisa asal asalan menyebut orang mandul.

Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit menyampaikan informasi mengenai beberapa tanda yang muncul ketika seseorang mengalami kemandulan.
baca juga : tanda hamil dan haid apakah sama ?
Tanda Tanda Tidak Bisa Hamil
source of pixabay

Gejala dan Tanda Tidak Bisa Hamil


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa kemandulan itu tidak hanya terjadi pada kaum wanita, akan tetapi bisa terjadi pula pada kaum pria. Kemandulan itu sendiri terjadi karena beberapa faktor seperti pola hidup tak sehat, kondisi kesehatan tubuh yang kurang baik dan faktor keturunan.

Untuk memastikan apakah pasangan suami istri mengalami kemandulan atau tidak peru dilakukan pemeriksaan medis yang akurat, tidak bisa asal - asalan. Akan tetapi ada beberapa tanda dan gejala yang memungkinkan seseorang mengalami kemandulan. Tanda tanda tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Tanda Masa Subur Tidak Tampak


Wanita dewasa  di setiap bulannya pasti melewati masa subur, yaitu masa dimana sel telur telah dilepaskan dari indung telur dan siap dibuahi oleh sel $perm@. Wanita yang mempunyai siklus haid teratur lebih mudah menentukan kapan terjadinya masa subur, yaitu hari ke 12 hingga 16 dihitung sejak hari pertama haid.

Pada saat masa subur berlangsung umumnya wanita menjumpai keadaan dimana suhu tubuh meningkat, nyeri di bagian perut dan meningkatnya lend!r serviks. Jika ternyata tanda masa subur tersebut tidak tampak maka ada kemungkinan wanita tersebut mengalami kemandulan meskipun tidak selamanya keadaan tersebut menunjukkan kemandulan.

Siklus Menstruasi Tidak Teratur


Tanda tidak bisa hamil berikutnya adalah tidak teraturnya siklus haid. Ketidak teraturan siklus haid memungkinkan produksi hormon seorang wanita tidak sempurna, termasuk hormon progesteron dan esterogen. Siklus haid tak teratur yang terjadi hanya sesekali tak jadi masalah, namun jika ketidak teraturan siklus haid tersebut berlangsung terus menerus, ada kemungkinan wanita tersebut mengalami kemandulan.

Radang Panggul Akibat Penyakit Menular $ek$


Seorang wanita bisa saja mengalami kemandulan karena tertular oleh penyakit $ek$ yang biasanya disertai dengan radang panggul. Untuk mengetahui apakah radang panggul terjadi karena penyakit menular $ek$ atau tidak, perlu diadakan pemeriksaan medis. Adapun untuk kaum pria, penyakit kel@m!n yang bisa mengakibatkan kemandulan adalah Gonore. Gonore itu sendiri bisa diketahui setelah dilakukan segenap pemeriksaan medis.
baca juga : ciri ciri hamil anggur dan penyebabnya

Cara untuk Mendeteksi Kemandulan


Setelah sekian lama menikah kok ternyata masih belum mendapatkan kehamilan, perlu kiranya pasutri tersebut mencari tahu apakah ada masalah dengan kesuburannya. Untuk mengetahui apakah pasangan suami istri mengalami kemandulan atau tidak, silakan lakukan langkah ini.

Tes Medis


Ketiga tanda tidak bisa hamil yang telah kami tulis di atas hanyalah sebuah gambaran kecil saja, adapun cara paling tepat untuk mengetahui kemandulan adalah dengan melakukan pemerikasaan medis. Untuk kaum pria kemandulan bisa diketahui dengan cara pemerikasaan air man!. Dari pemeriksaan tersebut akan didapat informasi mengenai jumlah sel $perm@ yang terkandung di dalam air man!. Jika ternyata jumlah sel $perm@ hanya sedikit, bisa jadi pria tersebut mengalami kemandulan.

Adapun cara medis yang dilakukan untuk menguji kesuburan perempuan adalah dengan melakukan segenap pemeriksaan yang meliputi :
  • Tes darah => untuk melihat kadar hormon yang dihasilka oleh tubuh
  • USG panggul => untuk melihat uterus dan serviks, normal atau tidak
  • Pemeriksaan tuba fallopi => untuk memeriksa ada masalah yang terkait dengan kemandulan atau tidak

Mendeteksi kemandulan dengan tes medis adalah cara paling tepat karena hasilnya lebih akurat dibandingkan dengan cara lain. Keuntungan melakukan tes medis ini selain untuk mengetahui kondisi kesuburan juga mendapatkan solusinya. Misalnya seorang pria diuji kesuburannya ternyata kurang, maka dokter akan memberikan resep untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Demikian informasi terkait mengenai tanda tanda tidak bisa hamil (kemandulan) yang dapat kami sampaikan. Sebarkan informasi ini kepada orang lain jika menurut Anda bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top