Bolehkah Ibu Hamil Makan Rujak ?

Bolehkah ibu hamil makan rujak ??? Banyak pasangan suami istri yang masih penasaran tentang boleh atau tidak kah makan rujak selama kehamilan berlangsung. Di saat cuaca panas, makan rujak memang sangat segar dan mantap, apalagi bagi ibu hamil muda yang lagi ngidam, keinginan untuk segera makan rujak seakan tak dapat dibendung.

Keinginan untuk menikmati rujak segar terkadang pupus karena banyak berhembus kabar mengenai larangan ibu hamil makan rujak. Benarkah kabar tersebut ? ataukah hanya mitos belaka ? Untuk mengetahui jawabannya silakan Anda baca artikel di bawah ini hingga selesai.

Bolehkah ibu hamil makan Rujak ?


bolehkah-ibu-hamil-makan-rujak
source of pixabay
Rujak adalah makanan tradisional yang terbuat dari buah buahan segar seperti mentimun, bengkoang, nanas, mangga muda dan sejenisnya dipadu dengan bumbu rujak terbuat dari campuran cabe, gula dan lain lain. Menikmati rujak di saat cuaca panas memang mantap, banyak orang yang menyukainya tak terkecuali ibu hamil.

Keinginan ibu hamil untuk menikmati rujak seakan terhalang oleh tembok raksasa yang kokoh, pasalnya banyak kabar tersiar makan rujak saat hamil bisa membahayakan keselamatan janin. Gara - gara kabar itu, tak sedikit ibu hamil yang bertanya tanya "bolehkah ibu hamil makan rujak ?" Mereka takut jika kabar tersebut ternyata benar.

Perlu kami sampaikan bahwa makan rujak saat hamil itu sebenarnya boleh dan aman, asalkan rujak itu terbuat dari bahan yang tidak membahayakan kehamilan dan bumbu rujak tidak terlalu pedas. Untuk lebih jelasnya silakan lanjut baca penjelasan di bawah ini.

Ibu Hamil Boleh Makan Rujak Asalkan...


Seperti yang telah kami sampaikan di atas bahwa makan rujak saat hamil itu sebenarnya boleh asalkan tidak sembarangan makan rujak. Jika Anda benar benar ingin menikmati rujak, sebelumnya silakan perhatikan dulu beberapa hal di bawah ini :)

Bahan rujak dari buah apa saja ?


Apabila rujak yang akan Anda konsumsi adalah hasil karya sendiri, pastikan membuat rujak dengan buah yang segar, bersih dan tidak membahayakan kehamilan. Bengkoang dan timun cocok digunakan sebagai bahan rujak karena mengandung banyak air sehingga membantu menambah suply air ke dalam tubuh ibu hamil agar tidak sampai terjadi kekurangan cairan. Kecuali jika bunda tergolong orang yang memiliki tekanan darah rendah, kebanyakan makan timun bisa memperparah keadaan.

Setelah Anda berhasil menemukan bahan yang pas untuk membuat rujak, silakan cuci dulu bahan tersebut hingga bersih sebelum memprosesnya lebih lanjut. Hal ini sangat penting dilakukan karena bahan rujak yang kotor, besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri yang membahayakan keselamatan janin.

Pastikan buah yang akan Anda rujak adalah buah yang tidak membahayakan kehamilan. Sebaiknya jangan menggunakan nanas muda sebagai bahan rujak karena nanas muda mengandung bromealin yang dapat memicu terjadinya kontraksi perut. Jika Anda tetap ingin menggunakan nanas, sebaiknya gunakan nanas yang sudah matang dan dengan jumlah sedikit saja. Mengenai manfaat dan bahaya nanas bagi kehamilan, Anda bisa baca artikel NANAS BAGI IBU HAMIL MANFAAT DAN BAHAYANYA

Apakah rujak yang dibuat dengan cara seperti itu sudah aman dikonsumsi ibu hamil ? bolehkah ibu hamil makan rujak yang terbuat dari bahan seperti di atas ? Jangan tergesa-gesa, silakan lanjut membaca hingga selesai.

Bumbu rujak selera pedas


Jika anda tergolong orang yang suka makanan pedas, selama kehamilan sebaiknya dibatasi. Jangan sampai makan pedas terlalu banyak hingga sakit perut (diare) karena kondisi kesehatan janin masih sangat bergantung pada Anda. Apabila Anda sehat, segar dan bugar, janin pun ikut merasakan hal yang sama, namun kalau Anda sakit, kesehatan janin pun ikut terganggu.

Ingat !! Saat ini Anda sedang hamil. Anda tidak hanya memikirkan diri sendiri, tapi bayi dalam kandungan juga menjadi tanggung jawab Anda. Jangan sampai melakukan hal ceroboh yang membuat Anda menyesal seumur hidup.

Saran kami : Buatlah bumbu rujak yang nikmat, manis dan mantap namun tidaka terlalu pedas. Makan pedas saat hamil memang boleh, namun sebaiknya dikurangi agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan. Info lengkap silakan baca MAKAN PEDAS SAAT HAMIL, BOLEHKAH ?

Jangan berlebihan


Bolehkah ibu hamil makan rujak ? jawabnya boleh asalkan mengikuti petunjuk di atas dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya kecuali kalau dokter melarang Anda makan rujak karena sebab tertentu. Kami sarankan Anda konsultasi dulu ke dokter sebelum menikmati mantapnya rujak.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top