Gerakan Yoga Ibu Hamil 7 - 8 Bulan

Gerakan yoga ibu hamil 7 sampai 8 bulan - Pada saat kehamilan Anda telah memasuki usia trimester ketiga, sering kali muncul keluhan seperti sakit pinggang, sakit punggung, otot kaku, pegal pegal dan pernapasan tak longgar. Agar kehamilan tetap terasa nyaman, Anda perlu melakukan berbagai macam cara mengatasinya, salah satunya adalah dengan melakukan gerakan senam yoga.

Senam yoga bisa Anda lakukan sejak usia kehamilan masih muda karena gerakan ini sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah dan melonggarkan pernapasan. Gerakan senam yoga yang dilakukan oleh ibu hamil tidak sama dengan senam yoga bagi selain ibu hamil. Senam yoga khusus untuk ibu hamil sering disebut dengan prenatal yoga.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan senam yoga sebaiknya Anda konsultasi dahulu ke dokter untuk memastikan apakah kehamilan Anda tergolong aman jika digunakan untuk melakukan gerakan yoga. Sebenarnya gerakan senam yoga yang diperuntukkan ibu hamil itu yang bagaimana ? silakan baca ulasan di bawah ini :)

gerakan-yoga-ibu-hamil
source of pixabay

Gerakan Yoga Ibu Hamil


Gerakan dasar senam yoga untuk ibu hamil adalah duduk atau berdiri dengan posisi paling nyaman, mata dipejamkan, relaksasikan otot kaki, otot pinggang da otot punggung lalu tarik napas dalam dalam dengan menggunakan hidung, tahan sebentar dalam perut kemudian keluarkan perlahan melalui mulut. Lalukan latihan ini berulang ulang selama 5 sampai 10 menit.

Manfaat gerakan yoga ibu hamil tersebut di atas antara lain adalah :
  • Melonggarkan pernafasan sekaligus mempersiapkan diri ibu hamil dalam menghadapi persalinan
  • Meringankan keluhan yang muncul saat hamil seperti sakit pinggang, sakit punggung dan sejenisnya.
  • Menjaga tubuh tetap sehat, tegar dan bugar.

Adapun gerakan yoga ibu hamil 7 - 8 bulan lainnya adalah sebagai berikut  :

1. Gerakan Pertama


Ambil posisi duduk bersila dengan meletakkan tangan di sisi badan posisi siku lurus. Ambil napas sedalam dalamnya dengan dibarengi mengangkat kedua tangan ke atas (arah kepala) sampai jari tangan kanan dan jari tangan kiri bertemu di atas kepala. Setelah itu, hembuskan napas perlahan lahan sambil menurunkan tangan ke posisi semula.

Manfaat yang yang bisa diperoleh dari gerakan ini adalah melatih pernapasan, melenturkan sendi di bagian pundak, menguatkan otot lengan, membantu menenangkan pikiran sehingga perasaan menjadi lebih nyaman dan tenang.

2. Gerakan Kedua


Ambil posisi merangkak, siku tangan lurus, punggung rata dan pandangan lurus ke depan. Ambil napas dalam dengan dibarengi melengkungkan bagian punggung, tahan sebentar lalu keluarkan napas perlahan lahan dengan dibarengi penurunan punggung pada posisi awal. Gerakan yoga ibu hamil yang kedua ini bermanfaat untuk membantu menguatkan rahim, meringankan pegal dan melepas ketegangan pikiran.

3. Gerakan Ketiga


Berbaring di lantai dengan kedua kaki menempel di dinding dan kedua tangan dibentangkan ke samping badan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Selanjutnya tarik napas dalam dengan diiringi mengangkat bagian pinggul, tahan sebentar lalu keluarkan napas dengan dibarengi mengembalikan pinggul ke posisi semula. Manfaat dari gerakan yoga yang ketiga ini adalah melonggarkan napas, membuat pikiran rileks, menghilangkan pegal dan capek serta mencegah terjadinya varises di bagian kaki.
baca juga : senam hamil 9 bulan di rumah

Manfaat Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil


Senam yoga cukup baik dilakukan oleh ibu hamil karena banyak menyumbangkan manfaat. Secara umum manfaat gerakan yoga untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :
  • Membantu mengurangi dan mencegah berbagai macam keluhan kehamilan terutama yang berkaitan dengan otot
  • Membantu membakar lemak sehingga ibu hamil tidak sampai obesitas (kelebihan berat badan)
  • Peredaran darah jadi lancar sehingga tubuh semakin segar dan bugar
  • Tidur malam menjadi lebih berkualitas
  • Membantu melonggarkan pernapasan
  • Selengkapnya silakan baca MANFAAT SENAM YOGA BAGI WANITA HAMIL
Gerakan yoga ibu hamil 7 - 8 bulan yang kami tulis di atas bukanlah sebuah rekomendasi. Jika Anda ingin melakukan senam yoga saat hamil, kami rekomendasikan untuk konsultasi ke dokter dulu sebelum melakukannya dan mencari pemandu yoga yang sudah profesional agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top