Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil dan Janin

Hingga saat ini manfaat buah sirsak untuk ibu hamil masih diragukan oleh sebagian orang, pasalnya banyak tersebar kabar bahwa makan buah sirsak saat hamil bisa membuat ibu hamil sulit dalam menjalani persalinan. Perlu kami sampaikan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah sirsak tidak lah membahayakan kandungan, justru bermanfaat.

Kabar yang berhembus bahwa sirsak membuat persalinan menjadi tidak lancar sampai saat ini belum ada bukti yang memperkuatnya. Sebaliknya, ibu hamil sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Mengenai buah dan sayur yang direkomendasikan untuk ibu hamil silakan baca artikel kami dengan judul SAYURAN YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL dan BUAH BUAHAN YANG BAGUS BUAT IBU HAMIL

Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil dan Janin

manfaat-buah-sirsak-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Buah sirsak tidak hanya enak dimakan tapi juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi manusia tak terkecuali ibu hamil. Berikut ini adalah manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil dengan mengkonsumsi buah sirsak :)

1. Membantu Menguatkan Tulang Janin


Salah satu manfaat buah sirsak bagi janin adalah menguatkan tulang dan gigi janin karena mengandung banyak kalsium. Buah sirsak bisa dikonsumsi dengan cara dijus atau langsung dimakan begitu saja. Jika bunda memilih untuk membuatnya sebagai jus, sebaiknya jangan terlalu banyak diberi tambahan gula pasir.

2. Mencegah Mual Ibu Hamil


Selain bermanfaat bagi janin, buah sirsak juga memberikan banyak faedah bagi bunda hamil. Salah satu manfaat buah sirsak untuk ibu hamil adalah mencegah dan meringankan mual muntah saat hamil muda (morning sickness). Ketika usia kehamilan baru trimester pertama, sering kali bunda merasakan mual dan muntah yang disebabkan oleh meningkatnya hormon.

Morning sickness di awal kehamilan itu normal dan tidak membahayakan janin, justru sebagai tanda awal kehamilan. Namun, morning sickness cukup mengganggu aktivitas sehari hari, apalagi kalau disertai pusing pusing. Untuk mencegah dan meringankan mual muntah, bunda hamil bisa mengkonsumsi jus buah sirsak dan mempraktekkan beberapa CARA MENGATASI MUAL SAAT HAMIL MUDA

3. Melancarkan Pencernaan


Buah sirsak mengandung banyak serat dan vitamin C sehingga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Ibu hamil sering kali menjumpai masalah pencernaan yaitu sembelit atau susah BAB (buang air besar). Untuk mengatasi keluhan itu, bunda perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin C, salah satunya adalah buah sirsak.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Agar kehamilan bisa dijalani dengan baik, ibu hamil perlu meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan. Termasuk manfaat buah sirsak untuk ibu hamil adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena buah sirsak mengandung banyak vitamin C dan antioksidan.

Buah sirsak memang banyak manfaatnya buat ibu hamil, namun bunda disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah sirsak terlalu banyak. Konsumsi sirsak dalam jumlah berlebihan justru kurang baik bagi ibu hamil. Ibu hamil harus tetap selektif dan hati hati dalam menentukan makanan yang akan dikonsumsi, baik berupa makanan ataupun minuman.

Bahaya Buah Sirsak untuk Ibu Hamil


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil cukup banyak, namun manfaat tersebut bisa berubah menjadi bencana jika buah sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Berikut ini adalah bahaya konsumsi buah sirsak berlebihan saat hamil :

Menimbulkan masalah kehamilan


Buah sirsak mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi, jika Anda tidak membatasi di dalam konsumsi buah ini maka dapat menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya adalah diabetes. Sebenarnya, kandungan gula dalam buah ini cukup aman jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, maka ibu hamil diperbolehkan makan buah sirsak asalkan tidak berlebihan.

Selain itu, kandungan gula dan lemak dalam buah ini bisa menjadikan ibu hamil mengalami kelebihan berat badan (obesitas) jika terlalu banyak dikonsumsi. Silakan konsumsi buah sirsak, namun dalam jumlah wajar saja agar tidak mendapati berbagai macam masalah kesehatan.

Demikianlah informasi seputar manfaat buah sirsak untuk ibu hamil dan janin serta bahaya yang ditimbulkan jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kehamilan bunda sehat selalu hingga masa persalinan tiba, sang buah hati lahir dengan selamat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top