Manfaat Kacang Polong untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat kacang polong untuk ibu hamil - kacang polong atau yang sering disebut dengan kacang kapri ini kerap dijumpai sebagai bahan sayur atau dijadikan sebagai snack yang banyak dijual di pasaran. Soal rasa tak diragukan lagi, gurihnya menggigit di lidah sehingga kacang kapri sangat cocok digunakan sebagai cemilan sehat ibu hamil saat sedang santai.

Selain rasanya gurih, ternyata kacang polong juga mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh manusia. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil ? apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi kacang polong ? bermanfaat atau justru berbahaya bagi kehamilan ? untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, silakan baca artikel ini hingga selesai.

Manfaat Kacang Polong untuk Ibu Hamil


manfaat-kacang-polong-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Kacang kapri / kacang polong mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil. Kandungan protein di dalam kacang polong sangat bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan perkembangan janin. Selama masih dalam kandungan, janin masih sangat bergantung pada ibu, kalau asupan nutrisi ibu terpenuhi janin pun dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Entah diolah dengan model bagaimana pun, manfaat kacang polong untuk ibu hamil cukup banyak karena kacang polong sarat dengan kandungan gizi. Namun demikian, ibu hamil harus tetap waspada, jika punya penyakit yang mengharuskan dirinya untuk menghindari kacang kacangan sebaiknya jangan nekad mengkonsumsi kacang kapri ini.

Langkah tepat sebelum Anda memilih cemilan sehat untuk ibu hamil adalah konsultasi ke dokter terlebih dahulu, apakah Anda boleh makan jenis kacang kacangan atau justru harus menghindari segala jenis kacang. Kalau Anda tidak punya masalah kesehatan yang harus menghindari kacang maka kacang polong adalah salah satu pilihan tepat karena mengandung banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang polong untuk ibu hamil yang dapat kami tulis :

1. Mencegah Peradangan


Kacang polong mengandung senyawa alami yang berkhasiat sebagai anti radang. Banyak ibu hamil yang mengeluhkan peradangan di bagian sendi terutama setelah kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. Kandungan anti radang yang terdapat di dalam kacang polong sangat bagus untuk mencegah dan meringankan peradangan.

2. Mencegah Anemia


Manfaat kacang polong untuk ibu hamil berikutnya adalah mencegah anemia atau kurang darah. Di awal masa kehamilan, banyak ibu hamil yang mengalami anemia karena mengalami morning sickness yang cukup serius. Untuk mencegah anemia, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung zat besi. Di sinilah peran kacang polong, kandungan zat besi di dalamnya cukup baik untuk mencegah anemia.

3. Mencegah Penyakit


Selain dua manfaat di atas, kacang polong juga berkhasiat untuk mencegah serangan penyakit. Kandungan betakaroten dalam kacang kapri berkhasiat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Kacang polong juga mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit yang akan menyerang ibu hamil seperti flu dan asma.

Manfaat Kacang Polong untuk Janin


Selain bermanfaat untuk bunda, kacang polong juga banyak menyumbangkan manfaat bagi si kecil dalam kandungan. Manfaat kacang polong untu janin antara lain adalah sebagai berikut :

1. Membantu Pertumbuhan Tulang


Manfaat kacang juga dapat dirasakan oleh janin, salah satunya adalah membantu proses pertumbuhan tulang janin karena kacang kapri itu mempunyai kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K tidak hanya ditemukan dalam kacang kapri, kacang jenis lain pun seperti kacang merah dan sejenisnya juga mengandung vitamin K.

2. Mengoptimalkan Perkembangan Janin


Kacang polong mempunyai kandungan protein yang cukup banyak sehingga dapat membantu pertumbuhan janin agar lebih optimal. Selain kaya protein, kacang kapri juga mengandung asam folat yang sangat bermanfaat bagi janin. Janin sangat membutuhkan asam folat untuk membantu perkembangan sistem syaraf dan perkembangan organ dalamnya.

Kami berharap manfaat kacang polong untuk ibu hamil dan janin yang kami tulis di atas bisa menjadi referensi bagi Anda dalam merawat kehamilan. Walaupun banyak manfaat, namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsi apalagi bagi Anda yang kelebihan asam urat dan kolesterol, agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diharapkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top