Manfaat Senam Yoga bagi Wanita Hamil

Manfaat senam yoga bagi wanita hamil - Senam yoga yang diperuntukkan khusus bagi ibu hamil adalah prenatal yoga. Gerakan senam yoga bagi ibu hamil ini dibuat lebih sederhana daripada gerakan senam yoga pada umumnya. Gerakan prenatal yoga dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu pemanasan, pernapasan, gerakan yoga dan pendinginan.

Prenatal yoga perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan diri jelang proses persalinan, meningkatkan keseimbangan, menenangkan pikiran dan membantu meningkatkan fleksibilitas. Manfaat senam yoga bagi ibu hamil cukup banyak, salah satu diantaranya adalah membantu meringankan pegal pegal dan membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Gerakan senam yoga yang dilakukan dengan berbagai macam pose memiliki khasiat dan manfaat masing masing, pada intinya gerakan yoga dimaksudkan agar kesehatan bunda selalu terjaga dan agar pikiran tidak stress sehingga tidak muncul berbagai macam masalah kehamilan berbahaya. Selain itu, ada gerakan yoga yang dimaksudkan untuk menurunkan berat badan sehingga bunda tidak sampai kelebihan berat badan selama kehamilan berlangsung.

manfaat-senam-yoga-bagi-wanita-hamil
image from pixabay.com

Manfaat Senam Yoga bagi Wanita Hamil


Ada banyak gerakan yoga yang masing masing mempunyai manfaat berbeda. Maka dari itu, gerakan yoga perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan setiap individu. Adapun senam yoga yang baik untuk itu wanita hamil adalah prenatal yoga. Adapun manfaat senam yoga bagi wanita hamil antara lain adalah sebagai berikut :
  • Mengurangi berbagai macam keluhan kehamilan seperti sakit kepala dan sakit pinggang saat hamil
  • Mampu membakar kalori sehingga pertambahan berat badan ibu hamil tidak terlalu berlebihan
  • Membantu melancarkan peredaran darah sehingga tubuh tetap terasa segar dan bugar
  • Membuat tidur malam ibu hamil menjadi lebih terasa nyenyak dan berkualitas

Latihan Pernafasan Penting bagi Wanita Hamil


Bagian terpenting dalam senam hamil adalah latihan pernapasan. Pengambilan napas dalam dalam melalui hidung kemudian dikeluarkan perlahan melalui mulut bermanfaat bagi ibu hamil untuk melenturkan otot bdan dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Tak hanya itu, latihan pernapasan juga dapat memaksimalkan asupan oksigen pada tubuh ibu hamil dan janin.

Latihan pernapasan yang kerap ada di dalam senam yoga adalah ujjayi, yaitu pengambilan napas lewat hidung perlahan lahan sampai paru penuh terisi, tahan sebentar lalu dikeluaran perlahan melalui mulut hingga perut kempis. Ujjayi perlu dilakukan berulang kali dalam gerakan senam yoga agar manfaat senam yoga bagi ibu hamil segera dapat dirasakan.

Perhatikan Hal ini Sebelum Melakukan Prenatal Yoga


Senam yoga memang banyak manfaatnya, namun sebelum Anda melakukannya sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini :
  • Pastikan Bunda memakai pakaian yang cukup nyaman untuk melakukan gerakan senam yoga
  • Sebelum senam dimulai sebaiknya minum air putih yang cukup agar tidak sampai mengalami dehidrasi (kekurangan cairan)
  • Sebelum Anda putuskan untuk mengikuti prenatal yoga, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan
  • Apabila di dalam melakukan gerakan prenatal yoga Anda menjumpai keluhan seperti pusing, sakit pinggang atau kram maka segera hentikan latihan
  • Sebaiknya Anda mengikuti senam yoga dengan instruktur yang telah banyak pengalaman
  • Gerakan yoga yang terlalu banyak meregangkan bagian perut hendaknya dihindari
Senam yoga merupakan salah satu usaha yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga dan merawat kehamilan agar tetap sehat dan tak banyak keluhan. Selain senam yoga, hendaknya ibu hamil mengkonsumsi makanan bergizi, menjaga pola makan, menerapkan pola hidup sehat dan menghindari semua pantangan ibu hamil agar kehamilan berjalan dengan baik dan nyaman.

Itulah beberapa manfaat senam yoga bagi wanita hamil yang bisa kami tulis. Semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi Anda..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top