Mudah Lelah dan Mengantuk Saat Hamil Muda Normalkah ?

Mudah lelah dan mengantuk saat hamil - Tak bisa dipungkiri, wanita yang telah berbadan dua akan menjumpai berbagai macam keluhan sejak awal mula kehamilannya. Pusing, mual, muntah dan lelah akan selalu mengiringi kehamilan hingga usia kehamilan memasuki trimester kedua. Semua keluhan yang muncul saat hamil itu wajar, namun bunda harus tetap waspada agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

Peningkatan hormon esterogen dan progesteron ibu hamil membuat banyak keluhan muncul, salah satu diantaranya adalah mudah lelah dan mengantuk. Keadaan ini memang tidak berbahaya, namun cukup mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, bunda perlu menerapkan tips hamil sehat dan bugar secara alami yang telah kami tulis beberapa waktu yang lalu.

Ada beberapa keluhan yang muncul di awal kehamilan dan tergolong normal. Apa saja keluhan tersebut, silakan simak penjelasan berikut ini :)

source of pixabay

Keluhan Terkait Mudah Lelah dan Mengantuk saat Hamil


Bunda tidak perlu khawatir jika menjumpai keadaan yang berbeda dengan sebelum hamil. Jika sebelum hamil bunda tak pernah merasa mual dan muntah, kali ini bunda akan sering mual terutama di pagi hari. Mungkin sebelum hamil Anda termasuk orang yang semangat, giat , tegar dan bugar, namun setelah hamil bunda menjadi cepat lelah walaupun tidak habis melakukan aktivitas berat.

Lalu apa saja keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil terkait dengan mudah lelah dan mengantuk saat hamil ? Berikut ulasannya.

1. Lelah dan Mengantuk


Pada usia kehamilan trimester pertama ibu hamil sering kali merasakan letih, lelah dan ingin tidur terus. Bunda tak perlu takut, karena keadaan ini wajar terjadi pada ibu hamil. Rasa ngantuk dan mudah lelah ini dipengaruhi oleh meningkatnya hormon progesteron dan esterogen ibu hamil selama kehamilan berlangsung. Sebagian orang menganggap lelah dan ngantuk di awal kehamilan ini sebagai gejala flu padahal sebenarnya bukan. Sebaiknya bunda tidak tergesa gesa mengkonsumsi obat flu, konsultasikan dulu kepada dokter atau bidan terdekat.

2. Merasa tak Nyaman


Bertambahnya usia kehamilan membuat sebagian anggota tubuh ibu hamil berubah dari bentuk aslinya. Perut dan payud@r@ merupakan salah satu anggota tubuh yang paling terlihat perubahannya. Semakin membesarnya perut dan p@yud@r@ membuat ibu hamil kurang nyaman saat tidur, terutama bagi mereka yang sering tidur dengan posisi telungkup. Untuk itu, berlatihlah sejak sedini mungkin untuk menerapkan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil agar istirahat tidur bisa nyaman dan berkualitas.

3. Sering Pipis


Tak hanya mudah lelah dan mengantuk, saat hamil bunda akan menjumpai keadaan dimana frekuensi buang air kecil menjadi lebih banyak daripada sebelum hamil. Walaupun terasa kurang begitu nyaman, namun bunda hamil tidak diperkenankan menahan pipis hanya karena malas mondar mandir ke kamar mandi. Mengapa demikian ? karena sering menahan pipis dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Langkah Tepat Mengatasi Lelah dan Mengantuk Saat Hamil


Walaupun tergolong wajar, namun bukan berarti bunda harus pasrah dengan keadaan ini. Bunda bisa melakukan beberapa langkah sederhana yang bermanfaat untuk meringankan rasa letih dan lelah. Untuk informasi lebih detail silakan kunjungi artikel kami dengan judul malas saat hamil dan cara mengatasinya
Selain menerapkan tips tersebut, bunda perlu mendapatkan istirahat malam yang sempurna agar di siang hari tidak terlalu mengantuk. Bagaimana caranya ? simak penjelasan berikut ini :)

Tips agar Ibu Hamil Tidur Nyenyak


Pada umumnya ibu hamil mengalami sulit tidur di malam hari sehingga di siang hari tubuh terasa lelah, letih dan mengantuk. Oleh karena itu, bunda perlu berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas agar di siang hari tidak mengantuk. Lakukan tips berikut ini agar tidur malam Anda nyenyak

Pakai Bantal Khusus


Sebenarnya ini tidak wajib, namun dengan menggunakan bantal khusus ibu hamil setidaknya bunda akan mendapatkan posisi tidur yang lebih nyaman sehingga sedikit atau banyak bisa membantu mengatasi susah tidur. Lalu, dimana Anda bisa memperoleh bantal tersebut ? Silakan cari aja di toko sekitar Anda atau cari di internet, di situ sudah banyak toko  online yang menjualnya.

Konsumsi Makanan Bergizi


Jangan harap bisa tidur nyenyak jika bunda dalam keadaan lapar. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti roti dan biskuit untuk agar tidur malam semakin nyenyak. Selain itu, makanan ringan yang mengandung protein juga baik dikonsumsi karena dapat membantu menaikkan gula darah sehingga bunda lebih merasa nyaman saat tidur.

Relaksasi dan Olahraga


Bunda bisa menerapkan berbagai macam model relaksasi seperti senam yoga dan senam pernapasan agar istirahat malam Anda nyaman. Selain itu, olahraga ringan yang dilakukan secara teratur juga membantu ibu hamil mendapatkan tidur nyenyak di malam hari. Pastikan melakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil, jangan coba - coba melakukan olahraga ekstrim karena sangat beresiko pada keselamatan janin.

Demikian informasi terkait mudah lelah dan mengantuk saat hamil. Semoga informasi singkat di atas bermanfaat..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top