Tips Ibu Hamil Bekerja dengan Aman

Ibu hamil bekerja bukan merupakan sebuah aktivitas yang membahayakan asalkan pekerjaan yang dilakukan tidak menimbulkan keluhan serius pada kehamilan. Pada usia kehamilan muda, umumnya ibu hamil menjumpai keadaan dimana badan terasa letih dan lelah walaupun tidak habis melakukan aktivitas berarti. Apabila di usia ini bunda melakukan pekerjaan berat dikhawatirkan keluhan tersebut menjadi semakin parah.

Bukan berarti ibu hamil tidak boleh bekerja, bunda tetap boleh bekerja asalkan jangan terlalu lelah dan stress. Bekerja rileks dan tidak terlalu berat boleh dan aman dilakukan oleh ibu hamil.

Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa tips agar ibu hamil bekerja dengan aman dan tidak membahayakan janin. Silakan baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi lengkapnya :)

Ibu Hamil Bekerja
image from pixabay

Tips Ibu Hamil Bekerja dengan Aman


Penting kiranya ibu hamil memperhatikan segala aktivitas yang akan dilakukan agar janin di dalam kandungan tetap sehat dan tumbuh berkembang dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, terkadang bunda harus bekerja seharian demi mendapatkan uang. Maka dari itu, cobalah untuk menerapkan tips berikut ini agar pekerjaan anda tidak membahayakan kehamilan

1. Periksa ke Dokter


Periksa ke dokter tidak hanya dilakukan jika ada keluhan, namun berusahalah untuk memeriksakan kehamilan ke dokter secara rutin paling tidak sebulan sekali walaupun tidak ada keluhan yang muncul. Apabila Anda menjumpai keanehan pada kehamilan tidak usah menunggu lama lama, segera saja pergi ke dokter untuk periksa.

2. Bekerja dengan Posisi Duduk Aman


Ibu hamil yang bekerja sebaiknya memperhatikan posisi duduknya. Pastikan bekerja dengan posisi duduk yang nyaman dan aman bagi janin, yaitu duduk dengan posisi punggung bersandar pada kursi. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk mengetik di komputer sebaiknya jangan mengetik dengan posisi membungkuk karena perut mendapatkan tekanan. Untuk informasi lebih jelasnya silakan baca pada post berjudul POSISI DUDUK YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL

3. Memakai Pakaian Longgar


Saat bekerja, jangan pernah malu untuk berpenampilan sebagaimana orang yang hamil karena Anda memang sedang hamil. Pakailah busana yang loggar dan tidak ketat agar aktivitas Anda nyaman. Apabila perusahaan tempat Anda bekerja mengharuskan Anda untuk memakai pakaian seragam, sebaiknya Anda buat seragam yang longgar.

4. Siapkan Sandaran Kaki


Ibu hamil yang bekerja dengan duduk di kursi, sebaiknya selalu menyiapkan sandaran kaki agar kaki tidak menggantung. Kaki yang tergantung dalam waktu lama membuat peredaran darah tak lancar dan kaki menjadi bengkak. Silakan membawa bangku kecil untuk sandaran kaki agar aktivitas bekerja Anda nyaman dan aman.

baca : penyebab kaki bengkak saat hamil

5. Jangan Stress


Bagaimanapun kondisi pekerjaan Anda, bunda harus dingin di dalam menyikapinya, jangan sampai stress. Kendalikan emosi dengan sebaik baiknya agar tidak sampai stress di dalam menghadapi pekerjaan. Menarik napas panjang dan mengeluarkannya perlahan melalui mulut bisa mengurangi kepenatan pikiran dan mengurangi stress. Jika memungkinkan silakan keluar ruangan kerja untuk mencari udara segar agar pikiran segar kembali.

6. Jangan Terlalu Lelah


Apabila pekerjaan yang Anda lakukan tergolong pekerjaan berat, sebaiknya pikirkan dua kali untuk melanjutkannya sebab selama kehamilan berjalan badan sering terasa lelah dan letih, apalagi saat usia kehamilan baru menginjak trimester pertama. Cobalah minta keringanan kepada atasan Anda untuk melakukan pekerjaan yang lebih ringan selama kehamilan berlangsung.

7. Jangan Duduk Terlalu Lama


Ibu hamil bekerja memang boleh, akan tetapi dalam bekerja jangan duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan berbagai macam keluhan kehamilan seperti sakit punggung, sakit tulang belakang, sakit pinggang dan lain lain. Untuk itu, saat Anda bekerja dengan posisi duduk cobalah untuk berdiri dan jalan jalan sebentar agar peredaran darah berjalan lancar.

8. Cukupi Kebutuhan Gizi


Oleh karena aktivitas yang Anda lakukan cukup padat, bunda harus mengimbangi asupan nutrisi tubuh dengan baik. Perbanyak makan buah dan sayur karena kedua bahan makanan tersebut banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Demikian info terkait dengan ibu hamil bekerja yang bisa kami sampaikan. Semoga kehamilan bunda berjalan dengan aman dan nyaman hingga saat persalinan tiba.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top