Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil Waspadalah !!!

Selama menjalani kehamilan banyak hal yang harus dihindari ibu hamil, pasalnya janin dalam kandungan masih sangat sensitif. Bahaya asap rokok bagi ibu hamil tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan. Merokok itu sendiri termasuk salah satu diantara beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil.

Entah sebagai perokok aktif maupun perokok pasif yang pasti asap rokok sangat tidak baik bagi ibu hamil. Mengapa demikian ? karena asap rokok mengandung zat yang dapat membahayakan kesehatan manusia, terlebih lagi bagi janin yang masih sangat lemah. Apabila Anda termasuk perokok aktif, sebaiknya berhenti merokok selama kehamilan berlangsung, syukur syukur dapat berhenti merokok selamanya.

Pemerintah sudah memberi peringatan kepada masyarakat tentang bahaya merokok. Peringatan tersebut ditulis di setiap bungkus rokok, isi peringatan terbaru adalah

" PERINGATAN : MEROKOK MEMBUNUHMU"

setelah sebelumnya mengeluarkan peringatan berbunyi

 " PERINGATAN : MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMP0TENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN"

bahaya-asap-rokok-bagi-ibu-hamil
image from pixabay

Dari situ jelas disebutkan merokok dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan serta berbahaya bagi janin dalam kandungan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih detil mengenai bahaya asap rokok bagi ibu hamil agar semua ibu hamil tidak menganggap remeh pantangan ibu hamil yang satu ini.

Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil


Nikotin yang terkandung di dalam asap rokok sangat membahayakan kesehatan janin, oleh karena itu ibu hamil hendaknya berusaha semaksimal mungkin untuk tidak jadi perokok, baik perokok pasif maupun perokok pasif. Di bawah ini adalah beberapa akibat yang bisa ditimbulkan oleh asap rokok khusus nya bagi janin :

Asap Rokok Menyebabkan Keguguran


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa asap rokok itu mengandung berbagai macam zat yang membahayakan kesehatan janin. Walaupun hanya sebagai perokok pasif, asap rokok tetap berbahaya bagi janin. Akibat terparah yang disebabkan oleh asap rokok adalah terjadinya keguguran kandungan karena janin terkena racun rokok. Selain dapat menyebabkan keguguran, asap rokok dapat menyebabkan kehamilan etopik, yaitu kehamilan dimana embrio berkembang di luar rahim. Kehamilan jenis ini sangat berbahaya, jika tidak mendapat penanganan tepat bisa membahayakan nyawa ibu.
baca juga : akibat keguguran tidak dikuret ternyata berbahaya

Asap Rokok Membuat Perkembangan Janin Terhambat


Bahaya asap rokok bagi ibu hamil berikutnya adalah menghambat pertumbuhan janin. Mengapa bisa begitu ? karena rokok mengandung zat yang kurang menguntungkan bagi janin yaitu nikotin dan tar. Nikotin yang dihirup oleh manusia bisa menyebabkan kualitas oksigen menurun, hal ini sangat tidak menguntungkan janin karena janin dapat memperoleh oksigen hanya dari ibu saja.

Selain itu, nikotin dan tar yang terdapat di dalam asap rokok bisa mengakibatkan pembuluh darah plasenta menyempit. Hal ini sangat tidak baik untuk perkembangan janin karena asupan nutrisi tidak bisa diterima secara optimal. Wal hasil, janin terlahir dengan berat badan tak normal bahkan dibarengi dengan berbagai macam masalah kesehatan.

Asap Rokok Sebabkan Kelahiran Prematur


Masih terkait dengan penjelasan di atas, yaitu asap rokok dapat menghambat asupan oksigen dan nutrisi janin sehingga perkembangan janin tidak dapat berjalan normal. Tumbuh kembang janin tak normal yang dibarengi dengan berbagai macam penyakit bisa menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya (kelahiran prematur). Bayi yang terlahir prematur harus mendapatkan penanganan tepat, kalau tidak maka kondisi kesehatan bayi semakin memburuk dan bahkan bisa meninggal dunia.

Asap Rokok Berpengaruh Pada Perilaku Anak


Sekilas memang tidak ada kaitan antara perilaku anak dengan asap rokok yang dihirup oleh ibu hamil, namun Anda harus tahu bahwa paparan asap rokok itu sangat mempengaruhi perkembangan otak janin. Hal itulah yang dapat mempengaruhi perilaku anak kelak setelah lahir, termasuk diantaranya adalah anak menjadi hiperaktif dan sulit konsentrasi. Tak hanya itu, asap rokok yang dihirup oleh ibu hamil juga bisa menyebabkan perubahan struktur DNA. Hal ini sangat berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh anak terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Bahaya asap rokok bagi ibu hamil dan janin tersebut di atas tidak akan menimpa sang buah hati tercinta apabila Anda tidak menjadi perokok, baik perokok aktif atau perokok pasif. Ibu hamil yang mempunyai suami perokok hendaknya menjauh ketika suami sedang merokok.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top