Bolehkah Ibu Hamil Makan Sayur Rebung ??

Hingga saat ini masih banyak terdengar orang bertanya bolehkah ibu hamil makan sayur rebung ? Hal ini terjadi karena sampai sekarang masih banyak kabar yang menyebutkan bahwa makan rebung saat hamil bisa membahayakan keselamatan janin. Entah dari siapa kabar itu bersumber namun kenyataannya banyak orang yang percaya terhadap mitos itu.

Menjaga dan merawat kehamilan memang penting dan harus dilakukan, namun bukan berarti bunda hamil harus meninggalkan semua jenis makanan yang dianggap membahayakan janin tanpa menelusuri kebenaran kabar itu. Misalnya saja mitos tentang ibu hamil tidak boleh makan cumi, katanya kalau ibu makan cumi nanti bayinya terlahir dengan jari lebih dari lima.

Dari mitos tersebut akhirnya banyak muncul pertanyaan bolehkah ibu hamil akan cumi ? bahkan sebagian orang tidak hanya ragu ragu, tapi mantap seratus persen bahwa makan cumi bisa membuat jari janin tumbuh lebih dari lima. Apakah kabar itu memang benar ?? jawabannya bisa Anda temukan pada artikel kami dengan judul MANFAAT CUMI UNTUK IBU HAMIL DAN JANIN

bolehkah-ibu-hamil-makan-sayur-rebung
 image from pixabay

Kembali ke pokok pembahasan kali ini, yaitu sayur rebung bagi ibu hamil, berbahaya atau justru bermanfaat ? Silakan lanjut membaca untuk mendapatkan informasi selengkapnya :)

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sayur Rebung ?


Rebung adalah tunas akar bambu yang masih kecil dan masih lunak. Masyarakat Indonesia sering kali membuat berbagai macam jenis makanan dengan bahan rebung seperti isi lumpia, sayur santan, dan lain lain. Sayur rebung banyak dijumpai di wilayah Jawa Tengah, terutama di daerah pedesaan yang masih banyak tumbuh bambu.

Sayur rebung tergolong jenis sayur istimewa karena rasanya cukup nikmat, oleh sebab itu lah banyak orang yang suka tak terkecuali ibu hamil. Mitos yang tersebar mengenai bahaya rebung bagi janin membuat banyak ibu hamil yang bertanya tanya bolehkah ibu hamil makan rebung ? Malahan Tak sedikit dari mereka yang fanatik untuk tidak makan sayur rebung selama hamil.

Sampai saat ini kami belum mendapatkan penjelasan secara pasti mengenai bahaya rebung bagi janin, justru menurut penjelasan beberapa pakar makanan, rebung itu mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil. Apabila Anda telah mendapatkan bukti yang menguatkan tentang bahaya makan rebung untuk ibu hamil, silakan tulis di kotak komentar agar orang lain ikut mendapatkan kemanfaatannya.

Manfaat Sayur Rebung untuk Ibu Hamil


Tak hanya enak rasanya, rebung ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang cukup banyak meliputi karbohidrat, protein dan asam amino. Kandungan nutrisi tersebut tentu sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kesehatan dan menangkal berbagai macam jenis penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat rebung bagi manusia

Sebagai Sumber Energi


Karbohidrat dalam sayur rebung mampu menyumbangkan manfaat bagi manusia, salah satunya adalah sebagai sumber energi. Sebagai mana telah kita ketahui, ibu hamil terutama saat usia kehamilan trimester pertama umumnya kekurangan energi dikarenakan mengalami morning sickness yang cukup berat. Salah satu solusi untuk mengatasi itu adalah membuat makanan cemilan dengan bahan rebung yang dapat dikonsumsi tanpa menambah rasa mual. Baca : cemilan mudah dan sehat ibu hamil muda

Menjaga Kesehatan Jantung


Ibu hamil yang mempunyai keluhan penyakit jantung hendaknya segera ditangani dengan oleh medis, mengingat janin dalam kandungan masih sangat tergantung pada ibu. Kalau ibu sering sakit, janin pun akan mengalami hal yang sama. Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda bisa mengkonsumsi sayur rebung karena rebung mengandung lemak tak jenuh yang dapat memperkecil resiko serangan jantung.

Mengatasi Kelebihan Kolesterol


Kalau ada orang tanya kepada kami, bolehkah ibu hamil makan sayur rebung ? maka kami jawab boleh karena kandungan nutrisi dalam sayur rebung cukup banyak, salah satunya adalah lemak tak jenuh yang sangat baik untuk mengontrol meningkatnya lemak jenuh (kolesterol) yang dapat menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh. Janin dalam kandungan sangat membutuhkan lancarnya peredaran darah ibu karena semua zat yang dibutuhkan oleh janin disalurkan oleh ibu ke plasenta melalui darah.

Melancarkan Pencernaan


Ibu hamil tentu tak asing lagi dengan keluhan sembelit (susah buang besar). Mulai dari usia kehamilan trimester pertama hingga trimester akhir bunda sering kali mengalami keluhan ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah mengkonsumsi makanan yang bayak mengandung serat. Sayur rebung bisa Anda jadikan sebagai pilihan, karena mengandung cukup banyak serat.

Dan masih banyak lagi manfaat lain dari sayur rebung yang tidak dapat kami tulis di sini karena keterbatasan waktu dan tempat. Semoga saja penjelasan ini dapat menjadi sebuah pencerahan bagi Anda yang sedang mencari cari informasi mengenai sayur rebung dan dapat menjawab pertanyaan " bolehkah ibu hamil makan sayur rebung ?? "

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top