Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult ? Amankah ?

Selama kehamilan berlangsung ibu hamil harus selektif dalam menentukan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi, pasalnya tidak semua makanan aman bagi janin, ada beberapa jenis makanan yang memperbesar resiko keguguran. Ada kabar yang menyebutkan bahwa yakult tidak termasuk kategori minuman sehat untuk ibu hamil dan janin sehingga banyak dari mereka bertanya tanya bolehkah ibu hamil minum yakult ? berbahayakah ?

Untuk menjawab keraguan Anda kali ini akan kami sajikan informasi seputar minum yakult saat hamil, apakah berbahaya bagi janin atau justru bermanfaat. Baca dengan baik baik  informasi berikut ini hingga selesai agar informasi yang Anda dapatkan tidak setengah setengah dan tidak salah arti.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult ?


Sebelumnya perlu kami sampaikan bahwa yakult adalah produk olahan susu yang diproses dengan sistem fermentasi, yaitu memanfaatkan bakteri Lactobacillus Casei agar kandungan gizi di dalam susu dapat diserap oleh tubuh dengan sempurna. Yakult pertama kali dibuat oleh oleh Doktor Minoru Shirota dari Jepang sekitar tahun 1930an.

bolehkah-ibu-hamil-minum-yakult
image from pixabay

Salah satu manfaat yang diperoleh dengan minum yakult adalah meningkatkan kesehatan tubuh, melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit (susah BAB). Mengenai boleh dan tidaknya ibu hamil minum yakult itu tergantung keadaan, namun pada dasarnya minum yakult ketika sedang hamil itu boleh asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak dan produk yakult tersebut belum kadaluarsa.

Tak hanya boleh, minum yakult saat hamil dalam jumlah wajar justru bermanfaat karena yakult mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi jangan berhenti membaca sampai disini karena kesimpulan artikel ini kami tulis di akhir post.

Kompisi dan Kandungan Yakult


Yakult dibuat dengan bahan utama susu yang difermentasi dengan bakteri lactobacillus Casei Shirota strain. Jangan takut dengan bakteri ini karena bakteri lactobacillus Casei Shirota strain itu stermasuk bakteri baik yang tidak mengganggu kesehatan tubuh manusia. Secara rinci komposisi yakult adalah sebagai berikut :

  • Glukosa, Sukrosa dan Dekrosa ➨ sukrosa yang dipadu dengan dekrosa dan sukrosa menghasilkan rasa manis dan asam yang seimbang
  • Bakteri lactobacillus Casei Shirota strain ➨ bakteri ini digunakan dalam proses fermentasi
  • Susu skim ➨ sebagai bahan utama
  • Air ➨ pembuatan yakult tidak lepas dari penggunaan air
  • Perisa tambahan ➨ agar menghasilkan rasa yakult yang segar

Diproses dengan cara higenis melalui proses fermentasi membuat minuman ini sangat baik untuk kesehatan terutama dalam hal pencernaan. Pada umumnya ibu hamil mengalami kontipasi atau sembelit selama kehamilan, maka dari itu jika ada orang yang masih bertanya tanya bolehkah ibu hamil minum yakult ? jawabnya adalah boleh asal tidak berlebihan.

Manfaat Yakult untuk Ibu Hamil


Produk olahan susu ibu hamil yangbagus adalah susu yang telah melewati proses pasteurisasi. Sebaik apapun produk olahan susu tapi kalau blum melalui proses pasteurisasi maka tidak aman bagi janin karena besar kemungkinan susu tersebut terkontaminsai oleh bakteri berbahaya. Oleh karena yakult telah dipasteurisasi maka yakult justru menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Melancarkan Pencernaan


Jangan heran jika selama hamil Anda sering mengalami sembelit / susah BAB karena hal itu sudah sangat umum dialami ibu hamil. Untuk mengatasi sembelit ibu hamil tidak diperkenankan minum sembarang obat meskipun obat herbal karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif. Cara yang tepat untuk mengatasi sembelit adalah mengkonsumsi makanan kaya serat dan minum minuman pelancar pencernaan termasuk yakult. Sekali lagi kami ingatkan walaupun dapat digunakan untuk mengatasi sembelit namun Anda jangan terlalu banyak minum yakult dan supaya tetap memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Pada usia kehamilan awal ibu hamil sering kali mengalami mual dan muntah terutama di pagi hari. Keadaan ini memang wajar, namun jika dibiarkan bisa berdampak kurang baik pada tubuh, salah satunya adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein pada yakult sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Menyehatkan Usus


Keraguan tentang boleh dan tidaknya ibu hamil minum yakult hingga sekarang memang masih banyak dijumpai, hal ini disebabkan karena ada kabar yang menerangkan bahwa yakult itu mengandung bakteri berbahaya. Perlu kami sampaikan bahwa yakult itu dibuat dengan bantuan bakteri baik yaitu lactobacillus Casei.

Jangan salah menilai bakteri lactobacillus Casei sehingga takut minum yakult, justru dengan bantuan bakteri ini perkembangan bakteri jahat dalam usus semakin tertekan. Selain itu dengan bantuan bakteri baik, kadar racun yang ada di dalam usus dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh melalui feses.

Kesimpulan :
Bolehkah ibu hamil minum yakult ? amankah ? jawabnya adalah boleh asal dengan takaran wajar dan tidak kadaluarsa karena susu yang digunakan untuk membuat yakult sudah dipasteurisasi dan tidak menggunakan bahan pengawet maupun pewarna. Walaupun secara umum minum yakult boleh namun sebaiknya Anda konsultasi dulu ke dokter untuk memastikan apakah kondisi kesehatan Anda aman untuk minum yakult.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top