Efek Samping Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Kemarin kami telah menjawab pertanyaan mengenai "bolehkah ibu hamil makan rambutan ?". Disitu kami jelaskan bahwa makan rambuatan saat hamil itu boleh dan aman, asalkan tidak terlalu banyak. Efek samping buah rambutan untuk ibu hamil akan muncul apabila bunda mengkonsumsinya dalam jumlah terlalu banyak.

Tak bisa dipungkiri, selama kehamilan berlangsung ibu hamil sering keli menjumpai keraguan mengenai jenis makanan yang akan dikonsumsi. Memang sudah sepantasnya ibu hamil mengambil langkah hati hati karena kesehatan janin yang ada di rahimnya akan terganggu apabila ibu hamil sembrono dalam mengkonsumsi makanan tertentu.

Namun demikian, bunda tak usah terlalu takut dengan mitos kehamilan yang banyak tersiar di masyarakat karena tidak semua mitos tersebut benar menurut pandangan medis. Sebut saja sayur rebung, ada mitos yang mengatakan makan sayur rebung saat hamil bisa membuat bayi terlahir dengan banyak bulu. Dengan mitos itu banyak ibu hamil yang takut makan sayur rebung dan bertanya-tanya bolehkah ibu hamil makan sayur rebung ?

efek-samping-buah-rambutan-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Efek Samping Buah Rambutan untuk Ibu Hamil


Sebenarnya makan buah rambutan saat hamil dapat menyumbangkan banyak manfaat, namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek samping. Adapun efek samping buah rambutan untuk ibu hamil jika terlalu banyak dikonsumsi antara lain adalah sebagai berikut :

Meningkatkan kadar gula darah


Bah rambutan mempunyai kadar gula yang cukup tinggi, apalagi kalau sudah terlalu masak. Bagi ibu hamil yang mempunyai keluhan penyakit diabetes, konsumsi rambutan dalam jumlah terlalu banyak dapat memperparah keadaan. Selain itu, kadar gula dalam rambutan mempunyai sifat alkoholic, yaitu kandungan gula akan berubah menjadi alkohol  apabila buah sudah terlalu matang. Maka dari itu, jika Anda ingin makan rambutan silakan makan namun supaya dibatasi jangan terlalu banyak.

Pemicu sakit tenggorokan


Makan rambutan berlebihan bisa meningkatkan resiko terserang sakit tenggorokan, pasalnya kadar gula dan serat dalam buah rambutan terlalu tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, tak ada efek bagi tenggorokan namun jika kebanyakan makan efek pada tenggorokan sering kali muncul. Terlebih lagi jika bunda lagi batuk atau sakit tenggorokan, buah ini dapat memperparah keadaan.

Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil


Efek samping buah rambutan untuk ibu hamil yang kami tulis di atas itu akan sering kali terjadi jika konsumsi buah rambutan terlalu banyak. Jika konsumsi buah rambutan dalam jumlah wajar, justru manfaat yang dapat diperoleh. Adapun manfaat buah rambutan untuk ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai antioksidan ⟹ Kandungan vitamin C dalam buah rambutan sangat baik untuk antioksidan tubuh secara alami sehingga kesehatan tubuh akan tetap terjaga dari serangan penyakit
  • Sumber energi ⟹  Selain mengandung vitamin C, buah rambutan juga mengandung karbohidrat yang berkhasiat sebagai sumber energi manusia
  • Mengoptimalkan penyerapan zat besi ⟹ selain sebagai antioksidan tubuh, vitamin c juga bermanfaat untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi
  • Mencegah anemia ⟹ Karena penyerapan zat besi dapat diserap oleh tubuh dengan optimal maka ibu hamil akan terhindar dari anemia (kurang darah)
  • Menjaga kesehatan tulang ⟹ Rambutan mengandung kalsium dan fosfor yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang ibu serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin
  • Mengatasi sembelit ⟹ Buah rambutan mempunyai kandungan serat cukup tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit selama kehamilan berlangsung.

Itulah efek samping buah rambutan untuk ibu hamil jika dikonsumsi berlebihan dan manfaat rambutan jika dikonsumsi dalam jumlah wajar. Demikian informasi yang dapat kami share, semoga bermanfaat..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top