Kerja di depan Laptop Saat Hamil, Berbahayakah ??

Pada saat ini kerja di depan laptop sudah menjadi pemandangan biasa. Pekerjaan ini lebih banyak dipilih oleh masyarakat karena dirasa tidak terlalu berat. Berbeda dengan kerja di luar ruangan, selain panas dan capek, keringat pun bercucuran sampai seperti habis mandi. Meski demikian hasil yang didapat dari pekerjaan di depan laptop terkadang malah lebih banyak daripada kerja di luar ruangan.

Karena dianggap pekerjaan ringan, banyak kaum hawa yang berlomba lomba mencari dan menciptakan pekerjaan baru melalui laptopnya, baik sebagai penyedia jasa pengetikan, penulis online, blogger, internet marketer dan lain sebagainya. Walau kelihatan santai tapi pekerjaan di depan laptop ini hasilnya cukup mencengangkan. Banyak dari mereka yang mendapatkan puluhan juta per bulan dari kerjanya di depan laptop.

Bagaimana dengan ibu hamil ? apakah kerja di depan laptop dan komputer termasuk pantangan ibu hamil ?? Silakan simak penjelasan berikut ini untuk mengobati keraguan di dalam hati.

kerja-di-depan-laptop-saat-hamil
image fro pixabay

Kerja di depan Laptop Saat Hamil


Banyak orang yang mengatakan bahwa mengoperasikan laptop ketika sedang hamil itu dapat membahayakan kesehatan janin karena paparan radiasi. Awalnya kabar tersebut memang banyak dibenarkan oleh masyarakat bahkan banyak orang pintar yang membenarkan kabar itu. Akan tetapi akhir akhir ini banyak para peneliti yang melakukan penelitian lebih dalam mengenai bahaya paparan radiasi laptop / komputer pada ibu hamil.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa mengoperasikan komputer atau laptop saat sedang hamil tidaklah mengganggu tumbuh kembang janin karena paparan radiasi yang ditimbulkan oleh laptop sangat rendah.

Ada juga orang yang berpendapat bahwa paparan radiasi dari monitor laptop bisa mengakibatkan keguguran, bahkan bisa berpengaruh pada perilaku anak kelak setelah lahir. Benarkah demikian ??

Lagi lagi pernyataan ini terbantahkan dengan adanya bukti paparan radiasi elektromagnetik yang cukup rendah dari laptop. Bunda tak perlu takut dengan pernyataan yang membuat hati takut kecuali telah membuktikan sendiri atau mendapat keterangan dari orang yang ahli di bidangnya. Jika bunda termasuk orang yang bekerja di depan komputer, tak perlu ragu untuk melanjutkan pekerjaan itu selama kehamilan.

Namun demikian, bunda harus tetap waspada, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan laptop atau komputer. Walaupun paparan radiasi kecil tapi kalau dilakukan secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi kesehatan. Bekerjalah di depan laptop seperlunya saja, gak usah digunakan untuk mainan game hingga lupa waktu.

Tips Aman Kerja di depan Laptop


Paparan radiasi yang dihasilkan oleh komputer dan laptop tergolong sangat rendah, hanya sebanding dengan radiasi televisi dan radio, berbeda dengan paparan radiasi ponsel yang dapat membahayakan kesehatan janin. Sering main HP saat hamil sebaiknya dihindari, namun untuk bekerja di depan laptop bunda hamil masih diperbolehkan asal tidak sembarangan.

Sebaiknya lakukan tips ini dalam menggunakan laptop sebagai langkah hati hati :

  • Jangan terlalu berlebihan menggunakan laptop hingga membuat tubuh terasa sangat lelah
  • Jangan letakkan laptop di dekat perut untuk menghindarkan paparan radiasi sekecil apapun kepada janin
  • Saat mengoperasikan laptop hendaknya diletakkan pada tempatnya, jang diletakkan di kaki atau anggota tubuh lainnya karena pancaran panas dari laptop cukup membuat tidak nyaman
  • Segera istirahat jika mata sudah terasa lelah
  • Setting cahaya laptop agak redup (tidak terlalu terang) agar mata tak cepat lelah

Meskipun tergolong aman, bekerja di depan laptop saat hamil perlu dibatasi, jangan berlebihan. Seaman apapun aktivitas tapi bila dilakukan di luar batas normal, efek negatif pasti akan muncul. Perlu Anda ingat ! sebaiknya konsultasikan kehamilan Anda ke dokter sebelum melakukan aktivitas yang membuat hati ragu.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top