Makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil

Diantara sekian jenis makanan ada makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Jangan kaget dengan hal ini karena kehamilan harus dijaga dengan baik hingga persalinan tiba. Apabila bunda sembrono dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi bisa jadi keluhan kehamilan muncul silih berganti yang akhirnya berakibat buruk pada janin.

Tak hanya masalah makanan dan minuman, dalam hal aktivitas pun ibu hamil harus hati hati, jangan sembarangan. Satu misal olahraga, memang olahraga itu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh namun bunda tidak diperkenankan memilih jenis olahraga yang membahayakan kesehatan janin.

Dalam hal memilih makanan, minuman dan gaya hidup, ibu hamil juga harus hati hati, jangan mengkonsumsi minuman beralkohol selama kehamilan berlangsung. Apabila bunda tergolong perokok, sebaiknya hentikan aktivitas tersebut selama hamil, syukur syukur bisa ditinggalkan total hingga akhir hayat, itu akan lebih baik lagi bagi kesehatan.

makanan-yang-tidak-boleh-dimakan-saat-hamil
image from pixabay

Makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil


Agar kehamilan tidak terkendala dengan datangnya berbagai macam masalah, bunda harus selektif dalam memilah dan memilih makanan yang aman bagi janin. Silakan makan makanan sehat ibu hamil dan tinggalkan semua makanan penyebab keguguran. Jangan pernah meremehkan hal ini, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil pada intinya adalah makanan yang dapat menyebabkan kontraksi perut, mengganggu kesehatan janin dan mengandung bakteri berbahaya. Di bawah ini hanyalah beberapa contoh makanan yang perlu dihindari saat hamil :

1. Makanan kotor


Yang dimaksud makanan kotor di sini adalah semua jenis makanan yang mengandung bakteri. Satu misal buah buahan, meski tergolong makanan sehat namun kalau tidak dicuci sebelum dimakan bisa saja terkontaminasi bakteri berbahaya, maka dari itu bunda hamil hendaknya mencuci lebih dahulu buah buahan yang akan dimakan.

Makanan yang telah basi atau setengah basi juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil, pasalnya makanan yang telah basi atau setengah basi itu mulai mengandung banyak bakteri berbahaya. Jangan hanya karena alasan sayang kalau dibuang akhirnya bunda mengolah kembali makanan yang sudah basi lalu dimakan, ini sangat tidak dianjurkan.

2. Makanan mengandung zat kimia


Makanan instan yang ada sekarang ini besar kemungkinan mengandung bahan kimia, seperti bahan pengawet, pewarna dan lainnya. Menghindari seratus persen terhadap jenis makanan tersebut seakan menjadi hal yang mustahil, maka dari itu hendaknya bunda mengurangi makanan instan yang banyak dijual di pasaran.

Akan lebih baik jika bunda memperbanyak makan sayuran daripada mengkonsumsi makanan siap saji , terlebih lagi makanan yang jelas mengandung pengawet dan pewarna kimia. Bagaimana dengan mie ? bolehkah ibu hamil makan mie ? temukan jawabannya pada artikel kami dengan  judul IBU HAMIL MAKAN MIE BOLEHKAH ??

3. Makanan yang memicu kontraksi


Selain jenis makanan yang telah disebutkan di atas, makanan yang memicu terjadinya kontraksi perut juga tergolong makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil, misalnya adalah nanas muda. Buah nanas kalau sudah matang boleh dimakan ibu hamil asalkan tidak terlalu banyak, namun untuk nanas muda sebaiknya dihindari. Mengapa ? karena nanas muda itu banyak mengandung bromelain yang dapat memicu kontraksi perut, bahkan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak ketika usia kehamilan muda bisa saja menjadi pemicu keguguran.

4. Makanan mengandung zat berbahaya


Merkuri termasuk zat berbahaya yang harus dihindari oleh ibu hamil, pasalnya merkuri tidak hanya membahayakan kesehatan ibu tapi juga membahayakan keselamatan janin. Merkuri banyak terdapat pada ikan laut tertentu seperti ikan hiu, ikan todak, ikan makarel raja, ikan tuna sirip kuning, ikan tuna bigeye dan lain lain.

Selain ikan laut Anda juga harus berhati hati dalam mengkonsumsi aneka jenis daging dan telur. Daging dan telur hendaknya dimasak hingga benar benar matang dengan tujuan jika telur dan daging tersebut terkontaminasi bakteri berbahaya seperti tokoplasma dan lainnya maka tidak lagi membahayakan kesehatan dan keselamatan janin.

5. Susu tidak dipasteurisasi


Susu yang tidak dipasteurisasi termasuk makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil karena besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Minum susu selama hamil memang sangat penting karena susu itu mengandung protein yang cukup tinggi sedangkan kebutuhan protein selama hamil juga sangat tinggi.

Maka dari itu, untuk menjaga kehamilan tetap berjalan dengan baik silakan Anda minum susu yang telah dipasteurisasi. Tak usah bingung untuk memilih susu kehamilan karena semua produk susu kehamilan umumnya sudah dibuat sedemikian rupa sehingga cocok diminum ibu hamil. Termasuk susu ibu hamil yang banyak dipilih antara lain adalah prenagen, anmum materna, lactamil dan lain lain. Semua produk susu tersebut mudah sekali didapatkan baik di toko offline maupun online seperti lazada, tokopedia, elevania.com dan toko online lainnya.

Makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil di atas hendaknya dihindari agar tidak banyak muncul keluhan kehamilan berarti. Semoga kehamilan bunda sehat, nyaman dan aman hingga bayi terlahir dengan sehat normal. amiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top