Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Hamil

Manfaaat daun kenikir untuk ibu hamil - Di pagi yang cerah, suasana kehidupan manusia masih terasa sangat menyenangkan, nyaman, sejuk dan damai, tak banyak suara bising yang mengganggu. Namun, jangan kaget di saat Anda sedang hamil, pagi hari justru menjadi saat yang kurang begitu menyenangkan karena bunda hamil harus melawan morning sickness yang cukup berat.

Seberat apapun rintangan menghadang, namun bunda harus tetap kuat, sabar dan tegar di dalam menjalani kehamilan, mengingat amanat telah dipercayakan oleh Sang Khaliq kepada Anda. Jangan pedulikan omongan orang yang menakut nakuti akan beratnya orang hamil. Tetap ciptakan suasana nyaman dan menyenangkan selama hamil bersama sang suami tercinta.

Di dalam merawat kehamilan agar menyenangkan dan tidak banyak keluhan serius, bunda hamil tidak cukup berdiam diri saja, namun perlu ikhtiar (usaha). Salah satu usaha yang perlu dilakukan adalah dengan rutin memeriksakan kehamilan ke dokter atau bidan minimal sebulan sekali, menghindari PANTANGAN MAKANAN SAAT HAMIL dan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi.

Manfaat daun kenikir untuk ibu hamil belum terlalu banyak diketahui oleh masyarakat. Banyak orang yang menganggap bahwa daun kenikir itu hanyalah sayuran biasa yang tidak ada kandungan gizinya. Betapa tidak, daun kenikir hanyalah sayuran liar yang sangat mudah tumbuh di halaman dan kebun meski tanpa dirawat. Harganya pun sangat murah bahkan sangat murah.

manfaat-daun-kenikir-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Tak banyak model masakan hasil olahan daun kenikir, paling paling hanya dibuat sayuran untuk pecel dan gudangan. Namun demikian, banyak orang yang suka makan pecel dan gudangan daun kenikir karena rasanya cukup nikmat dan mampu menambah nafsu makan. Ibu hamil, terkadang merasa ragu, jangan jangan daun kenikir termasuk MAKANAN YANG DILARANG DI SAAT HAMIL, maka disini kami sampaikan bahwa daun kenikir aman dikonsumsi ibu hamil bahkan dapat menyumbangkan banyak manfaat.

Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Hamil


Daun kenikir meskipun kelihatan sederhana tapi mengandung beberapa zat yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil. Walaupun banyak manfaatnya namun ibu hamil harus tetap hati hati, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Pecel dan gudangan daun kenikir yang terlalu banyak dikonsumsi bisa membuat sakit perut dan diare, apalagi bagi mereka yang sensitif terhadap rasa pedas. Jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, manfaat daun kenikir untuk ibu hamil cukup banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Sistem Imunitas


Daun kenikir mempunyai kandungan vitamin A, C dan E yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Vitamin C berkhasiat berkhasiat untuk meningkatkan sistem metabolisme, sedangkan vitamin A dan E membantu memperbaiki, menjaga dan meningkatkan sistem imunitas. Selain itu, daun kenikir juga mengandung protein yang bermanfaat dalam membantu fagosit.

2. Menguatkan Tulang Ibu dan Janin


Daun kenikir mengandung kalsium dan mineral yang cukup banyak sehingga sangat bermanfaat untuk membantu menguatkan tulang ibu serta membantu proses pembentukan tulang dan gigi janin. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menjadikan kenikir sebagai sayuran atau merebusnya lalu air rebusannya diminum dengan diberi sedikit madu murni.

3. Penambah Nafsu Makan


Manfaat daun kenikir untuk ibu hamil berikutnya adalah menambah nafsu makan. Coba bayangkan, apa jadinya kalau ibu hamil susah makan ! janin pasti ikut mendapatkan efek negatifnya. Betapa tidak, janin dalam kandungan itu tidak bisa mencari makanan sendiri, janin sangat bergantung pada ibunya, kalau asupan nutrisi ke tubuh ibu terpenuhi, janin pun dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Daun kenikir tidak hanya enak dibuat pecel dan gudangan sehingga dapat menambah nafsu makan, akan tetapi kenikir juga mengandung senyawa kuersetin yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Dengan meningkatnya nafsu makan, kebutuhan nutrisi ke dalam tubuh pun akan semakin tercukupi.

4. Mengatasi Bau Mulut


Bau mulut segar adalah dambaan setiap manusia, tak terkecuali ibu hamil. Bau mulut tak sedap membuat kita tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut adalah daun kenikir, karena daun kenikir itu mengandung koniferil yang sangat efektif untuk membunuh kuman penyebab bau mulut.

Perhatian !!
Manfaat daun kenikir untuk ibu hamil memang cukup banyak, namun bunda harus tetap hati hati, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Sebaiknya bunda mengkonsumsi daun kenikir yang telah dimasak, jika terpaksa mau meenggunakannya sebagai lalapan sebaiknya dicuci hingga benar benar bersih agar terbebas dari bakteri dan kuman berbahaya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top