Ngidam aneh aneh saat hamil, dituruti atau tidak ?

Ngidam saat hamil memang sudah menjadi hal yang umum terjadi. Ada mitos yang menyebutkan bahwa ibu hamil yang ngidam makanan tertentu kok tidak dituruti maka besuk bayi yang dilahirkan sering ngeces / drooling (air liur menetes keluar dari sudut bibir). Benarkah mitos ini ? sampai sekarang belum ada bukti yang menguatkan mengenai mitos tersebut.

Ngidam membuat anak drooling memang mitos, namun ada fakta lain yang membuat Anda perlu menuruti jika ibu hamil sedang ngidam, penjelasannya segera akan Anda daaptkan setelah membaca artikel ini sampai selesai. Menuruti ibu hamil yang sedang ngidam terkadang memang merepotkan, betapa tidak makanan yang diidamkan itu terkadang adalah buah yang sedang tidak musim.

Suami memang butuh perjuangan untuk menuruti permintaan istri yang lagi ngidam. Kadang kadang harus pergi ke suatu tempat yang jauh hanya untuk mendapatkan buah kecut yang diminta sang istri. Tapi itu gak jadi masalah, karena memang sudah menjadi kewajiban suami untuk mendampingi kehamilan agar berjalan sehat, aman dan nyaman.

ngidam-aneh-aneh-saat-hamil
image from pixabay

Bagaimana jika ngidam aneh aneh saat hamil ?


Seberat apapun usaha yang harus dilakukan untuk mewujudkan idaman istri hamil, tentu suami akan melakukannya. Namun bagaimana jika makanan yang diidamkan itu terlalu aneh aneh ? sulit dicari ? atau membahayakan kesehatan ? perlu dituruti atau diabaikan saja ? coba perhatikan fakta mengenai ngidam berikut ini.

Secara umum alasan mengenai ibu hamil ngidam belum bisa dipastikan. Namun, ada sebuah teori yang menyebutkan alasan mengapa ibu hamil ngidam, yaitu karena tubuh ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang diidamkan. Misalnya saja, tubuh ibu hamil kekurangan protein maka secara otomatis ia mengidamkan makanan yang banyak mengandung protein seperti daging, burger dan lain lain.

Dari situ bisa disimpulkan bahwa, ngidam sat hamil itu sebenarnya tidak menginginkan makanannya tapi kandungan nutrisinya. Teori tersebut memang masuk akal, namun belakangan ini banyak di bantah karena pada kenyataannya tak sedikit ibu hamil yang ngidam sesuatu tanpa bisa diganti dengan makanan lain yang mempunyai kandungan nutrisi sama.

Satu contoh, ada kasus ibu hamil ngidam jeruk kemudian diganti dengan buah lain yang sama sama mengandung vitamin C maka ibu hamil tersebut menolak. Pokoknya ia tetap minta jeruk, lain tidak. Wah jadi repot kan kalau begini ?? lalu bagaimana sikap suami dalam menghadapinya ? apakah harus menuruti kemauan istri atau gimana ?

Istri ngidam aneh aneh, dituruti atau diabaikan ?


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa ibu hamil yang tidak dituruti kemauannya anak sering ngeces hanyalah sebuah mitos yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Anda tidak perlu takut jika tidak bisa menuruti apa yang diidamkan oleh sang istri. Justru sebagai suami harus bisa memilah dan memilih apakah makanan yang dididamkan istri membahayakan kesehatan atau tidak.

Apabila ibu hamil ngidam makanan yang tidak baik untuk ibu hamil dan janin maka wajib bagi Anda untuk tidak menuruti kemauannya. Lho kok kejam amat sih ? bukan masalah kejam atau tidak, tapi ini menyangkut keamanan dan keselamatan janin maupun ibundanya. Apa untungnya jika dengan menuruti kemauan istri ternyata keselamatan janin terancam ? malah menyesal kan ??

Lalu bagaimana jika ibu hamil ngidam makanan yang tidak membahayakan kehamilan ? silakan dituruti agar ibu hamil merasa nyaman dalam menjalani kehamilan. Anda pasti tahu kalau wanita hamil itu perasaannya menjadi lebih sensitif, kalau punya keinginan tidak dituruti nanti malah menganggap suami tidak perhatian, tak tanggung jawab dan lain lain.

Tips jika ibu hamil ngidam aneh aneh


Agar perasaan ibu hamil tetap senang dalam menjalani kehamilan, segala keinginan hendaknya dituruti asalkan tidak membahayakan kehamilan. Apabila ibu hamil ngidam makanan yang kurang baik bagi kesehatan, cobalah untuk memberi pengertian kepadanya dengan kata kata yang menyejukkan hati. Selanjutnya tawarkan makanan pengganti yang kandungan nutrisi dan rasanya mirip dengan makanan yang diidamkan.

Berikut ini adalah contoh cara menyikapi ibu hamil yang mengidamkan makanan kurang cocok bagi kehamilan :

  • Ibu hamil ngidam es krim dengan kandungan lemak tinggi ⇨  bisa diganti dengan es krim yang rendah lemak
  • Ngidam minuman bersoda ⇨ bisa diganti dengan jus buah yang baik untuk ibu hamil
  • Ngidam coklat ⇨ bisa diganti dengan cemilan sehat untuk ibu hamil
  • Ngidam nanas muda ⇨  ganti dengan buah lain yang baik untuk kehamilan

Intinya wanita yang ngidam aneh aneh saat hamil perlu dipertimbangkan dengan bijak. Apabila makanan yang diidamkan membahayakan kesehatan diri dan janinnya maka harus diganti dengan makanan lain. Demi menjaga kehamilan, silakan tanya ke dokter atau konsultasi ke dokter secara rutin.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top