Tanda Tanda Hamil Kosong Anda Wajib Tahu

Hamil kosong atau yang dalam istilah medis disebut dengan BO (Blighted Ovum) adalah salah satu jenis kehamilan tak normal yang cukup mengejutkan. Betapa tidak tanda tanda hamil kosong itu sangat mirip dengan tanda dan gejala kehamilan normal, bahkan test kehamilan pun menunjukkan positif hamil. Hamil kosong terjadi setelah sel telur wanita berhasil dibuahi kemudian menempel pada dinding rahim namun tidak bisa berkembang.

Pada kehamilan ini kantung kehamilan bisa terbentuk, namun embrio tidak berkembang. Wanita yang mengalami kehamilan kosong awalnya menjumpai tanda kehamilan normal seperti meningkatnya hormon HCG, terlambat datang bulan, mual muntah dan lain lain. Hamil kosong akan terdeteksi setelah dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan bantuan USG.

Tanda Hamil Kosong

tanda-tanda-hamil-kosong
image from pixabay

Hamil kosong merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab keguguran kandungan. Jika kehamilan wanita ternyata adalah BO maka entah cepat atau lambat, keguguran pasti terjadi karena embrio sama sekali tidak dapat berkembang. Untuk lebih mengenali ciri hamil kosong berikut kami tuliskan uraian singkat mengenai tanda tanda hamil kosong :

Telat Datang Bulan


Sama dengan kehamilan normal, hamil kosong juga ditengarahi dengan telat haid. Seorang wanita yang mengalami kehamilan baik itu kehamilan normal ataupun kehamilan bermasalah umumnya mengalami telat menstruasi. Pada usia kehamilan awal, bunda belum bisa mengetahui apakah dia mengalami hamil kosong atau tidak.

Test Kehamilan Positif


Wanita yang sedang hamil kosong juga mengalami peningkatan hormon kehamilan (HCG), inilah yang membuat hasil test kehamilan (tes urine) menunjukkan positif hamil. Meningkatnya hormon HCG ini disebabkan karena sel telur telah berhasil dibuahi dan sudah menempel di dinding rahim, bahkan kantung kehamilan sudah terbentuk. Karena itulah tubuh ibu hamil mulai mempersiapkan diri untuk janin sehingga hormon kehamilan meningkat.

Perut Kembung


Perut kembung sering kali dijumpai pada kehamilan kosong. Tak hanya hamil kosong, orang hamil normal pun sering kali menjumpai keluhan sering mengalami perut kembung karena rahim semakin membesar seiring dengan semakin berkembangnya janin dalam kandungan. Kita tidak bisa memastikan apakah perut kembung menjadi tanda hamil kosong atau tidak.

Mual disertai Muntah


Morning sickness (mual dan muntah) tidak hanya dialami oleh ibu hamil normal, namun juga dialami oleh ibu hamil kosong (BO). Tak hanya mual, keluhan lain yang sering dialami ibu hamil pun bakal dialami oleh ibu hamil kosong seperti ngidam, nafsu makan menurun, tubuh terasa letih lelah dan lain sebagainya. Sulit bagi kita untuk mengatahui kehamilan kosong dengan tanda tanda yang muncul di awal kehamilan karena sangat mirip dengan tanda hamil normal.

Pusing


Kepala terasa pusing hampir dirasakan oleh semua ibu hamil, namun sakit kepala yang dialami oleh ibu hamil kosong ini terasa lebih berat daripada sakit kepala ibu hamil normal. Kehamilan kosong sangat sulit dideteksi pada minggu awal kehamilan meskipun dengan bantuan USG karena kantung ketuban pada kasus ini juga terbentuk seperti halnya kehamilan normal.

Selain tanda hamil kosong yang mirip dengan tanda hamil normal di atas, sering kali dijumpai kasus kehamilan kosong yang ditandai dengan terjadinya kram perut hebat bagian bawah disusul dengan pendarahan hebat. Ketika hal ini muncul jangan langsung berpikiran yang aneh aneh, bisa saja ini terjadi bukan karena kehamilan kosong tapi karena faktor lain. Maka dari itu langkah terbaik yang perlu Anda lakukan adalah segera memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan terdekat.

Tanda tanda hamil kosong pada dasarnya sama dengan tanda kehamilan biasa sehingga sangat sulit mendeteksi kehamilan BO di usia awal kehamilan. Kehamilan ini bisa terdeteksi setelah usia kehamilan mencapai 7 hingga 8 minggu dengan menggunakan bantuan USG. Kami sarankan bunda lakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter atau bidan secara rutin sebulan sekali agar jika ada masalah kehamilan dapat terdeteksi sesegera mungkin.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top