Antangin Cair Buat Ibu Hamil Bolehkah ?

Hamil adalah momen istimewa yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri, pasalnya dengan kehamilan kebahagiaan suami istri akan semakin lengkap. Dalam menjaga dan merawat kehamilan, bunda harus ekstra hati hati, sebab janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap segala sesuatu. Apabila menjumpai keluhan, jangan sembarangan minum obat, termasuk saat masuk angin. Lalu, bagaimana dengan antangin cair buat ibu hamil, bolehkah ?

Masuk angin sering kali dialami manusia, ibu hamil pun tak luput dari masuk angin. Di kalangan masyarakat pedesaan,  untuk mengatasi masuk angin sering kali dilakukan dengan cara kerokan. Harapannya, angin dalam tubuh bisa keluar sehingga masuk angin cepat hilang. Secara medis, kerokan tidak lah dianjurkan karena dapat melebarkan pori kulit.

Selain kerokan, masyarakat Indonesia sering kali minum obat herbal untuk mengatasinya, seperti tolak angin dan antangin. Ibu hamil pun banyak yang bertanya tanya apakah mengatasi masuk angin dengan obat herbal tersebut dapat membahayakan kandungan atau tidak. Untuk menjawab keraguan itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang boleh atau tidaknya ibu hamil minum antangin cair.

antangin-cair-buat-ibu-hamil
image from pixabay

Antangin Cair Buat Ibu Hamil


Antangin adalah produk herbal buaran PT Deltomed yang hingga saat ini sudah tersebar hampir di seluruh pelosok Nusantara. Khasiat antangin itu sendiri adalah untuk mengobati masuk angin dan melegakan tenggorokan. Cara minumnya pun cukup simple, yaitu bisa langsung diminum dan bisa digunakan sebagai campurana  teh hangat. Produk ini memang cukup manjur untuk mengatasi masalah masuk angin, mual, perut kembung dan sakit tenggorokan.

Antangin cair terbuat dari berbagai macam ramuan herbal nusantara seperti jahe, madu dan royal jelly. Soal rasa, antangin tidak lah pahit justru rasanya manis melegakan.  Lalu bagaimana dengan ibu hamil. Bolehkah ibu hamil minum antangin cair ? apakah dapat membahayakan janin ? atau justru bermanfaat ??

Dilihat dari komposisi antangin, memang tidak ada bahan yang membahayakan tubuh manusia, namun mengkonsumsi obat masuk angin semisal antangin cair dan tolak angin tidak lah direkomendasikan. Hal itu disebabkan karena janin dalam  kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Tak hanya dokter yang menyarankan hal itu tapi pihak pembuat obat itu sendiri juga memberi peringatan agar tidak dikonsumsi ibu hamil. Apabila Anda sedang masuk angin sebaiknya atasi masuk angin dengan bahan alami racikan sendiri yang terbukti ampuh untuk mengusir angin.

Obat Masuk Angin Alami Buat Ibu Hamil


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi masuk angin, baik dengan obat hasil resep dokter maupun dengan resep alami. Di bawah ini adalah beberapa contoh ramuan alami untuk masuk angin yang sangat cocok buat ibu hamil :

1. Wedhang jahe


Wedhang jahe adalah minuman yang sangat cocok digunakan untuk mengatasi masuk angin. Wedhang jahe yang dimaksud di sini adalah minuman  yang dibuat degan jahe segar, bukan wedhang jahe buatan pabrik. Memang apa bedanya, kan sama sama dibuat dengan jahe ? Memang benar, sama sama berbahan jahe, tapi wedhang jahe buatan pabrik biasanya terlalu manis sehingga membuat tenggorokan serak. Adapun cara untuk membuat wedhang jahe sendiri adalah dengan memanggang jahe kira kira setengah jari, geprek lalu buat minuman dengan campuran gula jawa / gula merah. Silahkan minum saat masih hangat agar tenggorokan lega dan angin kabur.

2. Minyak hangat


Ketika  Anda sedang masuk angin, gunakan minyak hangat untuk mengatasinya. Gosokkan minyak angin atau minyak telon dan sejenisnya pada perut, leher dan dada. Dengan demikian tubuh akan menjadi hangat dan masuk angin segera sembuh. Anda cukup menggosokkan minyak hangat ke bagian tubuh tertentu, tak perlu menggunakannya untuk kerokan.

3. Sup Hangat


Masuk angin ketika sedang hamil juga bisa diredakan dengan mengkonsumsi sup hangat. Tak perlu menggunakan obat yang macam macam untuk mengatasi masuk angin, cukup pilih tiga cara tersebut di atas mana yang paling Anda suka. Jika sudah menerapkan ketiga cara di atas namun masih belum berhasil, silakan gunakan cara lain seperti yang telah kami tulis dalam artikel berjudul cara mengatasi perut begah (kembung) saat hamil

Kesimpulan
Antangin cair buat ibu hamil tidak lah direkomendasikan. Jika Anda menjumpai keluhan kehamilan yang membuat kehamilan Anda terasa tak nyaman segera saja datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat, jangan sembarangan minum obat. Sekian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top