Apakah nanas muda dapat menggugurkan kandungan ? simak penjelasan ini

Apakah nanas muda dapat menggugurkan kandungan ? Pertanyaan ini sering kali muncul dari pasangan suami istri yang sedang hamil, pasalnya banyak beredar kabar bahwa konsumsi nanas muda bisa menyebabkan masalah kehamilan serius bahkan bisa menyebabkan keguguran. Agar kabar tersebut tidak membuat was - was, silakan simak penjelasan yang akan kami tulis pada artikel ini.

Nanas adalah jenis buah yang cukup banyak mengandung vitamin dan mineral, sedangkan kedua zat tersebut sangat dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Di sisi lain, nanas juga mengandung bromealin yang bermanfaat buat ibu hamil dalam hal melemaskan serviks. Akan tetapi bromealin yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh bisa saja menyebabkan masalah kehamilan.

Intinya, nanas untuk ibu hamil itu boleh, asalkan dalam jumlah wajar. Adapun konsumsi nanas dalam jumlah berlebihan bisa saja menjadi pemicu keluhan kehamilan serius, bahkan bisa menjadi penyebab keguguran. Lalu, bagaimana dengan nanas muda ? bolehkah dikonsumsi ibu hamil ? Silakan lanjut membaca.

apakah-nanas-muda-dapat-menggugurkan-kandungan
image from pixabay

Nanas muda bisa menggugurkan kandungan, benarkah ?


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa sebenarnya nanas itu mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil, namun nanas juga mengandung bromealin yang dapat mengganggu kehamilan jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh. Kandungan bromealin pada nanas muda itu lebih tinggi daripada nanas matang, jadi konsumsi dalam jumlah kecil saja sudah menimbulkan efek kurang baik seperti kram perut dan lainnya.

Memang tidak ada pernyataan pasti yang menyebutkan bahwa konsumsi nanas muda pasti membuat keguguran, namun alangkah bijaksananya jika ibu hamil menghindari nanas muda selama kehamilan berlangsung, terutama di saat usia kehamilan trimester pertama. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu banyak bromealin yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Bahaya Nanas untuk Ibu Hamil


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa konsumsi nanas dalam jumlah wajar itu tidak membahayakan kehamilan, namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak apalagi nanas muda maka dapat menyebabkan bahaya kehamilan serius. Di bawah ini adalah kemungkinan yang dapat terjadi jika ibu hamil tidak membatasi diri dalam mengkonsumsi buah nanas :

1. Bayi lahir prematur


Konsumsi nanas berlebihan sama saja memasukkan bromealin terlalu banyak ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan serviks melemah. Hal ini dapat memicu kelahiran sebelum waktunya (kelahiran prematur). Untuk itu, jika Anda suka dengan buah nanas sebaiknya konsumsi nanas tetap dibatasi dan pilih nanas yang sudah matang.

2. Keguguran


Sampai sekarang masih banyak orang yang bertanya - tanya apakah nanas muda dapat menyebabkan keguguran ? Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi nanas muda, apalagi dalam jumlah banyak sama saat sedang hamil itu sangat tidak dianjurkan karena kandungan bromealin dalam nanas muda itu cukup tinggi. Kalaupun Anda mau mengkonsumsi nanas, sebaiknya pilih nanas yang telah matang.

3. Diare

Kandungan serta dalam buah nanas tergolong cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa saja menyebabkan diare. Serat memang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengatasi sembelit, namun jika terlalu banyak efeknya juga kurang baik. Nanas yang dibuat rujak akan memperbesar resiko terkena diare. Penjelasan mengenai makan rujak saat hamil bisa Anda baca bolehkah ibu hamil makan rujak ?

4. Memperparah diabetes


Jika Anda termasuk penderita diabetes, sebaiknya menghindari buah nanas karena kandungan gula di dalam buah nanas tergolong cukup tinggi. Konsumsi nanas terlalu banyak, sama dengan memasukkan banyak zat gula ke dalam tubuh, akibatnya muncul berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya adalah memperparah diabetes. Selain itu, memberi asupan gula terlalu banyak ke dalam tubuh juga dapat menyebabkan obesitas (kelebihan berat badan).

5. Ruam kulit


Selain berbagai macam masalah di atas, konsumsi buah nanas juga dapat menyebabkan ruam kulit. Ruam kulit cukup membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dalam beraktivitas, akibatnya ibu hamil semakin sulit tidur dan badan terasa kurang bugar.

Kesimpulan

Apakah nanas muda dapat menyebabkan keguguran ? Jawabannya sudah jelas tertulis dalam penjelasan di atas. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan kita dalam merawat kehamilan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top