Bolehkah ibu hamil makan tumis kangkung ?

Merawat kehamilan tidak bisa dilakukan sembarangan, pasalnya keluhan kehamilan sering kali muncul jika tidak dirawat dengan baik. Mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara yang tepat untuk merawat kehamilan. Bicara makanan sehat tentu tak luput dari berbagai macam jenis sayuran, tak terkecuali sayur kangkung. Lalu, bolehkah ibu hamil makan tumis kangkung ?

Tak dipungkiri, tumis kangkung merupakan menu masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Meski terkesan sederhana namun soal rasa lidah akan dimanjakan dengan citarasa gurih, manis, pedas dan nikmat. Di sisi lain, ada sebagian ibu hamil yang takut untuk makan tumis kangkung karena khawatir jangan jangan dapat menyebabkan masalah kehamilan.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tumis kangkung bagi ibu hamil, apakah bermanfaat ? atau justru membahayakan kehamilan. Baca hingga selesai agar informasi yang didapat tidak hanya sepotong sepotong.

bolehkah-ibu-hamil-makan-tumis-kangkung
image from pixabay

Ibu hamil makan tumis kangkung, bolehkah ?


Pada dasarnya, aneka sayuran hijau itu mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil. Kangkung pun demikian, kandungan nutrisi di dalamnya juga banyak manfaatnya. Jika Anda bertanya, bolehkah ibu hamil makan kangkung ? jawabnya tentu boleh. Namun, Anda tetap harus membatasinya karena konsumsi makanan jenis apapun kalau berlebihan, efeknya kurang baik.

Oleh karena Anda sedang hamil, sebaiknya jangan membuat tumis kangkung dengan rasa terlalu pedas karena bisa membuat perut mules dan mengacaukan proses pencernaan. Anda bisa membaca informasi lebih terperinci mengenai makan pedas ketika hamil pada artikel berjudul makan pedas saat hamil, bolehkah ?.

Manfaat kangkung untuk ibu hamil


Kangkung adalah jenis sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi diantaranya adalah karbohidrat, serta, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, Vitamin B6, asam folat, kalsium, zat besi , fospor dan lain lain. Dari berbagai macam kandungan gizi tersebut kangkung dapat menyumbangkan manfaat tidak sedikit bagi ibu hamil. Di bawah ini adalah manfaat kangkung untuk ibu hamil yang dapat kami rangkum :

Membantu pertumbuhan tulang janin


Kandungan kalsium di dalam sayur kangkung sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Begitu pula bagi ibu, kalsium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis). untuk memenuhi kebutuhan kalsium,ibu hamil disarankan untuk minum susu kehamilan secara rutin dengan tetap memperhatikan susu ibu hamil yang bagus

Mengatasi letih dan lelah


ketika kehamilan telah Anda alami, sering kali tubuh terasa letih, lelah, pusing bahkan sampai pingsan berkali - kali. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyebab dari keadaan tersebut adalah kurangnya zat besi, maka dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dapat mengatasi hal itu. Kangkung termasuk sayuran yang mengandung zat besi cukup banyak, maka jangan takut untuk makan tumis kangkung.

Membantu melancarkan pencernaan


Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk melancarkan proses pencernaan. Sering kali dijumpai ibu hamil yang mengalami sembelit (susah BAB), maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Di situlah peran kangkung dalam melancarkan pencernaan, yaitu dengan adanya kandungan serat.

Membantu perkembangan syaraf janin


Janin membutuhkan asam folat untuk membantu perkembangan syarafnya. kekurangan asam folat bisa mengakibatkan kelainan pada sistem syaraf. Maka dari itu, ibu hamil harus benar benar memperhatikan hal ini, cukupi kebutuhan asam folat selama kehamilan berlangsung, jangan sampai kekurangan agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan.

Kesimpulan
Bolehkah ibu hamil makan tumis kangkung ? Boleh, asalkan tidak terlalu berlebihan dan dimasak dengan cara yang benar. Sebelum dimasak, pastikan kangkung telah dicuci sampai benar benar bersih, kemudian masak dengan rasa tak terlalu pedas agar tidak mengganggu proses pencernaan. Demikan semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top