Ciri Ciri Orang Hamil 1 Bulan dilihat dari Perubahan Fisik

Ciri orang hamil 1 bulan - Ketika wanita telah hamil, perubahan fisik pun akan segera terlihat. Jika sebelum hamil, bunda tidak mual dan muntah, kali ini mual dan muntah hampir dialami setiap pagi. Keadaan ini bukan lah sesuatu yang perlu ditakuti karena hampir semua ibu hamil mengalaminya. Langkah tepat yang harus Anda lakukan setelah mengetahui kalau diri Anda hamil adalah segera datang ke dokter atau bidan untuk memeriksakan kehamilan.

Selama kehamilan berlangsung, Anda tidak boleh sembarangan melakukan aktivitas mengingat janin dalam kandungan masih sangat sensitif, terutama pada saat usai kehamilan baru 3 bulan pertama (trimester pertama). Masih sering dijumpai ada ibu hamil yang terlalu sembrono dalam melakukan aktivitas dan atau mengkonsumsi makanan sehingga terjadi masalah kehamilan yang cukup serius.

Untuk itu, diperlukan pengetahuan sejak sedini mungkin tentang ciri orang hamil agar kehamilan segera terdeteksi, syukur sebelum 1 bulan sudah bisa terdeteksi. Pada artikel ini kami akan sampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tanda kehamilan jika dilihat dari perubahan fisik. Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

ciri-ciri-orang-hamil-1-bulan
image from pixabay

Ciri Orang Hamil 1 Bulan


Ada perubahan yang muncul pada fisik wanita yang sedang hamil. Perubahan ini sering kali disebut sebut sebagai ciri kehamilan atau gejala kehamilan. Ketika gejala hamil ini telah muncul, silakan tes kehamilan dengan menggunakan testpack untuk meyakinkan apakah Anda benar - benar hamil. Mungkin anda perlu tahu kapan testpack bisa menunjukkan hasil akurat, untuk itu silakan baca kapan testpack bisa mendeteksi kehamilan dengan akurat ?

Ciri Hamil dilihat dari Fisik


Tanda - tanda wanita hamil akan tampak semakin jelas seiring berjalannya waktu. Perubahan paling mendasar yang sering dijadikan pedoman oleh kebanyakan orang sebagai ciri hamil adalah terlambat datang bulan. Sudah bisa dipastikan kalau wanita itu sedang hamil pasti telat haid, namun kehamilan bukan lah satu - satunya penyebab telat haid. Telat haid bisa saja disebabkan oleh faktor lain.

Untuk itu, untuk memastikan kehamilan jangan hanya berpedoman pada terlambat datang bulan. Kenali ciri ciri orang hamil 1 bulan yang lain dengan mencari informasi baik secara online maupun offline. Berikut ini adalah beberapa perubahan fisik wanita yang sering dikaitkan dengan tanda hamil.

Mual disertai muntah


Gejala kehamilan yang paling banyak dialami oleh ibu hamil adalah morning sickness (mual muntah). Sesuai dengan namanya, rasa mual ini sering kali muncul di waktu pagi, meski sebagian ibu hamil ada yang mengalaminya tanpa mengenal waktu. Mual disertai muntah bisa saja disebabkan oleh faktor lain, maka jangan buru - buru menyatakan kehamilan hanya karena mengalami mual dan muntah.

Morning sickness adalah hal wajar yang tidak perlu Anda cemaskan. Jika morning sickness berlangsung sangat berat, Anda tidak boleh minum obat sembarangan tapi harus dengan resep dokter. Di sisi lain, ada wanita hamil yang tidak mengalami morning sickness sama sekali. Keadaan tersebut justru membuat hati was - awas karena tidak sama dengan umumnya ibu hamil. Sebenarnya keadaan itu bahaya atau tidak sih ? silakan baca penjelasannya hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?

Keluar bercak darah disertai kram perut ringan


Sekitar seminggu setelah proses pembuahan, bercak darah keluar dari jalan lahir dengan disertai kram perut ringan. Bercak darah ini bukan lah menstruasi tapi darah akibat implantasi bleeding. Keluarnya bercak darah di awal kehamilan ini tergolong aman, namun Anda harus memperhatikan lama, volume bercak darah yang keluar dan gejala lain yang menyertai.

Bercak darah tanda kehamilan keluar dalam jumlah wajar dan tidak berlangsung terus menerus. Seiring dengan keluarnya bercak darah, biasanya ibu hamil juga merasakan kram perut ringan. Ingat ! hanya kram ringan. Apabila bercak darah keluar terlalu banyak, tak kunjung henti dan dibarengi dengan kram perut hebat silakan segera datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan.

Perubahan bentuk tubuh


Ciri ciri orang hamil 1 bulan yang lain adalah terjadi perubahan di beberapa anggota tubuh. Perubahan paling mencolok adalah bagian p@yud@r* yang terlihat semakin membesar dan semakin sensitif. Tak seperti biasa, p@yud@r* ibu hamil benar benar menjadi sensitif, bahkan hanya terkena sentuhan kain saja sudah terasa. Selain itu, daerah sekitar put!n9 juga mengalami perubahan, yaitu menjadi semakin gelap dan terkadang terasa gatal - gatal. Bagian tubuh seperti lengan, paha dan b0k0n9 juga menjadi semakin besar, namun di usai kehamilan 1 bulan belum begitu tampak.

Telat Haid


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa telat datang bulan adalah tanda kehamilan yang paling umum diketahui oleh masyarakat, namun sebenarnya telat haid ini bisa saja disebabkan oleh faktor lain. Maka dari itu, perlu dilihat tanda kehamilan lain untuk mengetahui apakah telat haid itu disebabkan karena kehamilan atau bukan. Anda juga bisa langsung memastikan kehamilan dengan testpack atau pengujian kehamilan lainnya.

Selain empat ciri orang hamil di atas, masih ada tanda dan gejala kehamilan lain seperti :
⤇ Sering buang air kecil
⤇ Ngidam makanan tertentu
⤇ Tubuh terasa letih dan lelah walaupun tidak habis melakukan aktivitas berarti
⤇ Sembelit (susah BAB)
⤇ Suhu basal tubuh meningkat
⤇ Perubahan mood
⤇ dan lain lain

Itulah ciri ciri orang hamil 1 bulan yang sering dialami oleh kebanyakan wanita. Setelah tanda kehamilan muncul, segera pastikan kehamilan dengan menggunakan testpack atau langsung periksa ke dokter dan atau bidan. Selanjutnya rawat kehamilan dengan sebaik - baiknya agar tidak banyak keluhan yang muncul dan kehamilan terasa menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top