Efek Minum Susu Kambing untuk Ibu Hamil

Susu kambing merupakan salah satu jenis susu yang banyak mengandung nutrisi bermanfaat diantaranya, kalsium, zat besi, protein, fospor, laktosa, nitrogen, dan vitamin. Nutrisi yang terkandung di dalam susu kambing bisa dikatakan cukup lengkap sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, namun efek minum susu kambing untuk ibu hamil harus tetap anda waspadai agar tidak sampai terjadi masalah kehamilan yang menyebalkan.

Di balik segudang manfaat yang tersimpan di dalam susu kambing, ternyata kepopuleran susu kambing tidak seperti susu sapi yang kian hari semakin dibutuhkan manusia. Hingga sekarang, terutama di Indonesia susu kambing masih belum banyak diminati bahkan ada orang yang tidak mau minum susu kambing entah dengan alasan apa.

Perlu Anda ketahui bahwa susu kambing itu sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi susu kambing. Simak penjelasan berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkap seputar susu kambing.

efek-minum-susu-kambing-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Minum Susu Kambing


Dari sekian banyak manfaat yang disumbangkan oleh susu kambing, ada beberapa poin yang cukup menarik. Di bawah ini adalah beberapa manfaat susu kambing yang cukup menarik hati tak terkecuali untuk ibu hamil, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Susu Kambing bisa meningkatkan kecerdasan otak


Salah satu manfaat minum susu kambing saat hamil adalah meningkatkan kecerdasan janin kelak setelah lahir.Hal itu disebabkan karena kandungan nutrisi yang cukup banyak dalam susu kambing. Jadi, minum susu kambing selama kehamilan berlangsung itu sangat baik asalkan diminum dengan cara yang benar. Pastikan susu kambing yang Anda minum adalah susu yang sudah dipasteurisasi karena susu murni yang tidak dipasteurisasi bisa membahayakan kesehatan janin. Untuk informasi lebih lengkap silahkan baca susu murni apakah baik untuk ibu hamil ?

2. Menjaga kesehatan tubuh ibu hamil


Terlepas dari efek minum susu kambing saat hamil, banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsinya secara rutin. Protein yang terkandung dalam susu kambing cukup baik untuk menjaga kehamilan tetap sehat, segar dan bugar. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein saat hamil, janin pun akan tumbuh berkembang dengan baik. Sekali lagi kami ingatkan bahwa susu kambing yang akan Anda konsumsi harus benar benar telah di dipasteurisasi.

3. Membantu perkembangan tulang janin


Setiap ibu hamil membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak dibandingkan wanita biasa. Salah satu manfaat kalsium bagi janin adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi, sedangkan bagi ibu kalsium berguna untuk menguatkan tulang agar tidak sampai mengalami pengeroposan tulang (esteoporosis). Kanadungan kalsium dalam susu kambing sangat tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi selama hamil.

Efek Minum Susu Kambing saat Hamil


Selain manfaat tersebut di atas, masih banyak lagi manfaat susu kambing bagi manusia termasuk ibu hamil. Jika kita melihat sisi manfaat, susu kambing memang banyak sekali manfaatnya, namun Anda harus tetap waspada karena di balik manfaat yang begitu banyak, ternyata susu kambing juga mempunyai efek samping. Di bawah ini adalah beberapa efek minum susu kambing untuk ibu hamil :

Menyebabkan alergi


Susu adalah jenis minuman yang mempunyai kandungan protein cukup tinggi sehingga dapat mengakibatkan alergi pada sebagian orang. Jika Anda tergolong orang yang punya alergi susu sebaiknya tidak usah nekad minum susu kambing karena cukup membuat badan tak nyaman. Sebaiknya Anda konsumsi makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti susu, silakan baca kalsium untuk ibu hamil selain susu

Menyebabkan pusing


Minum susu kambing terkadang membuat kepala terasa pusing ringan. Walaupun ringan, tapi cukup membuat tubuh terasa tak nyaman, maka jangan berlebihan dalam minum susu. Sakit kepala ini disebabkan oleh proses detoksifikasi yang butuh banyak oksigen. Kepala pusing ini biasa terjadi pada mereka yang memiliki kadar gula rendah.

Memperparah Morning sickness


Sebagaimana kita tahu bahwa selama kehamilan usia trimester pertama, ibu hamil akan mengalami morning sickness (mual muntah) yang membuat tubuhnya lemes, letih dan lelah. Salah satu efek minum susu kambing untuk ibu hamil adalah memperparah morning sickness itu, maka bunda harus waspada dan hati hati. Kalau diperkirakan minum susu membuat tambah mual sebaiknya tidak usah minum susu dan konsumsilah makanan penghilang dan pencegah mual

Susah tidur


Minum susu kambing membuat semangat Anda meningkat sehingga di malam hari sulit untuk tidur. Untuk mengantisipasi hal ini, jangan minum susu kambing menjelang tidur. Terkadang setelah minum susu kambing tubuh terasa panas dan berkeringat sehingga susah untuk tidur. Namun demikian ada sebagian orang yang tidak merasakan efek ini.

Efek minum susu kambing untuk ibu hamil yang paling menakutkan adalah janin terkena serangan bakteri berbahaya karena susu yang dikonsumsi belum atau tidak dipasteurisasi. Oleh karena itu, sebelum diminum pastikan susu sudah dipasteurisasi. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top