Flek Coklat Sebelum Haid, Berbahayakah ?

Keluarnya flek coklat sebelum haid terkadang membuat hati menjadi was was, apakah ini pertanda bahaya atau bukan. Entah apapun yang menyebabkan keadaan ini, kita harus selalu waspada agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan. Apalagi kalau keluarnya flek coklat disertai dengan kram perut hebat, Anda perlu ekstra hati hati.

Langkah paling tepat jika flek coklat keluar sebelum haid terjadi, apalagi disertai dengan kram perut hebat adalah segera datang ke dokter untuk berkonsultasi. Jika Anda telah yakin bahwa apa yang Anda alami tidak membahayakan diri, itu sangat baik. Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda memastikan kesehatan ke dokter terdekat.

Pada kesempatan kali ini kami akan tuliskan informasi seputar flek coklat yang keluar dari jalan lahir sebelum menstruasi dengan tujuan agar kita semakin waspada dalam menjaga kesehatan tubuh. Silakan baca artikel hingga selesai agar informasi yang Anda dapat tidak hanya sepotong sepotong.

flek-coklat-sebelum-haid
image from pixabay

Flek Coklat Sebelum Haid


Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa saat haid, wanita mengalami beberapa hal yang membuat dirinya tidak nyaman, seperti kram perut ringan, mood jadi kacau, sakit kepala, area punggung sakit, sering pipis, jerawat bermunculan, badan letih dan sulit untuk berkonsentrasi. Siklus menstruasi setiap wanita itu berbeda beda, tapi kebanyakan ada pada kisaran 4 hingga 7 hari.

Sebagian wanita mempunyai siklus haid teratur sehingga dapat segera mendeteksi apabila terjadi kelainan dalam siklus haidnya, misalnya, keluar flek coklat sebelum masa haid sehingga ia akan segera mencari tahu apa yang membuat dirinya mengalami flek coklat. Namun ada juga wanita yang mempunyai siklus haid tidak teratur sehingga sulit mendeteksi jika ada kelainan yang muncul, apabila keluar flek justru dikira sebagai darah haid.

Perlu kami sampaikan bahwa sebenarnya haid / menstruasi itu bisa dilihat dari warna darah yang dikeluarkan melalui jalan lahir. Darah haid cenderung merah kehitaman, kaum hawa pasti sudah hafal dengan hal ini. Dengan mengenali warna darah haid, kita bisa dengan mudah segera mendeteksi jika terjadi pendarahan yang tidak normal.

Mengapa mengalami flek coklat sebelum haid ?


Flek coklat yang muncul sebelum siklus haid tiba disebabkan oleh banyak faktor. Dari beberapa sebab keluarnya felek coklat, ada yang aman dan ada yang cukup berbahaya, jadi Anda harus tetap waspada. Di bawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan kaum hawa mengalami flek coklat jelang masa haid tiba.

Kelelahan dan Stress


Flek coklat sebelum haid bisa saja disebabkan karena wanita terlalu lelah, baik lelah secara fisik maupun lelah pikiran (stress). Kondisi tubuh yang terlalu lelah bisa membuat otak tidak bisa mengatur siklus haid dapat teratur sebagaimana biasa. Inilah kemungkinan pertama yang menyebabkan flek keluar sebelum masa haid tiba. Dalam kasus ini, flek coklat bukan sebagai tanda bahaya, Anda cukup istirahat cukup agar keadaan segera normal.

Flek Coklat Kehamilan


Munculnya flek coklat sebelum masa haid bisa juga disebabkan karena kehamilan. Pendarahan ini disebabkan karena proses implatasi bleeding (menempelnya embrio pada dinding rahim). Flek ini keluar dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, paling hanya 2 sampai 3 hari. Untuk lebih jelasnya silakan Anda simak penjelasan mengenai BERCAK DARAH TANDA KEHAMILAN, BERAPA LAMA ?

Perimenopause


Perimenopause adalah masa jelang menopause yang biasa terjadi pada wanita usia 40 an tahun. Ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa pada masa transisi menuju menopause ini, wanita mengeluarkan flek coklat sebelum masa haidnya tiba. Keadaan ini tergolong normal sebab keluarnya flek coklat sebelum haid terjadi karena wanita sudah tidak mengalami ovulasi lagi.

Efek Samping P!l KB


Ketika Anda memutuskan untuk menunda kehamilan dengan menggunakan p!l KB, bisa jadi efek samping yang ditimbulkan adalah muncul flek coklat yang keluar dari jalan lahir. Tak hanya p!l KB, alat k0ntr*sepsi lainnya terkadang juga menimbulkan efek yang sama. Oleh karena itu, untuk menghindari hal yang tak diinginkan sebaiknya lakukan KB sesuai petunjuk dan arahan dari dokter. Jika Anda takut melakukan program KB dengan berbagai macam alat k0ntr*sepsi yang ada, Anda bisa menggunakan cara sederhana seperti yang telah kami tulis pada AGAR TIDAK HAMIL SETELAH BERCINTA

Terkena polip


Selai alasan tersebut di atas, flek coklat juga bisa disebabkan karena polip yaitu sel tumor jinak yang ada di dalam rahim wanita. Meski tergolong tumor jinak, namun Anda harus segera mendapatkan penanganan yang tepat agar polip tidak berkembang menjadi penyakit yang membahayakan diri. Silakan konsultasi ke dokter guna mendapat saran penanganan terbaik.

Waspada Terhadap Flek Coklat


Dari berbagai macam alasan tersebut di atas, keluarnya flek coklat sebelum haid umumnya terjadi karena hal yang tidak membahayakan tubuh, namun ada satu atau dua sebab yang mengharuskan Anda untuk mendapatkan penanganan tepat dari dokter. Salah satu misal adalah flek coklat yang disertai dengan keluhan lain seperti rasa perih dan terjadi pendarahan saat habis bercinta, bisa jadi ini disebabkan karena sindrom ovarium polikistik atau peradangan daerah panggul.

  • Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keluarnya flek jelang menstruasi. Antara lain adalah sebagai berikut :
  • Menjaga pola makan sehat agar tidak sampai kelebihan berat badan
  • Jangan stress
  • Pilih alat k0ntr*sepsi yang dianjurkan oleh dokter
  • Periksa secara rutin ke dokter

Apabila flek coklat sebelum haid tak segera teratasi, segera saja periksa ke dokter. Dengan demikian, jika ada masalah kesehatan maka akan segera terdeteksi sejak dini.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top