Hal Hal yang Dapat Menggugurkan Kandungan

Hal yang dapat menggugurkan kandungan - Seorang wanita yang sedang hamil tentu harus berusaha semaksimal mungkin utnuk menjaga dan merawat kehamilan agar tidak sampai terjadi keguguran. Sembrono dalam melakukan aktivitas dan mengkonsumsi makanan sering kali menjadi penyebab terjadinya keguguran, maka ibu hamil harus benar benar tahu hal apa saja yang bisa menyebabkan keguguran.

Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, bunda perlu melakukan tips kesehatan selama kehamilan berlangsung. Selanjutnya bunda harus menghindari semua hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil. Hal ini penting, karena sudah cukup banyak wanita hamil yang mengalami masalah kehamilan serius bahkan sampai mengalami keguguran gara - gara melakukan hal yang sembrono.

Pada kesempatan ali ini, kami akan menuliskan beberapa hal yang dapat menggugurkan kandungan. Silakan dibaca hingga selesai, selanjutnya hindari semua hal itu sejauh - jauhnya.

hal-hal-yang-dapat-meyebabkan-keguguran
image from pixabay

Hal yang Dapat Menggugurkan Kandungan


Selama kehamilan, bunda harus melakoni pola hidup yang sehat dan menghindari semua pantangan makanan saat hamil. Hal hal yang perlu diperhatikan selama kehamilan meliputi, makanan , minuman, pola hidup, dan lain - lain. Aktivitas yang kelihatan baik, bisa saja menjadi petaka kehamilan jika bunda tidak berhati - hati.

Aktivitas yang bisa menggugurkan kandungan


Dalam beraktivitas, bunda harus berhati hati. Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa, aktivitas yang sebenarnya bermanfaat terkadang malah menjadi petaka kehamilan yang mengerikan apabila dilakukan dengan sembrono. Di bawah ini adalah beberapa aktivitas yang perlu Anda pertimbangkan selama kehamilan berlangsung sebagai langkah hati - hati agar tidak sampai terjadi keguguran.

1. Olahraga tertentu


Olahraga merupakan aktivitas yang sangat baik untuk menjaga kesehatan  dan kebugaran tubuh, tak terkecuali bagi ibu hamil. Namun, ibu hamil tidak boleh sembarangan memilih jenis olahraga yang akan dilakoni, pasalnya beberapa jenis olahraga tergolong sangat ekstrem dan membahayakan kehamilan. Olahraga yang tidak aman bagi ibu hamil adalah olahraga yang memakai gerakan mengangkat beban berat, loncat - loncat, lari jarak jauh dan lain lain.

Sedangkan olahraga yang aman dan cocok dilakukan oleh ibu hamil antara lain adalah jalan jalan, senam, senam pernapasan dan lain lain. Informasi selengkapnya bisa Anda baca pada olahraga yang aman untuk ibu hamil

Meskipun Anda telah memilih olahraga yang aman, namun tidak menutup kemungkinan Anda jumpai keadaan drop, maksudnya saat melakukan aktivitas olahraga tubuh terasa sangat lelah seakan tenaga habis terkuras. Jika Anda menjumpai keadaan itu sebaiknya segera hentikan aktivitas olahraga Anda dan segeralah untuk istirahat. Olahraga bisa dilanjutkan di lain hari.

2. Naik motor jarak jauh


Naik motor jarak jauh terutama pada usia kehamilan trimester pertama termasuk hal yang dapat menggugurkan kandungan, pasalnya kehamilan di usia itu belum terlalu kuat. Belum lagi kalau jalan yang dilewati itu licin dan bergelombang, resiko terjadi keguguran sangat tinggi. Maka dari itu, jika Anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya jangan naik motor, tapi pilihlah transportasi yang lebih nyaman. Untuk informasi lebih lengkap mengenai naik motor saat hamil, silakan baca hamil muda naik motor jarak jauh, amankah ?

3. Memakai sepatu hak tinggi


Sebagai kaum hawa, memakai sepatu atau sandal dengan hak tinggi memang dapat menambah cantik penampilan. Akan tetapi jika Anda sedang hamil sebaiknya menghindari hal ini. Mengapa demikian ? karena memakai sepatu hak tinggi sangat rawan terpeleset dan akhirnya berakibat fatal pada kehamilan. Selain tidak memakai sepatu hak tinggi, sebaiknya bunda juga menghindari pakaian ketat.

4. Melakukan aktivitas berat


Orang hidup perlu bekerja demi mendapatkan apa yang dicita - citakan. Meskipun sedang hamil, tak jarang diantara mereka yang tetap bekerja sebagaimana biasa. Ibu hamil diharapkan untuk tidak bekerja terlalu berat mengingat ada makhluk yang sedang berada di dalam rahimnya. Jika ibu hamil tetap melakukan aktivitas berat seperti mengangkat beban dan sejenisnya, bisa saja kehamilan akan terganggu.

Makanan yang dapat menyebabkan keguguran


Selain aktiviats, bunda juga harus benar benar memperhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi, pasalnya ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan masalah kehamilan, bahkan ada yang sampai mengakibatkan keguguran. Silakan simak penjelasannya di bawah ini :

1. Makanan dan minuman berkafein


Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebenarnya tidak apa - apa, asalkan dalam batas wajar, akan tetapi konsumsi makanan dan minuman berkafein dalam jumlah banyak itu termasuk hal hal yang daat menyebabkan keguguran. Ibu hamil yang mengkonsumsi kefaein terlalu  banyak akan berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungannya, terutama dalam hal detak jantung. Kafein dijumpai dalam beberapa jenis minuman seperti kopi, teh, ice cream dan lain lain.

2. Minuman bersoda


Seperti halnya mengkonsumsi kafein, konsumsi minuman bersoda aman dilakukan oleh ibu hamil asalkan dalam batas wajar. Sedangkan konsumsi minuman bersoda dalam jumlah berlebihan bisa saja menjadi malapetaka kehamilan yang menakutkan. Pada umumnya minuman bersoda itu mengandung gula, bahan pengawet, kafein, karbonat, asam dan fosfat. Melihat dari kandungannya, jika ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi maka akan muncul berbagai macam masalah kesehatan baik pada ibu maupun janin.

3. Minuman keras


Minuman keras tidak hanya membahayakan kesehatan ibu hamil, tapi semua orang sangat tidak dianjurkan mengkonsumsinya. Kalau orang tua saja tidak bila minum minuman keras, apalagi janin yang masih dalam kandungan ? tentu lebih bahaya. Alkohol yang terdapat di dalam minuman keras bisa saja mengakibatkan keguguran, maka sebisa mungkin jauhi minum minuman keras selama kehamilan berlangsung, syukur - syukur bisa berhenti selamanya.

4. Makanan tidak dicuci


Menjaga kebersihan  makanan yang akan dikonsumsi harus benar benar diperhatikan. Jenis makanan yang dikonsumsi dalam keadaan mentah, baik itu berupa lalapan maupun buah - buahan sebaiknya dicuci hingga benar benar bersih agar tidak sampai ada bakteri berbahaya yang ikut termakan. Selain itu, ibu hamil juga perlu menghindari makanan mentah atau setengah matang karena sangat rawan terkontaminasi bakteri berbahaya.

Hal hal yang dapat menyebabkan keguguran kandungan di atas belum bisa kami tulis secara lengkap karena keterbatasan waktu dan tempat. Untuk lebih lengkapnya, silakan Anda datang ke dokter untuk berkonsultasi. Demikian semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top