Ibu Hamil Makan Indomie, Berbahayakah ?

Ibu hamil makan indomie - Bicara soal mie, seakan tak lepas dari merk mie instan yang cukup populer di tanah air, apalagi kalau bukan indomie. Hampir semua masyarakat di tanah air suka dengan mie yang satu ini. Hal itu disebabkan karena citarasa yang disuguhkan oleh indomie benar - benar nikmat dan lezat.

Sebagian masyarakat ada yang menjadikan indomie sebagai hidangan tambahan di malam hari untuk memecah suasana dingin bersama keluarga. Ada juga yang menjadikan hasil olahan indomie sebagai menu sarapan pagi sebagai ganti nasi. Indomie adalah makanan praktis dan mudah dibuat yang sering kali dijadikan sebagai pengganti nasi oleh sebagian masyarakat.

Bagaimana kalau kita sedang hamil, bolehkah ibu hamil makan indomie ? Silakan Anda baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi seputar makan mie instan semasa hamil.

ibu-hamil-makan-indomie
image from pixabay

Ibu Hamil Makan Indomie


Santer terdengar kabar bahwa makan indomie saat hamil itu kurang bagus, bahkan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan serius. Apakah kabar tersebut benar ? tunggu dulu, jangan langsung membenarkan. Mari kita ungkap kebenaran kabar tersebut, apakah memang benar seperti itu atau hanya mitos belaka. Untuk itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengungkap kebenaran kabar tersebut adalah melihat komposisi dari indomie.

Komposisi Indomie


Jika kita lihat daftar komposisi indomie yang tertulis di kemasan, bahan utama yang digunakan untuk membuat indomie adalah tepung terigu kualitas baik. Sedangkan bahan untuk pembuatan bumbu dan minyak adalah bumbu khas Nusantara seperti bawang merah, bawang putih, lada dan lainnya. Melihat dari komposisi tersebut, kandungan gizi dalam mi justru sangat bermanfaat untuk mensuply nutrisi ibu hamil.

Akan tetapi jika kita cermati lebih jauh, pembuatan indomie itu juga menggunakan bahan pengawet dan bahan perasa buatan. Kedua bahan inilah yang perlu Anda waspadai karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat - zat tertentu. Kesimpulannya, ibu hamil makan indomie itu boleh asalkan tidak terlalu sering dan menerapkan cara masak mie yang benar. Bagaimana cara memasak mie instan yang benar itu ? Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Tips cara memasak indomie biar aman


Cara pengolahan mie instan jenis apapun perlu diperhatikan, apalagi untuk ibu hamil. Intinya, kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalkan bahan pengawet dan bahan perasa buatan yang akan masuk ke dalam tubuh. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kandungan bahan pengawet dalam indomie.

1. Mengganti air rebusan mie


Ketika Anda sedang memasak mie, coba perhatikan air rebusannya. Air yang tadinya bening akan mejadi kuning setelah digunakan untuk memasak mie. Hal itu terjadi karena lapisan lilin yang menyelimuti mie instan telah luntur ke dalam air. Lapisan lilin itu berfungsi sebagai bahan pengawet mie instan.

Jika Anda langsung memasak mie tanpa mengganti air rebusannya berarti sama saja memasukkan lebih banyak zat pengawet ke dalam tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan dampak buruk, terutama pada kesehatan janin. Untuk itu, jika ibu hamil mau makan mie instan hendaknya mengganti air rebusan mie saat sedang mengolahnya.

2. Lengkapi dengan sayuran hijau


Memasak indomie dengan diberi tambahan sayuran hijau ternyata berdampak baik pada kesehatan,  pasalnya mie instan itu mempunyai kandungan karbohidrat dan nutrisi fortifikasi cukup banyak. Untuk itu, konsumsi mie instan perlu dibarengi dengan nutrisi alami yang berasal dari sayuran hijau agar asupan nutrisi ke dalam tubuh benar - benar sehat.

3. Mengganti bumbu


Langkah terakhir untuk mengolah mie agar tidak membahayakan kehamilan adalah mengganti bumbu instan dengan bumbu yang diracik sendiri dengan bahan bumbu khas nusantara. Mengapa ini perlu dilakukan ? karena dalam komposisi bumbu indomie tertulis MSG (penyedap rasa). Konsumsi MSG terlalu banyak pada saat sedang hamil bisa saja mengakibatkan dampak buruk pada kesehatan dan keselamatan janin. Dalam meracik bumbu sendiri, sebaiknya tidak diberi MSG dan tidak menggunakan garam terlalu banyak. MSG cukup membahayakan janin, sedangkan konsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Kesimpulan
Ibu hamil makan indomie, berbahayakah ? tidak berbahaya asalkan tidak berlebihan dan diolah dengan cara yang benar. Tips cara memasak di atas hanyalah sebagai usaha untuk mengurangi dampak negatif yang diakibatkan oleh mie instan. Bukan berarti ketika telah dimasak dengan cara tersebut di atas Anda boleh berlebihan dalam mengkonsumsi.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top