Kapan cek kehamilan bisa dilakukan dengan akurat ?

Cek kehamilan sudah sepantasnya dilakukan oleh setiap wanita yang menjumpai tanda kehamilan pada dirinya. Memastikan kehamilan bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan menggunakan testpack. Cara kerja testpack itu sendiri adalah mendeteksi adanya hormon HCG ibu hamil melalui tes air seni.

Hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang sering disebut - sebut sebagai hormon kehamilan akan muncul ketika sel telur wanita berhasil dibuahi oleh sel $perm@. Hormon tersebut masuki ke dalam darah dan urine sehingga untuk mendeteksinya darah atau urine perlu harus di tes menggunakan alat khusus.


Cek kehamilan sangat mudah dilakukan, terutama dengan menggunakan tespack. Cukup mencelupkan alat tes ke dalam urine dan di diamkan sebentar maka alat tersebut sudah menunjukkan negatif atau positif hamil. Namun demikian, jika tes kehamilan tidak dilakukan dalam waktu yang tepat maka hasilnya menjadi kurang akurat.

kapan-cek-kehamilan-bisa-dilakukan
image from pixabay

Kapan cek kehamilan yang tepat itu ?


Sebagaimana telah kami sampaikan di atas bahwa cek kehamilan akan menunjukkan hasil akurat apabila dilakukan dalam waktu yang tepat, maka Anda harus tahu kapan Anda bisa mulai memastikan kehamilan dengan testpack. Perlu Anda ketahui bahwa hormon HCG itu bisa terdeteksi dengan akurat kurang lebih 9-12 hari setelah proses pembuahan.

Cek kehamilan yang dilakukan terlalu dini hasilnya kurang begitu akurat, maka jangan tergesa - gesa untuk melakukan tes kehamilan. Apabila Anda sudah tak sabar ingin segera memastikan kehamilan, silakan datang ke dokter untuk melakukan cek kehamilan lewat darah karena tes kehamilan melalui darah itu hasilnya bisa akurat meski kehamilan masih terlalu dini.

Lakukan cek kehamilan setelah tanda hamil mucul


Anda tak perlu buru - buru untuk melakukan tes kehamilan sebelum tanda hamil muncul. Tanda hamil akan segera muncul pada diri Anda ketika kehamilan benar - benar terjadi. Apa saja tanda kehamilan itu ? yaitu :

Bercak darah disertai kram perut


Sebagai tanda awal kehamilan, ibu hamil akan mengeluarkan bercak darah yang disertai dengan kram perut. Hal ini terjadi karena proses implantation bleeding (menempelnya embrio pada dinding rahim). Bercak darah dan kram perut ini terjadi secara wajar, maksudnya tidak terlalu banyak, tidak terlalu lama dan kram perut tidak terlalu hebat. Untuk informasi lebih detil silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berpa banyak ?

P*yud*ra membesar


Selain keluar bercak darah dan kram perut, ibu hamil juga menjumpai perubahan pada p*yud*ra, yaitu menjadi semakin besar. Tak hanya membesar tapi juga menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, bahkan tersentuh kain pun sudah terasa. Selain itu, aerola (daerah disekitar put!ng) akan menjadi lebih gelap. Perlu kami sampaikan bahwa perubahan pada p*yud*ra ini tidak selamanya sebagai tanda hamil karena terkadang wanita yang akan menstruasi juga mengalaminya.

Terlambat datang bulan


Ini adalah pertanda kehamilan yang paling banyak digunakan rujukan walaupun kenyataannya telat haid tidak selamanya sebagai tanda hamil, bisa saja disebabkan karena faktor lain. Wanita yang mempunyai siklus haid tertur akan lebih mudah mengetahui apakah dia telat haid atau tidak, namun bagi mereka yang siklus haidnya tidak teratur, ini sangat sulit.

Selain tanda tersebut di atas, ibu hamil juga menjumpai berbagai macam keluhan seperti letih, lelah, mual disertai muntah (morning sickness), nafsu makan menurun, sering pipis dan lain lain. Ketika tanda tersebut telah muncul, Anda bisa melakukan cek kehamilan dengan testpack atau dengan alat lain.

Cek kehamilan bisa dilakukan kapan saja


Tes kehamilan bebas Anda lakukan kapan saja, tanpa harus mengikuti petunjuk di atas. Ketika hati Anda ragu, apakah sedang hamil atau tidak silakan saja melakukan cek kehamilan. Namun demikian, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat sebaiknya dilakukan dalam waktu yang tepat dan dengan alat test yang berkualitas baik. Info lengkap bisa Anda baca kapan testpack bisa mendeteksi kehamilan dengan akurat ?

Apabila masih ragu dengan hasil testpack, ada baiknya Anda datang ke dokter guna memastikan kehamilan Anda. Ini penting untuk dilakukan karena mengetahui kehamilan sejak dini sangat lah baik bagi calon bayi dan ibu hamil itu sendiri. Dokter akan memberikan saran terbaik yang perlu Anda lakukan selama kehamilan berlangsung.

Kesimpulan

Kapan cek kehamilan bisa dilakukan dengan akurat ? kira - kira 9-12 hari setelah proses pembuahan, biasanya ditengarahi dengan muncul tanda kehamilan. Silakan lakukan cek kehamilan ketika tanda kehamilan telah muncul dengan menggunakan alat uji yang berkualitas baik.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top