Kulit Melinjo untuk Ibu Hamil, Berbahayakah ?

Tumis kulit melinjo untuk ibu hamil sampai sekarang masih banyak diragukan oleh maayarakat, ada yang memperbolehkan dan ada yang melarang. Perbedaan pendapat mengenai pantangan makanan saat hamil tidak hanya terjadi pada kulit melinjo tapi ada banyak jenis makanan yang menimbulkan keraguan bagi ibu hamil.

Sebenarnya tujuan dari memantang makanan saat sedang hamil adalah baik, yaitu untuk menjaga kehamilan agar tidak terjadi hal hal yang dapat membahayakan keselamatan janin. Sebagian dari mereka ada yang tak ambil pusing, daripada harus tanya ke sana kemari mending langsung ditinggal saja, toh kenyataannya kalau meninggalkan tidak membuat badan sakit.

Namun demikian ada sebagian ibu hamil yang tak kuat menahan keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang membuat hatinya ragu, seperti kulit melinjo ini. Untuk menghilangkan keraguan, mereka pun mencari informasi ke sana kemari guna mendapatkan penjelasan yang pasti. Bahkan tak jarang dari mereka yang langsung konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penjelasan secara langsung.

Apabila Anda tergolong orang yang ragu mengenai boleh dan tidaknya makan kulit melinjo saat sedang hamil, silakan baca artikel ini hingga selesai agar keingin tahuan Anda sedikit atau banyak bisa terobati.

kulit-melinjo-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Kulit Melinjo untuk Ibu Hamil


Kulit melinjo yang biasa dimasak dengan cara ditumis rasanya memang cukup nikmat dan menggoda hati. Tak hanya orang pedesaan, orang perkotaan pun banyak yang mengidolakan oseng kulit melinjo ini, apalagi kalau dimasak bersama teri dan tempe rasa pedas. Adanya kabar yang menyebutkan larangan makan kulit melinjo saat hamil membuat hati ragu tentang boleh atau tidaknya makan tumis kulit melinjo ini.

Perlu kami sampaikan bahwa kulit melinjo itu sebenarnya mengandung antioksidan yang cukup ampuh  sehingga dapat menangkal serangan berbagai macam jenis penyakit. Akan tetapi bagi Anda yang mempunyai serangan darah tinggi dan asam urat, konsumsi kulit melinjo sangat tidak dianjurkan karena kandungan purin dalam melinjo dapat meningkatkan asam urat.

Sebenarnya kandungan purin dalam kulit melinjo tidak lah terlalu tinggi sehingga tetap aman dikonsumsi jika tidak dalam jumlah banyak. Jadi kalau Anda bertanya tanya dalam hati bolehkah makan kulit melinjo untuk ibu hamil ? jawabnya boleh asalkan tidak dimakan dalam jumlah banyak dan ibu hamil tidak mempunyai keluhan asam urat serta hipertensi.

Bahaya konsumsi kulit melinjo untuk ibu hamil


Ibu hamil yang tidak mempunyai keluhan asam urat dan tekanan darah tinggi aman makan sayur kulit melinjo asalkan tidak berlebihan. Akan tetapi ibu hamil yang mempunyai keluhan darah tinggi dan asam urat kurang aman baginya jika makan kulit melinjo. Sebenarnya jika dimakan dalam jumlah sedikit efeknya tidak akan terasa namun jika anda ingin mengambil langkah hati hati, maka akan lebih baik.

Perlu Anda ketahui bahwa hipertensi (tekanan darah tinggi) dan asam urat termasuk keluhan kesehatan yang cukup membahayakan kehamilan. Tak hanya janin yang terancam bahaya, kesehatan ibu pun terancam. Hipertensi merupakan pemicu terjadinya pre-eklamsia (keracunan kehamilan) yang hingga saat ini merupakan keluhan kehamilan paling berbahaya.

Sedangkan asam urat terlalu tinggi pada ibu hamil bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti kejang, tubuh menjadi lemas dan menurunnya fungsi tubuh dalam mengkoordinasi gerakan. Adapun dampak negatif tingginya asam urat bagi janin adalah terjadi gangguan perkembangan baik fisik maupun mental.

Tips untuk Menghindari Asam Urat


Agar bunda terhindar dari lonjakan asam urat yang merugikan, sebisa mungkin hindari segala jenis makanan yang mengandung purin seperti jeroan, coklat, emping melinjo, kacang mete, kulit melinjo dan lain sejenisnya. Sebenarnya makanan tersebut bukan termasuk makanan penyebab keguguran, namun bagi Anda yang punya kadar asam urat tinggi sebaiknya menghindarinya.

Selain menghindari makanan yang banyak mengandung purin, ibu hamil juga perlu banyak minum air putih agar peredaran darah berjalan lancar. Dengan demikian kesehatan ibu hamil dan janin akan selalu terjaga dengan baik. Selain itu banyak minum air putih bisa menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi (kekurangan cairan) yang cukup membahayakan.

Tips terakhir untuk menjaga kesehatan dan menghindari asam urat adalah konsultasi ke dokter baik secara offline atau online. Dokter akan memberikan saran terbaik bagi Anda sehingga segala kemungkinan yang kurang menguntungkan bisa dihindari sejak sedini mungkin. Penjelasan mengenai kulit melinjo untuk ibu hamil di atas hanyalah salah satu dari beberapa hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil dalam rangka menjaga dan merawat kehamilan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top