Lemas saat Hamil Muda, Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Lemas saat hamil muda - Pada usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama), ibu hamil akan menjumpai berbagai macam keluhan yang tidak kurang mengenakkan badan, mulai dari mual, muntah, pusing, kram perut dan badan terasa lemas. Keaadan ini sungguh berat dirasa, namun ibu hamil harus kuat melewatinya karena di masa ini perkembangan janin masih sangat bergantung pada ibu.

Keluhan yang muncul di awal kehamilan terkadang membuat hati was - was dan berpikiran yang tidak tidak, padahal sebenarnya keadaan tersebut normal dan tak perlu ditakutkan. Kecuali kalau keluhan yang dialami terlalu berat, maka bunda perlu konsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan terbaik.

Satu misal adalah morning sickness atau mual di usai kehamilan muda. Keadaan ini normal dan wajar dialami ibu hamil, bahkan hampir semua ibu hamil mengalaminya. Akan tetapi jika morning sickness dirasa terlalu berat hingga membuat tubuh terasa lemas tak bertenaga dan sering pingsan, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau bidan terdekat.

lemas-saat-hamil-muda
image from pixabay

Lemas saat hamil muda, berbahayakah ?


Ibu hamil muda yang mendapati badannya terasa letih, lelah dan lemas itu lumrah dan banyak dialami ibu hamil. Bunda tak perlu takut dengan keadaan ini selama terjadinya tak terlalu parah. Tetapi kalau keadaan semakin hari menjadi semakin memprihatinkan dan bahkan sampai sering jatuh pingsan, alangkah baiknya untuk dibawa ke dokter.

Mengenai bahaya atau tidaknya badan lemas ketika hamil, itu tergantung penyebabnya. Kalau disebabkan karena efek kehamilan berarti aman dan tidak perlu ditakutkan, tapi kalau tubuh lemas ini disebabkan karena bunda terserang penyakit tertentu bisa jadi membahayakan kehamilan. Untuk itu, Anda perlu tahu hal apa saja yang bisa menyebabkan keluhan ini.

Penyebab lemas saat hamil muda


Di awal kehamilan, sering kali dijumpai keluhan lemas atau mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas berat. Umumnya keadaan ini aman karena disebabkan oleh efek kehamilan awal. Di bawah ini adalah beberapa hal yang memicu lemas saat hamil

Kurang pasokan oksigen


Peningkatan hormon pada tubuh ibu hamil dapat mempengaruhi berbagai macam hal, salah satunya adalah otak kurang mendapat pasokan oksigen. Hal ini lah yang terkadang membuat tubuh ibu hamil menjadi letih, lemas dan mudah lelah walaupun tidak habis beraktivitas berat. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu melakukan segenap tips yang akan kami tulis pada akhir artikel ini, silakan lanjut membaca.

Peningkatan hormon HCG


Pada usia kehamilan trimester pertama, hormon HCG atau yang sering disebut dengan hormon kehamilan meningkat drastis. Keadaan ini membuat tubuh ibu hamil harus bekerja lebih berat dari biasanya sehingga tekanan darah menurun. Kalau sudah begini, mau tidak mau tubuh akan menjadi lemas, tak bertenaga dan inginnya bermalas - malasan di tempat tidur saja.

Terserang penyakit tertentu


Dua penyebab lemas saat hamil muda di atas tergolong normal, namun untuk yang satu ini perlu diwaspadai, yaitu tubuh lemas diakibatkan karena terkena jenis penyakit tertentu. Tubuh lemas karena serangan penyakit biasanya dibarengi dengan gejala lain seperti suhu tubuh meningkat, demam,kepala pusing, meriang dan lain lain. Kalau hal ini terjadi, jangan ditunda - tunda, segera saja datang ke dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat.

Cara Mengatasi Lemas saat Hamil Muda


Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keluhan ini. Sebelum Anda lanjut membaca alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu post berjudul tips hamil sehat dan bugar secara alami karena isi artikelnya sangat berkaitan erat. Adapun langkah - langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan ini adalah sebagai berikut :

Fahami keadaan diri


Untuk menegah da meringankan rasa lemas, bunda perlu mengenai sekaligus memahami kondisi diri. Dalam melakukan aktivitas silahkan disesuaikan dengan kemampuan, jangan berlebihan. Kalau badan sudah terasa capek, segera saja istirahat jangan dipaksakan. Tanpa melakukan banyak aktivitas pun ibu hamil sering lelah, apalagi kalau terlalu banyak melakukan aktivitas berat.

Istirahat cukup


Istirahat adalah langkah terbaik ketika Anda merasa lelah. Jangan memaksakan diri untuk beraktivitas ketika badan terasa capek. Istirahatlah secukupnya, baru lanjutkan aktivitas Anda. Tidur malam juga perlu Anda atur sedemikian rupa agar berkualitas karena istirahat yang paling baik adalah tidur. Jika sulit tidur silahkan lakukan tips yang pernah kami sampaikan pada susah tidur saat hamil muda, bagaimana cara mengatasinya

Jangan melakukan pekerjaan berat


Melakukan aktivitas berat bisa memperparah lemas saat hamil muda. Apabila pekerjaan yang Anda jalankan saat ini tergolong pekerjaan berat, alangkah baiknya minta bantuan orang lain untuk menyelesaikan. Jangan hanya karena sungkan atau malu, anda memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan berat hingga membuat badan semakin terasa lelah.

Pola makan sehat


Untuk mengatasi lemas saat hamil, Anda perlu menerapkan pola makan yang baik. Perbanyak konsumsi makanan bergizi agar asupan nutrisi ke dalam tubuh terpenuhi. Buah dan sayur jangan sampai ketinggalan, karena di dalamnya terkandung nutrisi yang sangat lengkap. Bila perlu, Anda buat jadwal menu makanan harian yang bervariasi agar nafsu makan tidak menurun.

Olahraga


Agar badan terasa segar dan bugar, Anda perlu berolahraga secara rutin dengan tetap mempertimbangkan keamanan janin dalam kandungan. Anda bisa memilih olahraga yang aman untuk ibu hamil agar tidak menambah rasa lemas. Intinya, olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga ringan  dan tidak ekstrim.

Demikian informasi seputar penyebab dan cara mengatasi lemas saat hamil muda. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat membantu anda dalam menjalani kehamilan agar terasa nyaman dan menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top