Makanan yang Berbahaya bagi Ibu Hamil, Anda Wajib Tahu

Makanan yang berbahaya bagi ibu hamil -  Menjaga kehamilan agar tetap sehat wajib dilakukan oleh setiap wanita yang sedang hamil, pasalnya banyak wanita hamil yang mengalami masalah kehamilan serius gara - gara sembrono dalam melakukan aktivitas dan atau mengkonsumsi makanan tertentu. Untuk itu, jangan sampai Anda menyesal gara - gara terlanjur melakukan kesalahan yang tidak seharusnya Anda lakukan.

Kemarin kami telah membahas tentang hal hal yang dapat menggugurkan kandungan, di situ telah kami tulis beberapa model aktivitas dan beberapa jenis makanan yang berpotensi menyebabkan keguguran. Jika Anda belum membaca silakan baca dulu artikel tersebut agar informasi yang Anda terima lebih lengkap.

Selanjutnya, pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membahayakan kehamilan. Sudah sepantasnya Anda mengetahui tentang makanan apa saja yang kurang baik bagi kehamilan sehingga Anda bisa terhindar dari hal buruk yang tidak diinginkan selama kehamilan berlangsung.

makanan-yang-berbahaya-bagi-ibu-hamil
image from pixabay

Makanan yang Berbahaya bagi Ibu Hamil


Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat membahayakan kehamilan, silakan Anda baca hingga selesai lalu hindari semua jenis makanan ini sebisa mungkin.

Makanan mentah dan setengah matang


Selama kehamilan berlangsung bunda harus hati hati sebelum mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang. Makanan yang dikonsumsi mentah atau setengah matang besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri dan virus berbahaya. Daging, telur, seafood dan sejenisnya yang dimakan mentah atau setengah matang bisa saja mengandung virus tokso. Virus ini sangat membahayakan kehamilan, tak jarang ibu hamil mengalami keguguran gara - gara terkena virus ini.

Untuk itu, pastikan memasak hingga benar - benar matang pada jenis makanan seperti tersebut di atas. Jangan sampai kehamilan Anda bermasalah gara - gara sembrono. Adapun jenis makanan lalapan dan buah buahan aman dikonsumsi dalam keadaan mentah, asalkan dicuci hingga benar benar bersih.

2. Produk susu tak dipasteurisasi


Produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi juga termasuk makanan yang berbahaya bagi ibu hamil. Produk olahan susu seperti keju yang tidak tak dipasteurisasi banyak mengandung bakteri sehingga dapat mengakibatkan berbagai macam masalah kehamilan seperti perut mules, kram perut, mual mual dan lain lain. Untuk itu, untuk menghindari munculnya berbagai macam masalah kehamilan silakan mengkonsumsi produk olahan susu yang telah dipasteurisasi.

3. Makanan mengandung pemanis buatan


Dalam memilih jenis cemilan, ibu hamil harus benar benar selektif, jangan sembarangan. Cemilan yang dibuat dengan pemanis buatan kurang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin, apalagi kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak. Maka dari itu, pilihlah cemilan yang sehat dan enak. Untuk informasinya silakan baca cemilan mudah dan sehat untuk ibu hamil

4. Ikan mengandung merkuri


Ikan adalah merupakan jenis makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin. Omega 3 yang terdapat di dalam ikan, sangat baik untuk membantu perkembangan otak janin. Namun demikian, ibu hamil harus selektif dalam memilih ikan yang akan dikonsumsi karena ada beberapa jenis ikan laut yang mengandung merkuri. Merkuri yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil sangat membahayakan keselamatan janin. Untuk melihat jenis ikan apa saja yang banyak mengandung merkuri silakan cari di google banyak.

5. Makanan mengandung pengawet


Makanan yang banyak mengandung bahan pengawet perlu Anda hindari selama kehamilan berlangsung, pasalnya makanan ini termasuk makanan yang berbahaya bagi ibu hamil. Efek buruk pengawet makanan mungkin tidak terlalu kelihatan pada orang dewasa, namun bagi janin efek negatif pengawet makanan cukup besar karena janin masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Makanan kaleng merupakan jenis makanan berpengawet yang perlu dihindari ibu hamil agar tidak sampai terjadi hal buruk.

Minuman yang Berbahaya bagi Ibu Hamil


Selain jenis makanan tertentu, ibu hamil juga perlu menghindari jenis minuman tertentu. Adapun jenis minuman yang  kurang baik bagi kesehatan janin antara lain adalah sebagai berikut :

1. Minuman beralkohol


Jangan main - main dengan minuman yang satu ini. Konsumsi minuman beralkohol sangat tidak dianjurkan selama kehamilan berlangsung. Sudah banyak terjadi kasus keguguran gara gara ibu hamil tetap minum minuman berlakohol selama kehamilan berlangsung. Untuk itu, hentikan minum minuman beralkohol demi kesehatan dan keselamatan sang buah hati.

2. Minuman Berkafein


Selain minuman berlakohol, bunda perlu mengurangi konsumsi minuman berkafein. Minum minuman berkafein dalam jumlah wajar tidak membahayakan kehamilan, namun jika terlalu banyak efek buruk bisa menimpa pada janin. Jenis minuman yang disebut sebut banyak mengandung kafein adalah kopi, maka dari itu batasi minum kopi selama hamil.

3. Minuman bersoda


Minuman bersoda kurang baik bagi kehamilan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Kandungan gula, bahan pengawet, kafein, karbonat, asam dan fosfat yang terdapat di dalam minuman bersoda dapat menimbulkan efek buruk bagi janin apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Adapun minum minuman bersoda dalam jumlah wajar dan tidak sering masih tergolong aman.

Itulah makanan dan minuman yang berbahaya bagi ibu hamil. Masih banyak jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari selama kehamilan berlangsung, insya@ akan kami lanjutkan di lain kesempatan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top