Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Janin, Luar Biasa !

Manfaat kurma untuk ibu hamil - Mengkonsumsi buah buahan bernutrisi tinggi merupakan tindakan cerdas yang dilakukan ibu hamil, pasalnya janin dalam kandungan sangat membutuhkan asupan nutrisi yang diperoleh dari ibu. Tak semua buah buahan direkomendasikan untuk ibu hamil, justru sebagian ada yang perlu dihindari karena bisa menyebabkan masalah kehamilan.

Sebelum Anda lanjut membaca artikel ini, ada baiknya baca terlebih dahulu penjelasan mengenai buah yang baik dikonsumsi ibu hamil. Buah kurma masuk di dalam daftar buah yang cocok untuk dikonsumsi ibu hamil karena mempunyai banyak manfaat. Jika anda termasuk orang yang suka dengan makanan manis, kurma bisa Anda pilih.

Apalagi sekarang ini buah kurma sangat mudah untuk didapat, tak seperti dulu. Hampir di semua toko penjual buah menyediakan kurma, apalagi di saat menjelang puasa seperti ini. Di balik rasanya yang sangat manis, ternyata buah kurma mempunyai kandungan manfaat luar biasa bagi ibu hamil. Silakan lanjut membaca untuk mendapat informasi selengkapnya.

manfaat-kurma-untuk-ibu-hamil-dan-janin
image from pixabay

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil


Tak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, buah kurma juga bermanfaat bagi janin yang masih ada di dalam kandungan. Hal itu disebabkan karena buah kurma mempunyai kandungan nutrisi cukup lengkap, mulai dari zat besi, kalsium, vitamin, glukosa dan lain - lain. Di bawah ini adalah manfaat makan kurma saat hamil :

Mencegah dan mengatasi anemia


Anemia (kurang darah) sering kali dialami oleh ibu hamil terutama pada usia kehamilan trimester pertama. Keadaan ini bisa terjadi karena di awal kehamilan pertumbuhan janin cukup banyak membutuhkan pasokan darah dari ibu. Anemia saat hamil perlu diwaspadai karena menyangkut baik dan buruknya perkembangan janin.

Anemia bisa menghambat distribusi nutrisi dari ibu hamil ke janin karena semua nutrisi bisa sampai ke janin melalui darah. Sering kali muncul keluhan kehamilan serius gara gara ibu hamil kurang darah, bahkan ada yang sampai mengalami keguguran. Untuk itu, ibu hamil yang mengalami anemia hendaknya segera mengatasinya dengan cara mengkonsumsi makanan penambah darah ibu hamil termasuk kurma.

Sumber kalsium


Selama masa kehamilan berlangsung, ibu hamil memerlukan banyak kalsium untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Kekurangan kalsium bisa mengakibatkan ostioporosis (pengeroposan tulang) meskipun usia ibu hamil masih muda. Untuk mendapatkan manfaat luar biasa dari buah kurma, silakan jadikan kurma sebagai cemilan sehat selama kehamilan.

Meringankan mual


Termasuk manfaat kurma untuk ibu hamil adalah meringankan morning sickness. Tak dipungkiri, selama usia kehamilan trimester pertama banyak dijumpai ibu hamil yang dibuat lemas oleh morning sickness. Betapa tidak, di saat usia muda rasa mual tak kunjung berhenti bahkan ada yang sampai muntah muntah ketika melihat nasi. Jika keadaan ini terus berlanjut tanpa mendapatkan penanganan yang benar, bisa jadi ibu hamil kekurangan energi dan sering pingsan. Maka dari itu cegah dan ringan kan morning sickness dengan cara yang aman, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah kurma.

Mengatasi sembelit


Selain morning sickness, keluhan yang sering muncul di awal kehamilan adalah sembelit (susah BAB). Keluhan ini perlu segera diatasi agar kehamilan terasa menyenangkan dan janin tidak terkena dampak negatifnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Di sini kurma hadir sebagai salah satu makanan yang cukup banyak mengandung serat.

Meningkatkan elastisitas rahim


Kurma merupakan salah satu buah yang dapat membantu pembentukan hormon potuchsin. Manfaat hormon potuchsin adalah meningkatkan tingkat elastisitas rahim. Dengan demikian, perut ibu hamil akan kembali normal seperti biasa setelah melahirkan sehingga perut kelihatan langsing. Apabila Anda memilih untuk melakukan diet saat hamil, silakan lakukan program diet sehat ibu hamil

Melancarkan produksi ASI


Produksi ASI lancar sama saja menyiapkan sumber makanan istimewa bagi sang buah hati kelak setelah lahir. Jika bayi lahir, ASI tidak bisa keluar dengan lancar, dikhawatirkan pertumbuhan bayi kurang begitu maksimal. Untuk itu, di akhir kehamilan bunda bisa mengkonsumsi makanan yang dapat melancarkan produksi ASI termasuk salah satunya adalah buah kurma.

Itulah manfaat kurma untuk ibu hamil dan janin. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kita untuk menjalani kehamilan dengan nyaman dan menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top