Mengatasi Perut Begah (kembung) Saat Hamil Muda

Perut begah (kembung) sering kali muncul pada saat wanita menjalani kehamilan. Meski tidak berbahaya, namun keadaan ini cukup membuat ibu hamil menjadi tak nyaman. Wal hasil, kehamilan tidak dapat dijalani dengan menyenangkan. Dalam menghadapi masalah ini, bunda perlu mengetahui cara mengatasi perut begah saat hamil agar keluhan ini tak ada lagi.

Hal penting yang perlu bunda lakukan dalam menghadapi setiap masalah yang muncul adalah menata hati agar tetap optimis, semangat dan tidak banyak mengeluh. Yakinkan hati bahwa kehamilan adalah amanat dari Sang Maha Pencipta yang tidak diberikan kepada semua orang. Bayangkan saja betapa susahnya pasangan suami istri yang telah lama menikah namun belum dikaruniai momongan.

Setelah menguatkan hati, selanjutnya Anda perlu berusaha untuk mengatasi masalah yang ada dengan cara cara yang aman. Jangan mudah mengkonsumsi obat obatan, terlebih kalau tidak memakai resep dokter karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif. Untuk itu, lakukan langkah sederhana yang aman bagi janin.

Mengatasi-Perut-Begah-kembung-Saat-Hamil-Muda
image from pixabay

Perut Begah saat Hamil, atasi dengan ini


Perut begah atau kembung merupakan keluhan kehamilan yang tak bisa dianggap remeh, pasalnya perut begah dapat membuat ibu hamil malas makan dan minum sehingga kekurangan asupan nutrisi. Terkadang ibu hamil memilih minum tolak angin untuk mengatasi keluhannya, padahal konsumsi tolak angin selama kehamilan berlangsung itu tidak direkomendasikan. Silahkan baca penjelasannya pada bolehkah ibu hamil minum tolak angin ?

Ada lagi ibu hamil yang memilih untuk kerokan, terutama mereka yang hidup di daerah pedesaan.Mereka meyakini dengan kerokan angin bisa keluar dan perut kembung segera berakhir. kepercayaan itu telah dipercaya sejak zaman dulu, turun temurun hingga sekarang walaupun kenyataannya kerokan justru bisa melebarkan pori pori kulit.

Terlepas dari itu, ibu hamil harus berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan situasi kehamilan yang benar benar menyenangkan dengan cara cara yang aman. Maka dari itu, untuk mengatasi perut begah (kembung) saat hamil bunda harus tahu cara yang aman dan alami. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah perut kembung.


1. Cukupi kebutuhan air

Terkadang perut begah terjadi karena tubuh kekurangan cairan yang disebabkan karena bunda tak banyak minum air putih. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk minum air putih paling tidak 8 gelas dalam sehari. Anda tidak perlu minum 8 gelas dalam sekali minum tapi dilakukan dalam waktu berlainan asalkan satu hari 8 gelas. Apabila ibu hamil kekurangan cairan tubuh, tak hanya perut kembung yang dirasakan tapi akan muncul keluhan keluhan yang lain seperti sakit kepala, mual, letih dan lelah bahkan sampai terjadi pingsan.

2. Konsumsi sayur

Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil tidak diperkenankan meninggalkan makan sayur. Mengapa demikian ? karena nutrisi yang ada di dalam sayur hijau itu sangat lengkap dan dibutuhkan oleh janin.Apabila sebelum hamil Anda tergolong orang yang tak suka dengan sayuran, silakan berlatih untuk dapat mengkonsumsi sayuran hijau. Adapun jenis sayur yang baik untuk ibu hamil, Anda bisa membaca informasinya pada sayuran yang baik untuk ibu hamil

3. Hindari makan gorengan

Menurut penjelasan beberapa pakar kesehatan, konsumsi makanan berminyak dan atau gorengan itu bisa menyebabkan perut begah / kembung. Hal ini disebabkan karena makanan yang banyak mengandung minyak cukup sulit untuk dicerna usus. Wal hasil perut akan semakin membuncit sulit untuk mengeluarkan gas (kentut). Maka dari itu jangan terlalu banyak makanan gorengan.

4. Konsumsi makanan kaya serat

Mengatasi perut begah bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Tak perlu kami jelaskan secara detil mengenai kegunaan serat bagi tubuh, yang jelas dengan mengkonsumsi makanan berserat proses pencernaan akan berjalan dengan baik sehingga perut tidak terasa begah / kembung.

5. Minum wedhang jahe

Wedhang jahe bisa Anda jadikan untuk mengatasi perut begah. Wedhang jahe bisa dibuat dengan cara jahe di bakar, geprek lalu dibuat minuman dengan gula jawa. Silakan minum wedhang jahe selagi masih hangat agar tubuh menjadi hangat dan perut kembung segera sembuh. Jangan terlalu banyak menggunakan gula dalam pembuatan wedhang jahe karena bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi perut begah saat hamil. terapkan tips tersebut di atas agar perut begah segera berakhir dan kehamilan bisa dijalani dengan nyaman dan menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top