Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Penyebab dan cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil - Selama masa kehamilan berjalan, ada banyak keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil, mulai dari mual, muntah, pusing, sakit punggung, sakit pinggang dan lain - lain. Keluhan - keluhan tersebut cukup mengganggu kenyamanan namun bunda tak perlu khawatir karena tidak membahayakan janin.

Selain keluhan tersebut di atas, ada juga ibu hamil yang mengeluhkan sakit gigi. Sakit gigi saat sedang hamil tidak bisa Anda sepelekan karena selain rasa sakitnya luar biasa, sakit gigi juga dapat menimbulkan efek buruk pada pertumbuhan janin. Mengapa bisa begitu ? karena bakteri yang ada di area gigi bisa masuk ke dalam tubuh ibu hamil lewat pembuluh darah sehingga mempengaruhi pertumbuhan janin.

Sakit gigi yang dialami oleh ibu hamil disebabkan oleh beberapa hal, maka hindari semua hal yang dapat memicu sakit gigi agar tidak sakit gigi. Adapun sudah dihindari kok masih terkena sakit gigi, silakan sembuhkan sakit gigi dengan cara aman mengatasi sakit gigi pada ibu hamil. Silakan simak penjelasan di bawah ini.

penyebab-dan-cara-mengatasi-sakit-gigi-pada-ibu-hamil
image from pixabay

Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil


Sakit gigi itu bermacam - macam, mulai dari gusi sampai dengan gigi berlubang. Segala hal yang berkaitan dengan sakit gigi efek sakitnya sungguh luar biasa, meskipun kebanyakan orang menyepelekannya. Secara umum, penyebab sakit gigi pada ibu hamil ada beberapa point, diantaranya adalah sebagai berikut :

Hormon


Sebagaimana kita ketahui bahwa saat wanita sedang hamil, hormon dalam tubuh mengalami perubahan. Perubahan hormon ini bisa saja menjadi penyebab peradangan di area gusi hingga membuat gusi berdarah dan membengkak. Selain itu, perubahan hormon saat hamil dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh bakteri penyebab sakit gigi tidak bisa dihalau dengan sempurna. Untuk mencegah hal itu, ibu hamil dianjurkan untuk gosok gigi secara rutin dengan dental flossing paling tidak sehari sekali dan berkumur pakai cairan khusus antimikroba.

Muntah


Pada usia kehamilan muda trimester pertama sering kali ibu hamil mengalami mual disertai muntah. Keadaan itu cukup membuat ibu hamil merasa tak nyaman dan bawaannya ingin bermalas - malasan di tempat tidur saja. Tak hanya membuat tidak nyaman, muntah saat hamil ternyata bisa menjadi pemicu sakit gigi. Hal ini terjadi karena asam lambung mengenai gigi, jika terjadi berkali - kali resiko gigi berlubang semakin meningkat. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa menerapkan berbagai macam tips untuk meringankan mual dan muntah. Selengkapnya bisa Anda baca pada cara mengatasi mual saat hamil muda.

Kurang kalsium


Selain karena perubahan hormon dan terkena zat asam, penyebab sakit gigi pada ibu hamil juga bisa terjadi karena kekurangan kalsium. Hal ini terjadi karena janin membutuhkan asupan kalsium dari ibu, jika ibu hamil kekurangan kalsium dampak buruk bisa menyerang pada tulang dan gigi. Agar hal ini tidak sampai terjadi, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan kalsium harian dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Penyebab sakit gigi saat hamil tidak hanya tiga point di atas, tapi masih ada hal lain yang kemungkinan bisa memicu sakit gigi. Informasi selengkapnua bisa Anda baca penyebab gigi berlubang saat hamil

Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Ibu Hamil


Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi sakit gigi, mulai dari cara alami hingga cara medis. Kebanyakan orang cenderung memilih cara alami dulu sebelum pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan secara medis dan mendapatkan resep dari dokter. Lalu bagaimana dengan ibu hamil ? apakah ibu hamil perlu melakukan cara - cara alami untuk mengatasi sakit gigi ?

Untuk mengatasi sakit gigi, ibu hamil tidak boleh sembarangan menggunakan obat gigi meski dengan obat alami sekalipun, pasalnya janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Dikhawatirkan kalau salah konsumsi obat bisa menyebabkan dampak buruk pada janin dan membahayakan keselamatan janin.

Cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil yang paling direkomendasikan adalah datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis. Biasanya dokter menyarankan agar perawatan sakit gigi dilakukan pada usia kehamilan trimester kedua atau awal trimester ketiga karena usia kehamilan trimester pertama adalah masa tumbuh kembang janin. Hal apapun perlu dipertimbangkan ketika usia kehamilan baru tiga bulan pertama karena bayi masih sangat sensitif. Sedangkan pada usia kehamilan akhir, rahim menjadi terlalu sensitif sehingga meningkatkan resiko kelahiran prematur. Adapun sakit gigi yang perlu segera ditangani seperti infeksi gigi dan gigi patah bisa dilakukan penanganan medis meski usia kehamilan baru trimester pertama.

Demikianlah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan gambaran kepada Anda mengenai cara penanganan paling tepat jika mengalami keluhan sakit gigi. Sekian semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top