Posisi Tidur Ibu Hamil 6 Bulan Paling Nyaman

Posisi tidur ibu hamil 6 bulan - Bertambahnya usia kehamilan membuat perut bunda semakin membuncit, kenyamanan beraktivitas pun menjadi agak terganggu. Jangankan dalam beraktivitas, istirahat pun terasa tak begitu nyaman terutama istirahat tidur di malam hari. Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar bunda harus cukup istirahat, maka bunda perlu menerapkan berbagai macam cara agar tidur malam bisa berkualitas.

Salah satu cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah dengan memilih posisi tidur yang cocok dan nyaman meskipun perut sudah begitu membuncit. Di siang hari, bunda jangan tidur siang terlalu lama karena bisa membuat tidur malam menjadi tak nyaman bahkan mau tidur susahnya bukan main.

Kali ini kami akan sampaikan beberapa model posisi tidur beserta dengan informasi kenyamanan ibu hamil terhadap masing masing posisi tidur tersebut. Untuk itu, silakan Anda simak penjelasan di bawah ini hingga selesai.

posisi-tidur-ibu-hamil-6-bulan
image from pixabay

Posisi Tidur Ibu Hamil 6 Bulan


Di usai kehamilan trimester pertama, ibu hamil seperti tidak mengalami perubahan dalam tubuhnya sehingga posisi tidur bagaimanapun aman dan nyaman. Akan tetapi sering bertambahnya usia kehamilan, perut ibu hamil semakin membuncit sehingga tidak semua posisi tidur nyaman baginya. Di bulan ke 6 atau akhir trimester kedua, perut bunda sudah terlihat cukup besar, maka bunda tidak boleh sembarangan memilih posisi tidur. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai hal itu :

Posisi tidur miring


Di antara berbagai macam posisi tidur, tidur miring adalah posisi yang sangat cocok untuk ibu hamil terutama pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga. Mengapa demikian ? karena tidur dengan posisi miring sangat aman bagi janin dan ibu hamil bisa memperoleh banyak manfaat, diantaranya adalah melancarkan peredaran darah dan mengoptimalkan kerja jantung. Peredaran darah yang lancar akan memberikan dampak positif pada janin karena distribusi oksigen dan nutrisi ke janin akan berjalan.

Tidur miring kanan atau kiri ya ??


Sebagaimana kita ketahui bahwa posisi tidur miring itu ada dua pilihan, yaitu miring ke kanan dan miring ke kiri. Dari dua posisi tidur miring tersebut mana yang lebih baik untuk ibu hamil ? Menurut penjelasan dari beberapa pakar kesehatan tidur miring kiri adalah posisi tidur yang paling baik, bukan miring kanan. Namun, sebenarnya baik miring kiri maupun miring kanan itu sama saja bisa memberikan kenyamanan tidur. Terlebih lagi kalau Anda gunakan bantal khusus ibu hamil, tidur akan semakin lelap saja. Di mana sih toko yang jualan bantal khusus ibu hamil ? jika di sekitar Anda tidak ada, Anda bisa mendapatkannya secara online melalui toko online ternama di Indonesia seperti tokopedia, lazada, blibli, blanja dan lain lain.

Posisi Tidur yang kurang Baik


Sebagaimana telah kami jelaskan di awal bahwa posisi tidur ibu hamil 6 bulan perlu diperhatikan agar tidur bisa berkualitas. Tidur dengan posisi miring terbukti bisa menambah kenyamanan ibu hamil tua di dalam tidurnya. Berbeda jika ibu hamil mengambil posisi tidur terlentang maupun tengkurap. Simak penjelasan mengenai posisi tidur yang kurang baik untuk ibu hamil di bawah ini

Posisi Tidur Tengkurap


Apabila usia kehamilan Anda masih muda (trimester pertama), tidur dengan posisi tengkurap mungkin belum terasa tak nyaman. Namun ketika usia kehamilan sudah tua, posisi tidur tengkurap benar benar membuat tidur tak nyaman. Betapa tidak, dengan posisi ini perut akan tertekan sehingga perasaan khawatir akan  keselamatan janin terus menyelimuti. Selain itu, posisi tidur tengkurap bisa mengakibatkan tak lancarnya peredaran darah. Bagaimana jika usia kehamilan sudah 7 bulan, apakah posisi tidur tengkurap juga tidak bagus ? silakan baca posisi tidur yang baik saat hamil 7 bulan

Posisi Tidur Terlentang


Sebenarnya posisi tidur terlentang itu cukup baik untuk ibu hamil, namun ketika perut bunda sudah membesar tidur dengan posisi seperti ini bisa membuat beberapa macam keluhan di bagian tulang belakang dan punggung. Mengapa begitu ? karena punggung dan tulang belakang mendapat tekanan dari dari janin yang sudah terasa berat. Untuk melihat informasi mengenai sakit tulang belakang saat hamil, silakan baca sakit tulang belakang ketika hamil

Meskipun sudah memilih posisi tidur yang paling baik, namun di pertengahan tidur terkadang posisi tidur menjadi berubah, apakah hal itu berbahaya ? bunda tidak perlu khawatir dengan hal itu karena perubahan posisi tidur di saat sedang tidur sama sekali tidak mengganggu kenyamanan tidur sehingga kualitas tidur tetap terjaga.

Demikian informasi mengenai posisi tidur ibu hamil 6 bulan yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan singkat ini bisa menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan agar tetap aman, nyaman dan tanpa banyak keluhan berarti.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top